Standar Ukuran Baju Anak Sebagai Pedoman Membeli dan Menjahit Pakaian Anak Sendiri

Standar Ukuran Baju Anak Sebagai Pedoman Membeli dan Menjahit Pakaian Anak Sendiri

Standar Ukuran Baju Anak
- Sebenarnya standar ukuran baju anak tidak hanya bisa digunakan ketika kita akan menjahit pakaian anak sendiri. Saat ingin membeli pakaian anak, kita pun perlu tahu ukuran baju anak perempuan atau laki-laki kita agar tidak menyesal apabila kekecilan atau kebesaran.

Kalau kamu sudah tahu tentang standar ukuran baju anak, tentu hal semacam salah ukuran (kebesaran atau kekecilan) dapat diminimalisir. Apalagi saat ini jika kamu akan membeli baju anak akan dipermudah, karena kebanyakan toko online atau offline sudah mempunyai ukuran tersendiri berdasarkan estimasi usia.

Bagaimana Cara Menentukan Standar Ukuran Baju Anak Saat Ingin Membeli Baju Anak?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menentukan stantar ukuran baju anak saat kamu ingin membeli baju anakk.

- Libatkan Anak Secara Langsung dalam Memilih Baju

Agar tidak salah dalam menentukan standar ukuran baju anak, coba sesekali ajak anak untuk ikut berbelanja dan memilih bajunya sendiri. Dengan begini, kamu tidak akan lagi khawatir baju anak kekecilan atau kebesaran karena anak sudah mencoba bajunya terlebih dulu. 

standar ukuran baju anak, ukuran baju anak 5 tahun, ukuran baju anak perempuan, ukuran baju bayi 6 bulan
Cara Menentukan Standar Ukuran Baju Anak dengan mengajak anak memilih sendiri

Bagaimana? Sudah tercerahkan tentang tips membeli baju sesuai standar ukuran baju anak? Selanjutnya mari kita bahas cara mengambil ukuran baju anak sebagai inspirasi menjahit pakaian anak sendiri.

- Pilihlah Baju Sesuai Usia Anak

Untuk menentukan standar ukuran baju anak, tips selanjutnya adalah memilih baju berdasarkan usia anak. Biasanya penjual sudah paham dengan hal ini, seperti ukuran baju anak perempuan segala usia, ukuran baju anak 5 tahun, ukuran baju bayi 6 bulan dan lainnya. Cukup bilang berapa usia anak, penjual dengan tanggap akan mencarikannya.

Bagaimana jika postur tubuh anak tidak sesuai dengan usia? Kamu bisa mengira-ngira sendiri tentang standar ukuran baju anak yang tepat. Contoh, seorang anak dengan usia 4 tahun, tapi postur tubuhnya lebih besar dari usianya. Kamu bisa membeli ukuran baju anak 5 tahun untuk anak tersebut.

- Memakai Tabel Ukuran Baju Sebagai Standar Ukuran Baju Anak

Pertama, saat ingin menentukan standar ukuran baju anak agar bisa sesuai dengan tubuh anak adalah dengan memakai tabel ukuran baju. Biasanya, brand busana anak sudah memiliki tabel ukuran baju yang menjadi patokan produknya. 

Di tabel ukuran baju anak ini informasinya cukup lengkap dan jelas. Ada Panjang baju, lingkar dada, panjang lengan, serta usianya. Untuk celana, biasanya ada panjang celana, lingkar kaki dan lain-lain. 

Nah, dari tabel ukuran baju ini, kamu juga bisa mencontohnya sebagai acuan standar ukuran baju anak saat ingin menjahit baju anak sendiri. Jadi, kamu tidak perlu repot mengukur badan anak menggunakan pita ukur sendiri. 

Cukup gunakan tabel ukuran baju yang sesuai dengan ukuran anak. Untuk tabel standar ukuran baju anak, selengkapnya bisa kamu temui di akhir artikel ini.

- Tidak Ada Salahnya Pilih Standar Ukuran Baju Anak yang Lebih Besar dari Biasanya

Ini adalah pengalaman pribadi. Aku lebih suka membeli baju untuk anak dengan standar ukuran baju anak yang lebih besar dari aslinya. Alasannya, selain bisa dipakai lebih lama, anak pun lebih nyaman dengan ukuran baju yang agak longgar. 


Cara Mengukur Baju Sebagai Acuan Standar Ukuran Baju Anak Saat Ingin Menjahit Sendiri

Setelah membeli baju yang cocok dan pas di badan, kamu bisa menjadikan ukuran baju anak perempuan atau laki-laki yang telah dibeli tadi sebagai bahan referensi ukuran. Bagaimana cara mengambil ukuran baju anak perempuan atau laki-laki dengan bahan baju yang sudah jadi? Pelajari gambar di bawah ini:

standar ukuran baju anak, ukuran baju anak 5 tahun, ukuran baju anak perempuan atau ukuran baju bayi 6 bulan
Mengukur Baju Sebagai Acuan Standar Ukuran Baju Anak

Tanpa keterangan, sepertinya sudah jelas kan bagaimana menentukan standar ukuran baju anak lewat baju anak yang sudah jadi. 


Cara Mengambil Ukuran Baju Anak Perempuan dan Laki-Laki dengan Mengukur Langsung Badan Anak

1. Mengukur Lingkar Dada Anak

standar ukuran baju anak, ukuran baju anak 5 tahun, ukuran baju anak perempuan atau ukuran baju bayi 6 bulan
Menentukan standar ukuran baju anak bagian dada

Untuk mengambil ukuran lingkar dada sebagai ukuran baju anak perempuan atau laki-laki, diukur tepat di bawah ketiak. Pastikan posisi saat diukur  tangan anak direntangkan. Ukurlah lingkar dada anak dimulai dari depan melingkar ke belakang dan kembali ke dada.

2. Mengukur Pinggang Anak

standar ukuran baju anak, ukuran baju anak 5 tahun, ukuran baju anak perempuan atau ukuran baju bayi 6 bulan
Menentukan standar ukuran baju anak bagian pinggang

Sama seperti yang tadi. Posisi anak berdiri tegak sedangkan kedua tangan di samping atau merentang. Ukurlah pinggang anak mulai dari depan melingkar kembali ke depan. Jangan lupa untuk dicatat dan bandingkan dengan tabel standar ukuran baju anak dalam artikel ini.

3. Mengukur Pinggul Anak

Untuk memperoleh ukuran baju anak perempuan atau laki-laki bagian pinggul, kamu bisa mengukur langsung pinggul anak secara melingkar. Ukurlah pinggul anak dari depan melingkar kembali ke depan.

4. Mengukur Lebar Punggung Anak

standar ukuran baju anak, ukuran baju anak 5 tahun, ukuran baju anak perempuan atau ukuran baju bayi 6 bulan
Menentukan standar ukuran baju anak bagian lebar punggung

Ukuran lebar punggung anak diperoleh dari pengukur punda kanan sampai pundak kiri.


Beberapa Tabel Standar Ukuran Baju Anak Perempuan dan Laki-Laki

Untuk yang butuh tabel standar ukuran baju anak perempuan dan laki-laki, bisa langsung kamu lihat di bawah ini:

Ukuran Baju Bayi 6 Bulan

Biasanya ukuran baju bayi 6 bulan ini susah untuk didapatkan. Ini dikarenakan usia 6 bulan masih relatif kecil. Pabrik baju akan menggolongkan ukuran baju bayi 6 bulan dengan ukuran 0-1 tahun.

Namun, jika kamu ingin menjahit baju bayi dengan usia 6 bulan, cukup ukur baju anak yang sudah jadi. Simpel kan. Kalau masih perlu, Shalyschan sediakan tabel ukuran baju bayi 6 bulan berikut ini:

Ukuran Baju Bayi 6 Bulan
Tabel Ukuran Baju Bayi 6 Bulan

Ukuran Baju Bayi 6 Bulan
Tabel Ukuran Baju Bayi 6 Bulan

Kamu bisa memilih ukuran baju bayi 6 bulan atau standar ukuran baju anak bayi yang kamu butuhkan.


Ukuran Baju Anak Perempuan

Ukuran Baju Anak Perempuan - Kamu perlu ukuran baju anak perempuan untuk menjahit baju atau ingin membeli baju? Berikut adalah tabel ukuran baju anak perempuan yang bisa kamu pakai. 

Ukuran Baju Anak Perempuan
Tabel Ukuran Baju Anak Perempuan


Ukuran Baju Anak Perempuan
Tabel Ukuran Baju Anak Perempuan


Ukuran Baju Anak Perempuan
Tabel Ukuran Baju Anak Perempuan


Ukuran Baju Anak 5 Tahun

Untuk ukuran baju anak 5 tahun, sebenarnya kamu sudah bisa membacanya dalam tabel ukuran baju anak perempuan di atas. Tinggal pilih yang usia lima tahun.

Namun, jika kamu ingin mengetahui ukuran baju anak 5 tahun bagi laki-laki, entah itu untuk kemeja anak, kaos anak, atau yang lain, kamu bisa melihatnya di bawah ini. 

Ukuran Baju Anak 5 Tahun
Tabel Ukuran Baju Anak 5 Tahun

Ukuran Baju Anak 5 Tahun
Tabel Ukuran Baju Anak 5 Tahun

Ukuran Baju Anak 5 Tahun
Tabel Ukuran Baju Anak 5 Tahun


Ukuran Baju Anak 5 Tahun
Tabel Ukuran Baju Anak 5 Tahun

Bagaimana? Sudah cukup jelas artikelnya? Kalau ada pertanyaan seputar standar ukuran baju anak, ukuran baju anak 5 tahun, ukuran baju anak perempuan atau ukuran baju bayi 6 bulan kamu bisa hubungi aku di menu contact di blog ini. Semoga Bermanfaat. -- Standar Ukuran Baju Anak Sebagai Pedoman Membeli dan Menjahit Pakaian Anak Sendiri By Shalys Chan --


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
menjahit,standar ukuran baju anak