8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di Kelas Biar Sekolah Makin Semangat

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di Kelas Biar Sekolah Makin Semangat

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di Kelas
- Ngantuk memang nikmat, tapi kalau lagi ada di sekolah dan pas guru lagi menerangkan pelajaran? Wow, itu nggak banget. Kamu bakal kehilangan banyak pelajaran berharga yang mustinya kamu dapatkan.

Penyebab Ngantuk Saat Belajar

Kita cari akar permasalahannya dulu sebelum menyingkirkan masalahnya. Apa sih penyebab ngantuk saat belajar? Gampang ngantuk pas lagi belajar ternyata bisa dialami siapa saja. Nggak peduli yang cuma sekolah pagi, atau yang ikut fullday school.

Pas aku lagi masuk kelas nih, 10 menit pertama murid-murid masih aman. Pas setelah itu, jangan tanya lagi. Satu persatu dari mereka kepalanya sudah ada di meja. Awalnya kukira karena pembawaanku yang bikin ngantuk. Setelah bertanya pada guru yang lain, eeh ternyata sama aja.

Setelah baca artikel sana sini, ternyata banyak lho penyebab ngantuk saat belajar. Seperti sarapan karbo terlalu banyak lalu kekenyangkan. Fitrahnya orang kenyang ya tidur. Tapi ada juga sih yang memang anak tersebut hipersomnia.

Apa itu hipersomnia? Hipersomnia adalah kondisi di mana orang merasakan ngantuk terus sepanjang hari meski dia sudah memperoleh cukup waktu untuk tidur. Selain kedua faktor tersebut, ada juga yang bikin anak ngantuk berat di sekolah.

Contohnya seperti begadang, kebanyakan olahraga, stres, banyak mikir, sampai pada kekurangan nutrisi yang menyebabkan rasa kantuk nggak hilang-hilang. Lalu bagaimana cara mengatasi ngantuk saat belajar? 

Inilah Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Saat Belajar

Disclaimer, ya. Cara mengatasi ngantuk saat belajar ini bukan hanya ditujukan untuk saat belajar di sekolah, melainkan belajar secara keseluruhan. Penasaran nih gimana cara ngatasinnya? Yuk pantengin artikel di bawah ini:

Menjaga Kualitas Tidur

Cara mengatasi ngantuk saat belajar di kelas yang pertama adalah dengan menjaga kualitas tidur. Jika malamnya kita kurang tidur, ya pasti paginya bakal ngantuk. So, jagalah kualitas tidur kamu. Setelah belajar, kamu bisa langsung atur waktu untuk tidur. Jangan mantengin hape mulu.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di Kelas dengan Cukup Gerak

Meski di kelas, kamu jangan mager alias males gerak. Ya bukan berarti di kelas kamu harus muter kayak anak TK. Biasanya guru akan menambahkan ice breaking, tujuannya ya ini, biar nggak ngantuk. Terus kalau belajar di rumah gimana?

cara mengatasi ngantuk saat belajar di kelas - cara menghilangkan ngantuk berat - penyebab ngantuk saat belajar - cara menghilangkan ngantuk di pagi hari saat belajar - cara agar tidak ngantuk saat kuliah
Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di Kelas dengan Cukup Gerak

Bisa lebih fleksibel lagi. Kalau kantuk mulai datang, berdiri dan bergeraklah. Ini akan membuat energi belajarmu bertambah. Bahkan ada penelitian ketika kita meluangkan 10 menit untuk berjalan di luar, ini akan meningkatkan memori dan lebih bisa dalam menyelesaikan soal-soal.

Duduk dengan Posisi Tegak

Hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi ngantuk di kelas adalah dengan memperbaiki posisi duduk. Duduklah dengan tegak, jangan nyender di kursi, atau membungkuk. Karena ini bisa bikin rasa ngantuk semakin menguap.

Kamar Bukan Tempat Belajar

Kamu harus tahu, kamar tidur ya buat tidur, buat istirahat. Bukan buat belajar atau bekerja. Penyebab nyantuk saat belajar juga bisa dipengaruhi tempat kamu belajar, yaitu kamar. Jadi solusinya gimana biar nggak ngantuk?

Belajarlah di ruang belajar, bukan di kamar. Nggak punya ruang belajar? Belajar di ruang tamu. Di ruang tamu ramai? Okey, kamu boleh belajar di kamar dengan syarat kamar sudah kamu modif dengan memberikan space untuk ruang belajar.

Jaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa membuat otak menyusut, lho! Makanya kita dianjurkan untuk minum 2 liter air atau 6 sampai 8 gelas per hari agar tetap terhidrasi. Nah buat kamu yang lagi nyari cara menghilangkan ngantuk di pagi hari saat belajar, ikuti aturan minum air putih ini.

Pencahayaan Sangat Menentukan

Cara menghilangkan ngantuk berat pas lagi belajar selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan paparan cahaya. Sinar matahari adalah sumber cahaya yang paling bagus dan murah. Manfaatkanlah itu dengan baik.

Orang yang berada di cahaya redup, kerap kali mengantuk. Kalau kamu ingin tidur, kurangi cahaya. Kalau kamu nggak mau ngantuk, ya manfaatkan cahaya. Ini karena protein di tubuh aktif ketika tubuh mendapatkan paparan sinar.

Konsumsi Makanan yang Menyehatkan

Makan makanan yang menyehatkan juga termasuk salah satu cara mengatasi ngantuk saat belajar di kelas. Makananmu menentukan kualitas hidupmu. Kurangi makanan/minuman manis dan juga makanan siap saji (Junk food) yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

cara mengatasi ngantuk saat belajar di kelas - cara menghilangkan ngantuk berat - penyebab ngantuk saat belajar - cara menghilangkan ngantuk di pagi hari saat belajar - cara agar tidak ngantuk saat kuliah
Konsumsi Makanan yang Menyehatkan

Kadar gula darah tinggi juga bisa menjadi penyebab ngantuk saat belajar dan beraktifitas. Ganti menu makanmu dengan yang lebih sehat seperti protein, lemak sehat, karbohidrat kompleks untuk menjaga tubuh agar tidak lemas dan ngantuk.

Ikuti Belajar Kelompok

Sering ngantuk saat belajar sendiri? Berarti kamu butuh teman untuk belajar. Lakukanlah belajar kelompok untuk mengatasi rasa kantuk saat belajar. Dengan adanya teman belajar, kamu bisa saling sharing dan berinteraksi. Alhasil rasa pengin tidur pun bakal ilang.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi ngantuk saat belajar di kelas maupun belajar di rumah. Lakukan hal di atas jika kamu ingin proses belajar kamu bisa lebih maksimal.

Ingat, ketika kamu ngantuk di kelas atau bahkan tidur, kamu melewatkan beberapa banyak kesempatan berharga dan waktu yang tidak bisa diulang. Lalu, bagaimana cara agar tidak ngantuk saat kuliah? Caranya sama saja seperti di atas. Praktekkan dan rasakan perubahannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama