Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula - Freelance tapi Duitnya Banyak

Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula - Freelance tapi Duitnya Banyak

Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula
- Hobi menulis yang dipendam tuh sangat rugi menurutku. Betapa tidak, kita bisa lho mendapatan uang dari yang katanya kamu sebut hobi itu. Hari gini, siapa juga sih yang nggak butuh uang?

But, kamu ngga bisa otomatis dapetin duit hanya dengan suka menulis. Ada beberapa hal yang musti kamu lakukan untuk menjadi penulis feelance pemula agar hasil yang kamu dapetin nggak cuma receh.

Cara Jadi Penulis Freelance dengan Pendapatan Besar

Gimana sih cara menjadi penulis lepas bagi pemula biar cepat dapetin cuan? Yuk ikuti langkah langkah di bawah ini yang dulu juga pernah aku lakukan.

Sering-seringlah Membaca

Nggak salah tuh cara menjadi freelancer penulis online harus sering membaca? Ya nggak dong, Say. Asupan para penulis adalah membaca. Dengan membaca, kamu bisa menambah perbendaharaan kata, juga agar kemampuan menulismu bisa terasah.

Bacalah buku yang sesuai dengan hobi kamu. Misal kamu pengen jadi penulis jurnal, ya baca jurnal-jurnal yang telah ditulis oleh orang-orang hebat sana. Kalau kamu pengen menjadi penulis artikel online, ya bacalah bagaimana penulisan artikel yang sehingga banyak orang yang naksir dengan tulisanmu.

Terus Asah Kemampuan Menulis

Nggak ada client yang ingin order tulisan yang acak adul. Minimal kamu paham penggunaan tanda baca. Nah, ini harus diasah secara terus menerus. Sebelum dapat pelanggan, asah terus ya kemampuan nulis kamu. Setelah dapat klien ya harus tetep kamu asah biar tulisan kamu makin cetar.

Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula - cara menjadi freelancer penulis online - cara daftar jadi penulis freelance - cara menjadi penulis freelance - cara menjadi penulis lepas di internet
Asah Selalu Skill Menulis Kamu

Oh iya. Di tengah gempuran ChatGPT ini, please jangan terpengaruh untuk copas mentah-mentah. Why? Karena nanti kamu pasti bakal ketergantungan. Kalau udah begitu, susah lho buat lepas. Akibatnya skil menulis kamu akan turun drastis.

Ikuti Kursus Menulis Online atau Offline

Biasanya hobi nggak jauh-jauh dengan passion. Parahnya kadang orang orang yang udah punya hobi nulis, punya banyak pembaca atau follower, mereka udah menganggap dirinya paling hebat. Disuruh ambil kursus pun males. Biasanya lho ya. Bukan semuanya.

Biar tulisan kamu makin bagus, cobalah ikut kurcuc menulis. Online atau offline itu terserah kamu. Masa sih pengen tahu cara menjadi penulis lepas tapi nggak mau ikut kursus. Yang terkait biaya, banyak kok KMO atau kursus menulis online dengan harga kacang goreng. Atau bahkan gratis.

Bikin Personal Blog

Blog pribadi juga termasuk cara menjadi freelancer penulis online apalagi untuk pemula. Kamu bisa tuangin hobi menulis kamu di blog pribadi yang kamu bangun. Macam blog Shalys Chan ini. Nanti kalau mau nge-bid atau nawarin ke klien, blog kamu bisa kamu sodorkan.

Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula - cara menjadi freelancer penulis online - cara daftar jadi penulis freelance - cara menjadi penulis freelance - cara menjadi penulis lepas di internet
Bikin Personal Blog Sebagai Portofolio

Selain untuk portofolio, nulis di blog juga bisa dapet cuan, lho. Serius? Iya. Untuk ini kapan-kapan aku bahas caranya. Buat kamu nih yang pengen punya personal blog untuk wadah menulis, bisa order di aku, ya. Hehehehe .... Eh, serius. Comment aja di halaman ini.

Perbanyak Portofolio Tulisan Kamu

Cara menjadi penulis lepas bagi pemula selanjutnya adalah dengan memperbanyak portofolio. Gimana orang bisa tahu kualitas tulisan kamu kalau kamu sendiri ngga punya portofolio. Terus bikin portofolionya gimana?

Selain bikin personal blog, kamu bisa nulis di platform kepenulisan online seperti Opinia, Kompasiana, Wattpad, BasaBasi, Mojok, dan masih banyak lagi. Sesuaikan saja jenis tulisan kamu dengan tulisan yang diinginkan di beberapa platform tersebut.

Manfaatin Situs Freelance Dalam dan Luar Negeri

Kita udah masuk bab cuan nih. Katakanlah kamu udah mengasah skill menulis, udah punya portofolio, langkah selanjutnya adalah dengan mencoba memanfaatkan situs freelance untuk dapetin uang. Kalau orang belum kenal brand dan nama kamu, berarti kamu yang harus mengenalkan pada mereka.

Buatlah akun di situs digital freelance. Seperti projectcoid, upwork, dan masih banyak lagi. Bikin akun kamu seprofesional mungkin agar para calon client tertarik dengan profil kamu. Kalau untuk pemula nih, jangan pasang harga yang terlalu tinggi dulu. Apalagi belum ada testimoni dari klien.

Pantengin Instagram Sebagai Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Lha ngapain mau jadi penulis harus mantengin Instagram? Ya untuk lihat peluang pekerjaan, lha. Banyak lho akun IG yang posting lowongan freelance writer. Kamu harus manfaatin itu. Aku sering lho dapat klien dari postingan orang di Instagram. Lumayan lah bisa buat beli kuota.

Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula - cara menjadi freelancer penulis online - cara daftar jadi penulis freelance - cara menjadi penulis freelance - cara menjadi penulis lepas di internet
Pantengin Instagram Sebagai Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Di samping itu, kamu juga bisa menjadikan Instagram sebagai media promosi jasa penulisan artikel yang kamu branding. Kenalkan pada mereka kalau kamu tuh nyediain tulisan berkualitas untuk membantu perusahaan atau perorangan yang sedang membutuhkan penulis.

Belajar Management Waktu

Nggak hanya skill menulis kamu yang harus kamu asah, tapi ilmu membagi waktu juga sangat penting. Jangan sampai saking ngebetnya pengen dapet duit, kamu kek orang kesurupan. Nuliiiis terus. Mantengin akun marketplace digital terus, nyari klient terus.

Duh, jangan. Syarat menjadi penulis freelance juga harus paham management waktu. Kapan kamu harus nulis, kapan kamu harus istirahat, hapan kamu harus healing, kamu harus paham. Apalagi ntar kalau sudah laku banget. Kamu harus paham membagi waktu antara klien datu dengan klien lain.

Apa lagi ya tips menjadi penulis lepas? Kayaknya udah dulu deh, Udah capek nulisnya. Pokoknya hamu harus rajin membaca, upgrade skill menulis, bikin prortofolio dan rajin-rajin pantau Instagram. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu dan kalau ada yang kurang, tolong ditambahin. Bye 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama