10 Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula

Cara Membuka Usaha Butik Muslimah - Berpakaian tertutup dan mengenakan hijab bagi muslimah adalah perintah agama. Model pakaian muslim sekarang pun tidak kalah trendy dengan pakaian lainnya. Itulah kenapa banyak muslimah yang mulai sadar akan kewajibannya.

10 Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula
Cara Membuka Usaha Butik Muslimah

Tidak ada alasan untuk tidak tampil modis karena memakai hijab. Bahkan ada beberapa orang yang beranggapan jika perempuan berhijab lebih anggun dipandang daripada perempuan yang tidak mengenakan hijab.

Dari sinilah banyak orang lebih memilih busana muslimah untuk dipakai. Baik itu untuk kegiatan di rumah, kerja, bahkan sampai pada acara liburan atau traveling. Tentu fakta ini sangat menarik bagi kamu para pebisnis pakaian.


Inilah Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula 

Membuka usaha butik muslimah adalah bisnis yang menguntungkan. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadikannya usaha baru. Namun, mendirikan bisnis butik pemula tidaklah semudah yang kita pikirkan.

Baca Juga : Cara Jualan Baju Online Tanpa Modal

Kamu harus paham betul apa saja cara membuka usaha butik muslimah bagi pemula untuk mempermudah jalanmu dalam menjalankan bisnis ini. Apa saja cara membuka bisnis butik pemula ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tanamkan Niat yang Kuat untuk Bisnis Butik Pemula

Segala sesuatu tergantung pada niatnya, termasuk dalam memulai sebuah bisnis. Untuk itu hal pertama yang harus kamu miliki dalam cara membuka usaha butik muslimah adalah dengan memperkuat niat. Niat inilah yang akan mengingatkanmu ke tujuan semula saat bisnis mengalami kemunduran.

Banyak liku-liku yang harus kamu hadapi dalam membuka usaha butik hijab. Di antaranya adalah banyaknya para pesaing dan tingginya modal yang harus kamu keluarkan. Belum lagi masalah tidak laku. Jika tidak kuat niat, usaha butik muslimah ini akan rawan sekali gulung tikar.


2. Buatlah Rincian Modal Usaha Butik

Setelah niat, cara membuka usaha butik muslimah bagi pemula adalah dengan mempersiapkan dana atau modal usaha. Kamu harus membuat rincian modal usaha pakaian dengan matang. Perhitungkanlah harga sewa lokasi, dana untuk membeli produk, dan juga biaya untuk promosi.

Dana untuk membuka bisnis butik pemula ini bisa berasal dari uang tabungan pribadi, hasil penjualan aset yang kamu miliki, atau bisa dengan mengajukan pinjaman bank atau instansi pinjaman uang lainnya yang pastinya legal.


3. Survey Lokasi Usaha Butik Muslimah

Cara membuka usaha butik muslimah selanjutnya adalah dengan memperhatikan lokasi usaha. Lokasi yang strategis tentu akan menghadirkan peluang lebih banyak pelanggan daripada dengan memilih wilayah yang non strategis.

Inilah Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula
Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula : Survey Lokasi Usaha

Pilihlah lokasi usaha butik muslimah yang sekiranya ramai dan dapat dijangkau oleh banyak orang. Seperti sewa dekat pesantren, sewa lokasi di pasar, atau pusat perbelanjaan lainnya. Namun yang perlu diingat, harga sewa untuk wilayah strategis juga butuh dana yang tinggi juga.


4. Pilihlah Brand Produk yang Akan Dijual

Butik identik dengan toko baju kalangan menengah ke atas. Brand yang terkenal dan cukup berkelas adalah kekuatan dari sebuah butk muslimah. Tentunya brand tersebut banyak diminati karena kualitas produk yang tinggi.

Oleh karenanya kamu harus menentukan brand apa saja yang akan mengisi butik muslimah milikmu. Banyak sekali brand hijab yang terkenal dan berkualitas tinggi. 

Ada zoya, Keke, Dannis, Elzatta, sampai pada dian pelangi. So, cara membuka usaha butik muslimah adalah dengan memilih brand berkualitas tersebut. Bagaimana dengan memilih produk dari brand sendiri? Itu juga oke. Asal tetap perhatikan kualitas produk.


5. Melakukan Promosi pada Toko Hijab Milikmu

Tak kenal maka tak sayang, kan? Itu juga yang akan terjadi pada toko hijab milikmu. Tujuan dari promosi adalah untuk mengenalkan usaha butik muslimah yang kamu kelola bisa dikenal oleh banyak orang. Jika sudah terkenal, otomatis pelanggan pun akan semakin banyak.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Mukena Buatan Sendiri

Tentunya di zaman yang serba digital ini melakukan promosi tidaklah sesulit dulu. Manfaatkanlah media online untuk mempromosikan bisnis butik muslimah yang kamu punya. Jangan lupakan juga untuk promosi offline. Manfaatkan keluarga, tetangga, dan sahabat untuk memperkenalkan usahamu.


6. Diskon dan Give Away Juga Perlu untuk Bisnis Butik Pemula

Menggelar diskon dan give away merupakan strategi marketing yang bisa kamu pakai untuk mengembangkan toko hijab yang kamyu dirikan. Orang cenderung tertarik dengan harga diskon atau potongan harga meski nantinya nominal yang dikeluarkan pun lebih banyak.

Inilah Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula
Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula : Diskon dan Give Away Juga Perlu

Selain diskon, lakukanlah cara untuk membuka usaha butik muslimah dengan mengadakan give away. Diskon dan give away ini merupakan cara yang ampuh dalam mengenalkan toko hijab pada khalayak. Kamu tinggal merelakan beberapa produk untuk hadiah give away sebagai ganti modal promosi.


7. Jalin Kerjasama dengan Perluas Relasi

Selanjutnya, tips membuka usaha butik muslimah adalah dengan memperluas relasi dan kerjasama. Kamu bisa membentuk tim marketing untuk mempermudah pengeluaran produk. Tidak ada salahnya juga untuk membuka reseller dan dropship agar barang cepat laku.


8. Jual Produk Lain di Toko Hijab

Membuka usaha butik muslimah bukan berarti harus melulu hanya menjual busana muslim dan hijab. Kamu bisa menambah koleksi toko hijab dengan aneka aksesoris, macam-macam tas, sampai pada alas kaki.

Inilah Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula
Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula : Jual Produk Lain di Toko Hijab

Semakin beragam barang yang kamu jual di butik, semakin banyak pula peluang pelanggan yang datang. Asalkan produk produk tersebut masih dalam satu lini hijab. Tentu kamu sudah paham kan barang apa saja yang masih cocok dijual di butik muslimah?


9. Tingkatkan Pelayanan Butik

Hal yang harus kamu perhatikan dalam cara membuka usaha butik muslimah adalah dengan meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Meski produk yang kamu jual adalah barang hijab branded yang berkualitas tinggi, kamu harus tetap menjaga pelayanan.

Bersikap ramah pada pelanggan merupakan kunci agar pelanggan betah dan bisa datang kembali ke butik kita. Pembeli adalah raja. Ingat terus pepatah tersebut. Tentu kita menjadi konsumen juga ingin dilayani dengan sebaik mungkin kan?


10. Berdoa Agar Usaha Butik Muslimah Terus Laku

Cara membuka usaha butik muslimah yang terakhir adalah berdoa. Jika semua tips sudah dilakukan, kewajiban kita sebagai seorang hamba adalah berdoa. Libatkan Tuhan dalam segala usaha kita. Berdoalah agar usaha butik hijab ini bisa terus laku dan semakin berkembang.

Penutup - Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Bagi Pemula

Bagaimana? Tidak sulit kan untuk melakukan tips membuka bisnis butik pemula di atas? Semoga 10 cara membuka usaha butik muslimah di atas bisa bermanfaat bagi kamu yang akan terjun di dunia hijab fashion.

Niat yang kuat, modal yang cukup, lokasi yang strategis, promosi yang gencar, dan doa yang selalu dipanjatkan pasti akan membawa sebuah kesuksesan dalam membuka toko hijab ini. Percayalah, usaha tidak akan menghianati hasil. Shalys Chan

Next Post Previous Post