Ingin Menulis Cerpen Dibayar dan Menghasilkan Uang? Coba 5 Cara Ini!

Menulis Cerpen Dibayar - Menulis banyak sekali manfaatnya. Di antaranya adalah kepuasan dalam menyalurkan hobi menulis, mengasah otak, sampai pada self healing atau penyembuhan diri dari luka batin.

Ingin Menulis Cerpen Dibayar dan Menghasilkan Uang? Coba 5 Cara Ini!
Ingin Menulis Cerpen Dibayar dan Menghasilkan Uang? Coba 5 Cara Ini! 

Banyak sekali ragam dari menulis ini. Ada menulis novel, cerpen, opini, puisi, pantun, menulis artikel seo di blog atau website, menulis curhatan probadi, dan masih banyak yang lainnya. Kali ini kita bahas masalah nulis cerpen dulu. Siapa yang hobi menulis cerpen di sini?

Selain menyalurkan hobi, pastinya kamu juga ingin kegiatan menulis cerpen dibayar untuk lebih memberi motivasi dan apresiasi pada diri sendiri agar lebih rajin menulis. Faktanya, itu hanyalah sebuah angan-angan jika kamu tidak tahu celah dan chanel untuk mendapat uang dari menulis cerpen.


Inilah Beberapa Cara Menulis Cerpen Dibayar - Solusi Cuan dengan Hobi Ngehalu

Mau tahu bagaimana cara agar menulis cerpen dibayar sepadan dengan pikiran dan kehaluan yang kamu keluarkan? Berikut adalah beberapa cara untuk menjadikan cerpenmu sebagai ladang cuan. Lumayan untuk sekadar menambah uang jajan atau traktik gebetan.


1. Menulis Cerpen Dibayar dengan Mengirimnya ke Situs Penerima Karangan Cerpen

Tidak semua website atau situs menerima karya tulis yang berbentuk cerpen. Alasannya, dalam hal penulisan, karya tulis cerpen ini susah untuk mendapatkan traffic organic dari google alias lemah dalam hal menulis SEO.

Inilah Beberapa Cara Menulis Cerpen Dibayar - Solusi Cuan dengan Hobi Ngehalu
Menulis Cerpen Dibayar dengan Mengirimnya ke Situs Penerima Karangan Cerpen

Orang membaca cerpen dari media online pasti bersumber dari link yang disebar atau langsung mengunjungin situs-situs tersebut tanpa melewati search google. Nah, untuk yang penasaran situs apa saja yang menerima tulisan atau menulis cerpen dibayar, baca situsnya di bawah ini:

  • Basabasi.co
  • Republika
  • Tulisanku.co.id
  • Vebma
  • Kompas
  • Tempo
  • Media Indonesia
  • Jawa Pos

Situs-situs di atas merupakan situs menulis cerpen dibayar yang bisa kamu coba. Pelajari dahulu syarat dan ketentuan dari masing-masing situs. Selain itu, bacalah beberapa tulisan cerpen di sana agar kamu bisa menyesuaikan bahasa cerpen yang seperti apa yang akan diterima dan dibayar oleh pihak tersebut.


2. Menulis Cerpen Dibayar dengan Menulis di Platform Berbayar

Seperti halnya situs-situs di atas. Tidak semua platform kepenulisan menerima menulis cerpen dibayar. Apalagi yang sistem kontrak. Mereka lebih memilih karya novel atau cerbung daripada cerpen yang habis dalam sekali baca.

Inilah Beberapa Cara Menulis Cerpen Dibayar - Solusi Cuan dengan Hobi Ngehalu
Menulis Cerpen Dibayar dengan Menulis di Platform Berbayar

Namun, jangan berkecil hati. Tanpa kontrak pun kamu masih bisa mendapatkan uang dari menulis cerpen. Cobalah untuk menulis cerpen dibayar dengan membuat akun dan menulis di platform berbayar tanpa kontrak, seperti Joylada dan KBM App.

Untuk menulis cerpen dibayar di platform ini, kamu tidak cukup hanya dengan menulis satu judul cerpen. Tulislah kumcer (Kumpulan cerpen) atau beberapa cerpen yang masih satu tema dan buatlah dalam satu album cerita menyerupai bab-bab dalam novel.

Jika kamu sudah menulis minimal 6 bab di Joylada, kamu bisa mengunci kumpulan cerpen tersebut. Pembaca akan membuka kunci dengan coin atau candy untuk membaca cerpenmu dan kamu pun bisa otomatis mendapat uang tambahan dari coin atau candy.


3. Menulis Cerpen Dibayar dengan Mengirimkan ke Media Massa Offline

Jika di atas tadi adalah cara menulis cerpen dibayar dengan mengirimkan ke madia offline, kali ini cobalah mengirimkan cerpen ke media massa offline. Perlu kamu tahu, majalah dan koran juga masih banyak penggemarnya, lho. Pembacanya juga tak kalah banyak dengan pembaca online.

Inilah Beberapa Cara Menulis Cerpen Dibayar - Solusi Cuan dengan Hobi Ngehalu
Menulis Cerpen Dibayar dengan Mengirimkan ke Media Massa Offline

Cobalah kirim cerpen ke media massa yang menerima menulis novel dibayar seperti Media Indonesia, Kompas, Tempo, Nova, Jawa Pos, Majalah Bobo dan lain sebagainya. Percayalah, jika cerpenmu dimuat dan mendapat uang, pasti kamu akan lebih bersemangat menyalurkan karya-karya selanjutnya.

Baca Juga:


4. Menulis Cerpen Dibayar dengan Mengikuti Event Nubar (Nulis Bareng)

Ada lagi cara menulis cerpen dibayar adalah dengan mengikuti event nulis bersama. Biasanya event nubar ini sering kali diselenggarakan oleh para publisher dan mencari peserta lewat sosial media. Hasil royalti jual buku kumpulan cerpen di nulis bersama ini nantinya akan dibagi pada seluruh peserta.

Inilah Beberapa Cara Menulis Cerpen Dibayar - Solusi Cuan dengan Hobi Ngehalu
Menulis Cerpen Dibayar dengan Mengikuti Event Nubar (Nulis Bareng)

Namun, kadang ada beberapa publisher penyelenggara nubar yang menysaratkan harus membeli buku minimal 1 eksampler sebagai bentuk apresiasi diri. Jika niatmu memang ingin menulis cerpen dibayar tampa membeli buku, jangan ikut event nubar atau antologi yang seperti ini.

Ikutilah event nubar yang melalui tahap seleksi dan tidak mengharuskan penulis atau peserta nulis bareng untuk membeli buku. Toh meski tidak disuruh membeli buku, kita tetap ingin membeli dan memeluk buku tersebut yang kita tulis sendiri bersama para peserta penulis cerpen lainnya.


5. Menulis Cerpen Dibayar dengan Mencetak Buku

Terakhir, menulis cerpen dibayar bisa juga dengan cara mencetak buku kumpulan cerpenmu sendiri. Terserah kamu mau pilih penerbit mayor yang segalanya gratis namun sulit seleksi atau penerbit indie yang berbayar namun semua sudah diurus.

Baca JugaPerbedaan Antara Penerbit Mayor, Penerbit Indie dan Self Publishing

Jika kamu percaya diri dengan naskah atau kumpulan cerpenmu, kamu juga bisa pilih self publishing yang semua pengurusan cetak termasuk biaya adalah murni kamu yang membayar.

Jika kita sendiri yang membayar, bagaimana bisa menulis cerpen dibayar dengan cara ini? Jangan lupa, keuntungan self publishing semuanya akan menjadi milikmu tanpa harus berbagi ke penerbit. Enak kan? Tapi sebelum itu, pastikan dulu buku kumpulan cerpenmu laku.

Sudah jelas kan bagaimana cara menulis cerpen dibayar agar kamu bisa lebih bersemangat dalam berkarya dan terus belajar di bidang ilmu bahasa dan kepenulisan? Setelah membaca tips di atas sepertinya kamu tak lagi pusing tentang pertanyaan bagaimana mendapatkan uang dari menulis cerpen.

Praktekkan saja cara-cara di atas yang menurutmu paling mudah. Lumayan kan hanya dari hobi menulis cerpen, kamu bisa dapat uang jajan tambahan? -- Ingin Menulis Cerpen Dibayar dan Menghasilkan Uang? Coba Cara Ini! By Shalys Chan --

Next Post Previous Post