Cara Kirim Paket J&T Mudah dan Aman Sampai Tujuan

Cara Kirim Paket J&T Mudah dan Aman Sampai Tujuan

Cara Kirim Paket J&T  – Di era yang serba mudah ini, seperti belanja kebutuhan sehari-hari serta tentang pengiriman paket atau barang, sekarang sudah sangat dimanjakan dengan beberapa perusahaan expedisi. Salah satunya adalah J&T.

Cara kirim paket J&T juga dikenal sangat mudah, aman, dan cepat sampai ke tujuan. Jadi sudah tidak mengherankan lagi jika pebisinis online lebih menyukai menggunakan jasa pengiriman barang J&T ini. Karena memang sudah terbukti kualitasnya.

Fitur Jasa Pengiriman Paket JNT Express

Untuk memfasilitasi pelanggan dan memberikan kenyamanan, J&T Express menawarkan layanan Pick up dan Drop Of. Kedua layanan ini memiliki proses yang mudah dan cepat. Masing-masing dari layanan cara kirim paket J&T bisa kamu lakukan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Kemudahan dalam cara kirim paket J&T akan sangat terasa jika kamu adalah seorang pebisnis atau pelapak dari perusahaan ecommerce atau marketplace. Mengapa bisa begitu? Karena tiap pelapak bisa memproses pengiriman paket dari aplikasi tersebut secara mandiri. 

Tidak hanya mengirim paket saja, kamu juga bisa dimanjakan dengan fitur  cek resi J&T langsung di aplikasi marketplace, seperti shopee. Kamu juga bisa cek pengiriman paket J&T Express dengan lewat situs resmi J&T atau aplikasi J&T.

Itu tadi jika kamu merupakan pelapak atau pebisnis yang main di marketplace. Lalu, bagimana jika kamu sebagai perorangan ingin kirim paket J&T dengan menggunakan kedua layanan tersebut? 

Baca JugaJasa Import Borongan Door to Door Service Recomended

Caranya sangat mudah. Kalau mau menggunakan fitur Pick Up bisa akses di aplikasi atau website resminya. Sedangkan fitur drop of, setiap pengirim harus antar paket langsung ke counter J&T terdekat di daerahmu


Langkah Cara Kirim Paket J&T Lengkap, Mudah, dan Aman Sampai Tujuan

Kamu ingin melakukan pengiriman paket J&T Express? Tunggu dulu. Sebelum kirim paket lewat J&T, pastikan terlebih dahulu kamu memenuhi syarat dan ketentuannya. Kalau kamu memang beneran belum mengerti apa saja langkah-langkahnya, Ayo ikuti langkah cara kirim paket J&T lengkap, mudah dan aman di bawah ini.

Persyaratan Pengiriman Paket J&T Express

Persyaratan Pengiriman Paket Lewat J&T Express
Pengiriman Paket J&T Express

Untuk memudahkanmu dalam proses pengiriman paket, setiap pengirim harus memastikan kalau barang sudah siap untuk di-drop point oleh pihak J&T Express. Bingung? Langsung saja baca persyaratannya di bawah ini:

  1. Memastikan barang sudah di-packing sesuai dengan standar keamanan paket.
  2. Jangan lupa lapisi paket dengan bubble wrap kira-kira 4-5 layer.
  3. Kalau kamu membungkus paket pakai kardus, setiap sisi kardus sisipi dengan PE Foam.
  4. Usahakan ukuran barang persis dengan ukuran kardus.
  5. Mamberi lakban di setiap paket demi untuk keamanan barang tersebut.
  6. Untuk lebih menjaga keamanan, kamu bisa packing dengan kayu. Ini berlaku untuk barang yang rentan rusak seperti barang elektronik berupa HP, Tablet dan lainnya.
  7. Pastikan kamu menulis alamat pengiriman paket dengan jelas dan detail.


Cek Ongkir J&T Express

Meski kamu sudah terbiasa bergelut dalam pengiriman paket, tapi tidak semua paket yang dikirim memiliki nominal ongkos kirim yang sama. Hal ini dikarenakan dalam perhitungan cara kirim paket J&T dipengaruhi oleh lokasi pengirim ke lokasi tujuan. Bukan itu saja, ukuran paket dan berat paket juga mempengaruhi ongkir dari paket tersebut.

Kamu bisa cek ongkir paket J&T Ekspress mu dengan datang dan menanyakan langsung pada kurir atau petugas jasa pengiriman paket ini jika memang counter J&T dekat dengan rumahmu. Kalau jauh, bagaimana? 

Tenang. Ini sudah zaman modern. Kamu bisa mengetahuinya lewat aplikasi J&T atau situs resminya. Untuk cek ongkir J&T lewat aplikasi android, kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

  • Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi J&T Express.
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih menu Harga
Cek Ongkir J&T Express
Cara Cek Ongkir J&T Express
  • Cari menu nama kota dan masukkan nama kota asal pengiriman paket pada kolom pertama sesuai rekomendasi kota yang disediakan pikak J&T. 
    Cek Ongkir J&T Express
    Cara Cek Ongkir J&T Express

  • Cara kirim paket J&T untuk cek ongkos kirim selanjutnya adalah klik kolom kosong kedua untuk diisi nama kota tujuan pengiriman paket. Cari menu dan pilih kota tujuan pengiriman paket J&T sesuai pilihan kota yang tersedia beserta daerahnya. 
    Cek Ongkir J&T Express
    Cara Cek Ongkir J&T Express

  • Langkah selanjutnya, klik tombol kurang atau tambah untuk memperkirakan berat paket yang akan dikirim.
    Cek Ongkir J&T Express
    Cara Cek Ongkir J&T Express

    Cara ini bisa dilakukan secara manual dengan klik kolom angka di sampingnya. Masukkan berat barang. Jika sudah selesai, pilih tombol cari, kemudian kamu akan dibawa pada tampilan jumlah harga sesuai berat dan jarak yang ditentukan.


Cara Kirim Paket J&T dengan Fitur Drop Of

Setelah kamu mem-packing barang dan cek ongkir J&T, tibalah saatnya kamu mengetahui cara kirim paket J&T dengn cara Drof Of, atau kirim barang dengan langsung mendatangi counter J&T. 

Cara Kirim Paket J&T Mudah dan Aman Sampai Tujuan
Cara Kirim Paket J&T dengan Fitur Drop Of

Bagaimana cara kirim paket J&T langsung? Simak caranya di bawah ini:

  1. Pastikan jika paket yang akan kamu kirim sudah di-packing sesuai dengan standar keamanan dari barang tadi.
  2. Pergilah ke counter J&T terdekat. Setiap kecamatan sudah tersedia counter/agen resmi dari J&T.
  3. Setelah itu, kamu menuju bagian pengiriman barang. Di sini nanti kamu akan diberikan pilihan metode pembayaran langsung atau metode pembayaran COD (Cash On Delivery) oleh pegawai counter J&T.
  4. Selanjutnya, petugas akan menentukan ongkos kirim dengan mengukur berat dan ukuran barang. Setelah itu petugas akan menyebutkan biaya ongkirnya. Ongkir tidak akan jauh beda dengan nominal saat kamu cek ongkir mandiri di rumah.
  5. Apabila kamu memakai metode pembayaran langsung, kamu harus bayar sesuai dengan ongkos kirim sudah disebutkan oleh petugas. Namun, kalau menggunakan metode pembayaran COD, lanjut ke proses berikutnya
  6. Selanjutnya adalah proses pendataan yang dilakukan oleh petugas dari J&T. Nanti kamu akan ditanya apa isi dari paket tersebut. Kalau ditanya ya tinggal jawab aja.
  7. Jika proses pendataan sudah selesai dan berhasil, petugas akan memberikan kwitansi sebagai bukti pembayaran yang sah jika kamu sudah melakukan pengiriman paket di J&T.
  8. Pada kwitansi tadi terdapat biaya ongkos kirim, detail dari paket dan nomor resi. So, jangan dihilangkan kwitansinya. Karena biasanya pihak penerima paket akan menanyakan resi pengiriman barang untuk mengetahui status pengiriman paket miliknya.

Itu dari cara kirim paket J&T lewat drop of. Lalu, bagaimana cara mengirimkan paket J&T ekspress dengan fitur pick up? Untuk yang ini akan aku bahas lain waktu dan pastinya tetap pada halaman ini. Semoga kalian sabar menanti. -- Cara Kirim Paket J&T Mudah dan Aman Sampai Tujuan By Shalys Chan --

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
jasa kirim paket