BLANTERVIO103

Begini Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik, Kamu Harus Tau!

Begini Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik, Kamu Harus Tau!
Selasa, 11 Mei 2021

Kamu sangat beruntung, jika berhasil mendapatkan biji kopi yang baik. Tapi jika belum, kamu bisa mulai membaca artikel yang aku buat ini, karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara memilih Biji Kopi Yang baik! 

Kamu, wajib banget tahu nih, kalau untuk mendapatkan biji kopi yang baik, perlu melewati berbagai proses, nggak cuma petik dari pohon nya yah! Setidaknya, ada beberapa proses untuk mendapatkan biji kopi yang baik, apa saja prosesnya? Yuk kita cari tahu!

Begini Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik, Kamu Harus Tau!

Begini Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik, Kamu Harus Tau!

Owhh Yah! Artikel ini aku buat, khusus banget buat kamu yang pengen terjuan ke dunia perkopian yah dan juga untuk kamu yang sedang iseng mencari inspirasi aja.

Tapi, seriusan! Buat kamu yang mau terjun langsung ke dunia perkopian dan punya rencana untuk membuka Coffe Shop kamu wajib banget baca artikel ini.kenapa? karena jika kamu tidak memiliki ilmu untuk membedakan kopi yang baik dan tidak, maka kemungkinan besar kamu akan mudah tertipu dan memilih kopi yang kualitasnya buruk. Jika sudah begitu, Siapa yang rugi?

Nah, beruntung untuk kamu yang membaca artikel ini, berikut adalah cara memilih biji kopi yang baik, agar kamu bisa membedakan biji dengan kualitas yang baik dan buruk.

Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik

Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik

Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu, bagaimana sih cara menemukan biji kopi yang baik? Berikut ini sudah dibuat ulasan mengenai cara-cara memilih biji kopi yang harus kamu lakukan agar mendapatkan kualitas yang bagus! 

Waktu Penyangraian

Waktu Penyangraian

Proses terpenting dari pembuatan biji kopi, adalah penyangraian. Buat kamu yang mungkin baru berkenalan dengan Biji kopi, untuk mendapatkan biji kopi yang baik, petani harus melakukan hal-hal berikut ini :

  • Memetik Biji Kopi
  • Mengeringkan Biji Kopi
  • Mencuci Bersih Biji Kopi
  • Lalu di Sangrai

Nah, pada tahapan dimana kopi disangrai lah kamu harus tau! Kamu wajib banget tau, kapan biji kopi itu disangrai. Karena biji kopi yang baru saja di sangria memiliki kualitas terbaik. Semakin lama kopi di simpan setelah di sangrai, semakin buruk kualitasnya. Itulah, alasan mengapa kopi dari Café Shop lebih terasa enak daripada kopi warungan.

Aroma Dari Biji Kopi

Aroma Dari Biji Kopi

Aroma dari biji kopi yang berkualitas, biasanya akan menyengat. Aroma biji kopi ini, akan bisa kamu cium setelah proses penyangraian. Tapi, karena jenis kopi berbeda-beda. Biasanya bau kopi juga akan berbeda.

Untuk tips yang kedua ini, mungkin kamu perlu ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman, tapi jika kamu membeli biji kopi langsung dari petaninya, jangan khawatir karena orang yang berpengalaman yang kamu cari adalah penjualnya. Jadi usahakan untuk membeli biji kopi langsung dari petaninya, sekalian kamu bisa belajar bagaimana proses pengolahannya sampai menjadi biji kopi yang berkualitas.

Menyeduh Bubuk Kopi

Menyeduh Bubuk Kopi

Setelah kamu memastikan, biji kopi yang kamu pilih berkualitas.Kamu bisa melakukan tahapan terakhir, yaitu dengan menyeduhnya. Pada tahapan ini, kamu mungkin harus memastikan bahwa lidah kamu merupakan perasa yang handal, karena lidah kamu, sangat di andalkan.

Kamu bisa menggiling biji kopi sampai halus, lalu menyeduhnya tanpa campuran apapun. Bagaimana cara membedakan kualitas kopi dari rasanya? Jawabanya adalah, biarkan lidahmu memutuskan. Mengapa? Biji kopi yang baik, akan memberikan kualitas cita rasanya. Dan lidah mu akan seketika tau.

Nah, berikut di atas adalah cara memilih biji kopi yang baik, semoga bermanfaat untuk kamu yah!

Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751