BLANTERVIO103

Cara Menanam Kopi Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Cara Menanam Kopi Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula
Minggu, 09 Mei 2021

Siapa yang tidak kenal dengan biji hitam kecoklatan ini, yang menjadi primadona pada zaman dulu sampai sekarang. Iyah! Biji kopi.

Jika kita membahas tentang kopi, rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Eksistensi kopi selalu menemukan jalanya untuk memuncak dan kembali menjadi primadona dihati penikmatnya.

Bahkan, rasanya orang-orang sudah berfikiran bagaimana cara membudidayakan kopi sendiri. Dan mungkin salah satunya adalah kamu. Iyah, kamu yang sedang membaca artikel ini, saya yakin kamu pasti mengetikan keyword cara menanam kopi, untuk menemukan artikel ini.

Yah, nggak mengeherankan juga sih! Mengingat daya tarik kopi yang sangat kuat. Apalagi jika kamu sudah tau keuntungan membuka bisnis Café Kopi yang sangat menggiurkan. Kamu bisa membuktikanya dengan banyaknya warung kopi yang banyak bertebaran di sudut-sudut kota. Bahkan di desa kamu, juga mungkin ada.

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula


Buat kamu yang serius pengen tau cara menanam kopi. Kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai yah. Sebelumnya, mungkin kamu punya pertanyaan? Atau mau saya wakilkan saja? Seperti pertanyaan tentang, kenapa sih banyak orang ingin menanam kopi?

Kenapa Orang Ingin Belajar Cara Menanam Kopi?

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Yah! Salah satu factor utamanya, adalah tentang keuntungan. Kenapa? Jelas karena keuntungan dari berbisnis kopi sangat menggiurkan, dengan catatan kamu bisa mengelolanya dengan baik.

Sebenarnya, dari apapun yang kita jalankan, semua beorientasi pada keuntungan sih, tapi bagi sebagian orang, menanam kopi dan berbisnis kopi tidak hanya sekedar mengejar keuntungan. Tapi lebih dari itu.

Untuk melanjutkan artikel Cara Menanam Kopi ini, kamu mungkin perlu tau jenis-jenis kopi dulu, agar kamu makin banyak bejalar sebelum mulai belajar cara menanam kopi.

Mengenal Jenis-Jenis Kopi

Kopi Arabika

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Jenis kopi ini, merupakan jenis kopi yang paling terkenal di dunia, sejarah kopi ini konon berasal dari belanda dan dibawa ke Indonesia pada zaman penjajahan dahulu. Kopi jenis ini memiliki nama ilmiah Coffea Arabica dan termasuk dalam Family Rubiaceae dengan genus Coffea.

Kopi Arabica masih menjadi raja, dari segi pertumbuhan di Indonesia. Karena kopi Arabica sangat cocok sekali tumbu di dataran Indonesia yang rendah.

Karakteristik kopi jenis ini sangat unik, jika ditanam dalam suhu yang cukup panas. Maka kopi Arabica akan tumbuh lebih cepat. Tapi jika di tanam dalam suhu yang rendah, kopi Arabica akan lebih lambat tumbuh.

Untuk menanam kopi Arabica, ketinggian ideal yang kamu butuhkan adalah  1000-2000 meter dari permukaan laut.

Kopi Robusta

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Dalam sejarahnya, Kopi Robusta di datangkan ke Indonesia karena pada saat itu Kopi Arabica mengalami serangan hama karat daun. Sehingga belanja memutuskan untuk mendatangkan kopi robusta yang diyakini, lebih kuat terhadap serangan hama.

Kopi Robusta, memili nama latin  Coffea canephora. Sedangkan Nama kopi robusta di ambil dari Bahasa inggris yaitu, Robust yang memiliki arti “Kuat”

Dalam proses penyeduhan kopinya, Kopi Robusta cenderung memiliki citarasa yang pahit dan asam, juga memiliki aroma yang sangat kuat.

Kopi Robusta, memiliki banyak sekali penikmat. Sampai banyak sekali olahan minuman dari Kopi jenis ini, mulai dari kopi racikan biasa sampai di padukan dengan susu. Yang kemudian biasa kita kenal dengan kopi susu.

Kopi Robusta, dapat tumbuh di ketingian 0-900 meter diatas permukaan laut, namun idealnya kopi jenis ini akan tumbuh dengan baik pada ketinggian 400-800 meter dengan sushu berkisar 260 C.

Kopi Liberika

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Persis seperti namanya, kopi ini berasal dari Liberia. Memiliki nama ilmiah Coffea Liberica Var. Sejarah mencatat, kopi ini masuk ke Indonesia pada abad ke-19, seperti biasa dibawa oleh belanda dalam misi penjajahanya. Kopi jenis ini, mungkin baru kamu dengar. Karena kopi ini memang jarang ditemukan di pasaran. Alasannya, karena tidak banyak orang yang membudidayakanya.

Soal popularitas, kopi jenis ini masih kalah jauh dari Arabic dan robusta. Walaupun awalanya, Kopi Liberica ini didatangkan belanda untuk menggantikan kopi Arabica yang dianggap kurang berhasil karena mudah di serang hama. Namun, nasib kopi liberica ini tidak jauh berbeda dengan Arabica.

Kopi liberica, biasa tumbuh di ketinggian 400-600 meter diatas permukaan laut dan masih ideal jika ditanam di ketingian masimal 1.200 meter diatas permukaan laut.

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Ada beberapa point yang harus kamu perhatikan jika ingin menanam kopi, seperti :

  • Pemilihan bibit
  • Proses penanaman
  • Proses perawatan
  • Proses panen

Yuk, langsung saja  kita membahas point-point diatas, 

Pemilihan bibit

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Dalam tahap ini, kamu harus memilih dengan hati-hati, jangan sampai melakukan kesalahan pada tahap ini. Karena benih yang kamu pilih nantinya akan sangat menentukan hasil dari tanaman kopi ketika panen. Apakah kualitasnya baik atau tidak.

Jadi pastikan kamu membeli bibit pada orang yang terpercaya dan dikenal memiliki keahlian dalam hal perkopian.

Proses Penanaman & Perawatan Kopi

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Oke, mari kita anggap kamu sudah memilih benih kopi yang tepat.

Saatnya kamu melakukan proses penanaman.

Tahapan kedua ini, sama pentingnya dengan tahap pemilihan benih, jadi harus kamu pehatikan dengan baik pula. Karena jika tidak, benih yang sudah kamu pilih dengan hati-hati akan terbuang percuma. Nah, karena sangat penting pembahasan tentaangan penanaman dan perawatan tanaman kopi ini, akan saya bahas terpisah. Kamu bisa membaca artikelnya disini : Mudah! Cara Menanam Kopi dan Merawatnya

Proses Panen

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Oke, kita anggap kamu sudah menanam kopi selama satu masa panen kopi, yang berkisar 8-11 bulan, dari masa tanam. Jadi, sekarang sudah bisa memanen kopi yang sudah kamu tanam, cara-cara memanen kopi banyak sekali, berikut adalah beberapa cara memanen kopi adalah :

  • Pemetikan selektif. 

Pada cara Pemetikan Selektif ini, kamu melakukan pemetikan pada buah kopi yang sepenuhnya matang sempurna, sisanya dibiarkan untuk masa panen selanjutnya.

  • Pemetikan setengah selektif. 

Pada cara Pemetikan Setengah Selektif, kamu melakukan pemetikan pada semua buah kopi, dengan catatan pada satu bongol/batang buah kopi terdapat banyak buah kopi matang sempurna. Presentasenya adalah 80-90 Kopi matang sempurna dan 1-20% Kopi mentah.

  • Pemetikan serentak atau petik racutan. 

Pada cara Pemetikan Serentak ini, kamu melakukan pemetikan pada semua buah kopi, termasuk buah kopi yang masih mentah. Cara pemetikan ini, biasanya dilakukan pada akhir musim panen.

  • Lelesan

Pada cara pemetikan lelesan ini, kamu hanya memungut buah-buah kopi yang berjatuhan di tanah. Karena sudah terlalu matang.

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk ikut menjadi penati kopi? Khusus untuk kamu, saya sudah menyiapkan artikel tentaang Menanam Kopi dan Merawat kopi, yang bisa kamu baca artikelnya disini : Mudah! Cara Menanam Kopi dan Merawatnya

Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751