Skip to main content

Sale Pisang: Makanan Khas Pacitan yang Unik dan Melegenda

Sale Pisang Pacitan. Kalau kamu datang di kota Pacitan, rasanya tidak afdhol kalau belum mencicipi jajanan atau makanan khas Pacitan ini, yaitu sale pisang.

Sale Pisang: Makanan Khas Pacitan yang Unik dan Melegenda

Apa Itu Sale Pisang?

Sale pisang adalah makanan khas pacitan terbuat dari irisan pisang awak yang dikeringkan. Karena bahan utamanya adalah pisang, sale pisang ini rasanya sudah tentu manis tanpa pemanis buatan lagi.

Irisan pisang yang sudah kering, dibungkus dengan cara digulung membulat dengan daun pisang awak yang dikeringkan. Namun, karena keterbatasan daun pisang yang lebar, belakangan ini sale pisang dibungkus dengan plastik yang sama bulatnya hingga menyerupai buah anggur.


Bagaimana Cara Membuat Sale Pisang Khas Pacitan

Bagaimana Cara Membuat Sale Pisang Khas Pacitan
Sale pisang dibungkus daun pisang

Penasaran dengan cara membuat sale pisang khas Pacitan? Sebelum tahu bagaimana cara membuat sale pisang, yuk kita intip apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat oleh-oleh khas Pacitan ini.

  • Bahan Untuk Membuat Sale Pisang yang termasuk makanan khas Pacitan tradisional hanyalah pisang awak beserta daunnya. Untuk membuatnya, bisa dibilang mudah mudah sulit. 
  • Pilih pisang awak yang sudah matang. Hal ini akan menambah rasa manis dan legit dari sale pisang tersebut. Kupas pisang dan iris tipis dengan pisau (lebih tipis dari membuat pisang goreng). Setelah itu masuk pada tahap penjemuran.
  • Setelah proses penjemuran dan dipastikan sudah cukup kering, sale pisang berasal dari Pacitan ini akan memasuki tahap pembungkusan.
  • Irisan dari sale pisang yang sudah kering ditumpuk menjadi satu lalu digulung kecil dan rapi. Setiap satu gulungan, bisa berisi 4 sampai 5 irisn pisang sale.
  • Bungkus gulungan pisang tadi dengan daun pisang awak yang sudah mengering. Ikat atasnya menggunakan tali yang berasal dari bambu  yang diiris tipis hingga menyerupai cumi-cumi. Lakukan sampai selesai proses pembungkusan sale pisang.
  • Untuk lebih memikat pembeli, Bentuk satu paket sale pisang  dengan beberapa bungkusan pisang dan tata melingkar seindah mungkin. Percayalah, makanan khas Pacitan ini akan kelihatan unik dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh buat para tetangga setelah kamu mengunjungi kota kelahiran Pak SBY ini.

Baca Juga: Resep Nagasari Tepung Beras Rose Brand


Berapa Lama Penjemuran Sale Pisang?

Untuk berapa lama penjemuran sale pisang ini tidak bisa disamaratakan. Jika waktunya musim panas, lama penjemuran sale pisang bisa lebih cepat, antara dua sampai 3 hari. Yang pasrti jemurlah pisang sale ini di bawah sinar matahari langsung.

Berapa Lama Penjemuran Sale Pisang?
Proses penjemuran sale pisang

Namun, jika cuaca mendung, tentu proses penjemuran ini akan memerlukan waktu yang lebih lama. Bisa satu minggu bahkan lebih.


Berapa Lama Pisang Sale Bisa Bertahan

Berapa lama pisang sale bisa bertahan? tentunya ini juga tergantung dengan tingkat kekeringan sale pisang saat dijemur. Namun, pada umumnya sale pisang ini bisa bertahan sampai dengan lima bulan pada suhu ruangan.

Baca Juga: Resep Kolak Pisang dan Cara Membuatnya


Sale Pisang Anggur Bentuk Unik Lain dari Oleh-Oleh Pacitan

Jika di atas tadi kita membahas membuat sale pisang sederhana atau yang dibungkus dari daun pisang awak yang kering, untuk sale pisang anggur ini menggunakan plastik bening untuk membungkusnya.

Sale Pisang Anggur Bentuk Unik Lain dari Oleh-Oleh Pacitan
Makanan Khas Pacitan: Sale pisang anggur

Ini adalah alternatif pengganti daun pisang yang cara pembuatannya cukup merepotkan dan bahan bakunya kadang sulit ditemukan.

Bukan hanya itu, sale pisang anggur ternyata juga dapat meningkatkan daya beli masyarakat karena keunikannya. 

Ada lagi cara pembungkusan sale pisang yang tak kalah uniknya, yaitu dengan dibungkus memakai kertas krep beraneka warna dan dibungkus lagi dengan plastik bening untuk efek kilauannya. 

Sale Pisang Anggur Bentuk Unik Lain dari Oleh-Oleh Pacitan
Sale pisang warna warni

Dengan bungkus yang warna warni tentunya bisa menambah keelokan tampilan sale pisang anggur ini. Namun, pada sebagian orang banyak yang masih lebih memilih sale pisang makanan khas pacitan yang dibungkus dengan daun pisang. 

Mereka menilai tingkat kesedapan daun pisang akan menambah cita rasa dari sale pisang ini dibanding dengan membungnya dengan Plastik.

Itulah tadi serba serbi dari makanan khas Pacitan yaitu sale pisang. Ada bahan apa saja untuk sale pisang, cara membuat sale pisang khas Pacitan, berapa lama penjemuran sale pisang, berapa lama pisang sale bisa bertahan sampai dengan keunikan sale pisang dari segi bentuknya.

Untuk kamu yang penasaran dengan sale pisang, bisa langsung order di jual sale pisang online atau membuatnya sendiri di rumah. 

Sayangnya, pisang awak ini jarang sekali ditemukan selain di kota Pacitan. Namun, bukan berarti nggak ada, kan? -- Sale Pisang: Makanan Khas Pacitan yang Unik dan Melegenda By Shalys Chan --


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->