Skip to main content

Mengenal Tanaman Porang dari Cara Menanam Pohon Porang Sampai Manfaatnya

Mengenal Tanaman Porang dari Cara Menanam Pohon Porang Sampai Manfaatnya

Tentang Tanaman Porang, Dari Manfaat Tanaman Porang sampai Cara Menanamnya

Mengenal Tanaman Porang. Kalian pernah dengar tentang tanaman porang? Pasti pernah kan, ya. Soalnya tanaman ini lagi nge-hits dan sering dibicarakan oleh masyarakat belakangan ini.

Tanaman porang adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang biasanya hidup di semak-semak. Tanaman ini mempunyai biji yang banyak berwarna hijau. Dan akan memerah jika sudah matang. Nama lain tanaman porang ini adalah tanaman iles atau tanaman iles-iles.

Dulu aku mengira tanaman porang sebagai pakan ular. Tidak disangka ternyata tanaman porang ini banyak sekali manfaatnya dan nilai jualnya pun sangat tinggi.


Cara Menanam Pohon Porang Agar Sukses Panen

Penasaran ingin tahu cara menanam pohon porang? Sebenarnya tanaman porang sendiri bisa hidup tanpa perawatan khusus. 

Namun, jika ingin memanfaatkan tanaman porang sebagai bisnis, tentu kalian juga harus tahu cara bercocok tanam porang dengan benar agar hasilnya pun bisa maksimal.

Bagaimana cara bercocok tanam porang yang benar? Sebelum kalian mengetahui cara menanam pohon porang, ada baiknya kamu kenalan dulu dengan tanaman iles ini. Yuk ikuti artikel di bawah ini:


Fakta Tentang Tanaman Porang

Tanaman porang suka dengan tahah gembur. Cari tanah yang gembur, tapi tidak terlalu basah. Lebih bagus lagi jika lahannya adalah tanah liat bercampur pasir.

Perhatikan wilayah yang akan menjadi lahan tanaman porang. Tanaman porang ini bagusnya ditanam di dataran tinggi dengan 100-600 mdpl. Tentunya dengan sinar matahari yang tercukupi

Tanaman porang adalah tanaman yang tidak bisa berdiri sendiri. Ia memerlukan inang untuk pertumbuhannya. Kalian bisa pakai pohon jahe, pisang, jati, atau pun mahoni.


Cara Bercocok Tanam Porang

Berikut adalah cara bercocok tanam porang yang bisa sukses menghasilkan umbi porang yang berkualitas.

  1. Siapkan lahan terlebih dahulu dengan persyaratan lahan untuk tanaman porang seperti di atas. Cari tanah yang gembur berpasir dengan wilayah dataran tinggi dan ada pohon lain sebagai inangnya.
  2. Buat penegak tanaman agar tetap berdiri. Kalian bisa memanfaatkan kayu panjang atau bisa juga dengan batang bambu.
  3. Tancapkan batang bambu ke lahan tanaman porang dengan jarak 1 meter x 1 meter agar pertumbuhan umbi porang bisa membesar sempurna.
  4. Langkah selanjutnya untuk cara bercocok tanam porang adalah dengan menggali lubang sesuai ukuran bibit tanaman porang. Biasanya berkisar antara 20 cm x 20 cm x 25 cm.
  5. Dengan tunas yang menghadap ke atas, masukkan bibit tanaman porag pada lubang yang telah dilubangi tadi.
  6. Langkah terakhir dalam cara menanam pohon porang adalah dengan menutup lubang yang telah ada bibitnya tadi setebal 3 cm.
  7. Jangan lupa untuk memberi pupuk pada tanaman porang secara berkala.

Maksimalnya produksi dan kesuburan tanaman porang dapat distimulasi dengan lakukan penyiangan, pemupukan, dan penyelamatan pohon inangannya. Dalam periode waktu dua tahun sesudah di tanam, tanaman porang bisa dipanen.


Catatan Cara Menanam Pohon Porang

Kalian tadi sudah tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalam memanam tanaman porang. Juga tentang cara bercocok tanam porang. Untuk cara menanam pohon porang, dilihat dulu bibitnya pakai apa. Apa itu pakai biji bintil (katak), umbi, ataukah dari bijinya.

Berikut cara menanam pohon porang berdasarkan bibitnya tadi:

  • Jika bibit tanaman porang menggunakan biji bintil, pastikan tunasnya menghadap ke atas. Agar pertumbuhan tanaman iles ini bisa tumbuh cepat dan sempurna. 
    Cara Menanam Pohon Porang
    Cara Menanam Pohon Porang

  • Jika bibit tanaman porang menggunakan umbi, kalian tidak perlu memikirkan peletakan umbi porangnya. Nanti kalau tunas, tunas tersebut akan mencari jalan keluarnya sendiri. 
    Cara Menanam Pohon Porang
    Cara Menanam Pohon Porang

  • Jika bibit tanaman porang menggunakan biji, berhati hatilah saat memasukkan biji tersebut. Agar jika tumbuh akar, akar tanaman porang bisa kuat muncul di permukaan. 
    Cara Menanam Pohon Porang
    Cara Menanam Pohon Porang


Tanaman Porang Manfaatnya Apa?

Pasti kaian bertanya-tanya tanaman porang untuk apa? Dulu tanaman ini sering dianggap gulma. Namun, setelah penelitian menunjukkan beberapa manfaat tanaman porang, harga umbi porang pun semakin melejit dan banyak yang membudidayakannya.

Lalu, sebenarnya tanaman porang manfaatnya apa?

Umbi tanaman porang jika berada di tangan orang yang mampu mengolahnya, ini akan bisa menjadi sesuatu yang sangat berguna. 

Tanaman Porang Manfaatnya Apa
Tanaman Porang Manfaatnya Apa

Umbi tanaman iles ini bisa digunakan sebagai campuran pada industri kertas, lem (perekat), kain katun, sampai dengan campuran cat.

Umbi porang juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih air, bahan obat-obatan, sampai pada silikon untuk isolator listrik lho?

Apa sampai di sini kegunaan tanaman porang untuk apa saja?

Tidak! Umbi porang juga bisa dibuat makanan dalam bentuk mie, lho. Kalian pernah dengar mie shirataki, kan? Nah, itu bahan utamanya adalah tanaman porang.

Tanaman Porang Manfaatnya Apa
Tanaman Porang Manfaatnya Apa

Ada lagi, tanaman porang manfaatnya juga bisa untuk bahan pengental es krim dan juga bisa buat tepung.

Tentang tanaman porang ini, banyak sekali kan manfaatnya. Pantas jika harga jualnya bisa tinggi dan melejit dibanding dengan umbi-umbian lainnya. Padahal, cara menanam pohon porang bisa dibilang sangat mudah.

Bila menyaksikan berita yang diberi bermacam media dan dalam masyarakat sendiri, prediksi nilai jual dan keuntungan yang dapat didapat petani lumayan besar. Dengan penghitungan kasar tempat satu hektar, modal yang dikeluarkan sejumlah Rp 360.000.000, karena itu dalam dua musim atau seputar 18 bulan dapat didapat omset sampai 3 miliar rupiah. Angka yang menarik kan?


Jenis-Jenis Tanaman Porang

Jenis-Jenis Tanaman Porang
Jenis-Jenis Tanaman Porang

Ada banyak jenis tanaman porang, tetapi di Indonesia katanya hanya ada 3 jenis, yaitu: A. Variabilis, A. Oncophyllusdi, dan A. Campanulatus.

Untuk bahan pangan, industri pangan menggunakan jenis tanaman porang A. Variabilis dan A. Campanulatus.

Sedangkan jenis A. Oncophyllusdi biasa digunakan untuk non pangan. Entah itu kertas, tekstil, karet, ataupun yang lainnya.


Harga Tanaman Porang di Pasaran

Bila menyaksikan berita yang dari bermacam media dan dalam masyarakat sendiri, prediksi nilai jual dan keuntungan yang dapat didapat petani tanaman porang lumayan besar. 

Harga porang sendiri dapat menyentuh harga Rp2.500 untuk satu umbi dengan berat 4 kg. Untuk luas 1 hektar dapat ditanamkan sekitar 6.000 bibit, hingga dapat hasilkan 24 ton/hektar.

Tanaman Porang Manfaatnya Apa
Mengenal tanaman porang

Dengan penghitungan kasar tempat satu hektar, modal yang dikeluarkan sejumlah Rp 360.000.000, karena itu dalam dua musim atau seputar 18-24 bulan dapat didapat omset sampai 3 miliar rupiah. Woow. Angka yang menarik, kan?

Tanaman porang memanglah bisa menjadi satu alternative yang bagus untuk menambahkan penghasilan. Tetapi, untuk memperoleh keuntungan optimal pasti kalian wajib melakukan banyak penelitian dan eksperimen, supaya penanaman yang dilaksanakan dapat memberi hasil yang terbaik.

Bagaimana? Ingin menanam pohon porang? Kalau aku, sih, yes. Hahaha. Dengan memperthatikan kemudahan bertanam tanaman porang, kegunaan yang luar biasa serta harga yang lumayan cukup mahal, tentunya banyak dong di antara kalian semua yang ingin membudidayakan tanaman porang?  -- Mengenal Tanaman Porang dari Cara Menanam Pohon Porang Sampai Manfaatnya By Shalys Chan --

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->