Skip to main content

Penggunaan Kata Di yang Benar. Begini Cara Menulisnya

Penggunaan kata Di yang benar. Kira-kira yang benar itu di dalam atau di dalam ya? Di masak atau dimasak? Hehehe ... tidak usah bingung. Yuk kita belajar sama-sama tentang cara penulisan Di yang benar.

Penggunaan Kata Di yang Benar. Begini Cara Menulisnya

Materi tentang penggunaan kata Di yang benar ini adalah materi paling dasar. Namun, sering kujumpai para penulis platform kepenulisan yang sudah menghasilkan banyak novel di akunnya masih ada yang salah.

Aku bukan penganut paham PUEBI dan KBBI garis keras. Aku sering juga melanggar PUEBI dan KBBI. Namun, urusan penggunaan kata Di yang benar ini tidak bisa ditoleransi kesalahannya. 

Kenapa? Karena salah kepenulisan saja bisa berakibat jauh menyimpang soal arti. Nanti kita bahas di akhir artikel ini.


Bagaimana Penggunaan Di yang Benar Itu? Apa Perbedaan Di Dipisah dan Digabung?

Jika memang salah peletakan Di saja bisa mengubah arti, lalu bagaimana cara penggunaan Di yang benar dalam ilmu PUEBI? Bagaimana perbedaan Di dipisah dan digabung?


Penulisan Kata Di yang Benar Bila Disambung

Bagaimana Penggunaan Di yang Benar Itu? Apa Perbedaan Di Dipisah dan Digabung?
Penulisan Kata Di yang Benar Bila Disambung

Bagaimana penulisan kata Di yang benar jika disambung? Penulisa Di yang benar bila disambung adalah ketika Di bertemu dengan kata kerja pasif. Ngerti kan kata kerja pasif itu seperti apa?

Contoh kata di'' yang disambung

  • Ikan hasil tangkapan Arya dimasak oleh Amira.
  • Ponsel Andi dibanting Rahma karena berdering terus.

Dimasak, dibanting, penulisannya harus disambung, karena bertemu dengan kata kerja pasif. Masak dan banting termasuk kata kerja, kan?


Kapan Kata 'Di' dipisah?

Bagaimana Penggunaan Di yang Benar Itu? Apa Perbedaan Di Dipisah dan Digabung?
Kapan Kata 'Di' dipisah?

Penggunaan kata depan Di, dipisah apabila bertemu dengan keterangan waktu atau tempat, atau yang lainnya yang bukan kata kerja pasif. Pokoknya jika tidak bertemu kata kerja, berarti dipisah.

Contoh kata di'' yang dipisah

  • Indra mendekam di penjara karena kasus penipuan.
  • Andara belanja ikan di pagi hari.

Contoh pertama adalah Di yang bertemu dengan keterangan tempat, yaitu penjara. Jadi, Di harus dipisah.

Contoh yang ke dua, Di bertemu dengan keterangan waktu, yaitu pagi. Jadi, penggunaan kata Di yang benar dalam contoh di atas adalah dipisah.

Sampai sini paham, kan? Oke. Aku anggap paham. Kita masuk ke contoh lain.


Disetiap Atau Di setiap

Tinggal dipikir saja, kira-kira setiap itu kata kerja atau bukan? Jelas bukan, dong? maka yang benar adalah Di setiap


Penulisan Diantaranya dipisah atau digabung

Sama saja seperti contoh penulisan Di yang benar di atas. Antara itu kata kerja atau bukan. Menurutku Antara bukan kata kerja, jadi penulisannya harus dipisah. Menjadi Di antaranya


Bagaimana Cara Menentukan Itu Kata Kerja Atau Bukan?

Nah, kalian bingungnya di sini, kan? Namun, masak sih kalian kalian nggak tahu kata kerja. Sekolah Dasar materi Bahasa Indonesia dulu dapat berapa? Hahahahaa ... becanda.

Kita mengetahui kata kerja yang paling simpel dan mudah adalah coba tambahkan 'me' pada kata sesudah Di. Kalau ada artinya, berarti kata kerja. Katau tidak ada, berarti bukan kata kerja.

Contoh:

  1. Di setiap. Adakan menyetiap? 
  2. Di malam hari. Adakah memalam hari?
  3. Di masa itu. Adakah memasa itu?

Tidak ada kan? Berarti itu bukan kata kerja, dan penggunaan kata Di yang benar harus DIPISAH.


  1. Dimakan. Adakah memakan?
  2. Dimasak. Adakah memasak?
  3. Disakiti. Adakah menyakiti?

Ada, kan? Berarti penggunaan kata di yang benar dalam contoh di atas adalah DISAMBUNG.


  1. Di Penjara. Adakah memenjara?
  2. Di Balik. Adakah Membalik.

Ada, kan? Namun, penjara dan balik juga ada yang kata tempat. Jadi bagaimana cara penulisan Di yang benar? Ya sesuaikan keadaan.

Gampang, kok. 


Lalu, kenapa tadi aku bilang penulisan Di yang salah bisa berakibat fatal? Kita lihat contoh di bawah ini:

  1. Ada udang di balik batu.
  2. Ada udang dibalik batu.

Kira-kira dalam contoh penggunaan kata Di yang benar di atas yang mana? Bingung? Hahahahaa. Dua-duanya benar. Tinggal lihat situasi dan kondisi saja.

  • Ada udang di balik batu: Berarti ada udang yang posisinya di balik batu. Karena kata balik di sini adalah bukan kata kerja pasif, melainkan kata tempat. Yaitu Di baliknya batu.
  • Ada udang dibalik batu: Berarti ada udang yang sedang dibalik oleh batu. Kalau ini cerita bergenre fantasi, mungkin bisa batu membalik udang. Kalau ini kisah nyata, nggak mungkin, dong, ada batu yang bisa membalik udang.

Jadi, balik di sini bukanlah kata kerja, melainkan kata tempat. Jadi, contoh penggunaan kata di yang benar dan pantas di atas adalah yang nomor 1. Ada udang di balik batu.

Salah penulisan ternyata bisa berakibat fatal, kan? So, apa kalian masih tetap menganggap cara penulisan Di yang benar ini tidaklah penting? -- Penggunaan Kata Di yang Benar. Begini Cara Menulisnya By Shalyschan --


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->