BLANTERVIO103

Jenis Kain Katun Rayon dan Cara Merawatnya

Jenis Kain Katun Rayon dan Cara Merawatnya
Kamis, 11 Maret 2021

Bahan katun rayon bisa dibilang kain multifungsi yang bisa digunakan untuk bermacam jenis kepentingan. Ada yang untuk mukena bahan rayon, daster bahan rayon, gamis bahan rayon, dan lainnya. 

Jenis Kain Rayon dan Cara Merawatnya

Walau sama dinamai rayon, tetapi kain rayon yang dipakai sebagai bahan baju dan pendamping keperluan setiap hari sesungguhnya dapat ditemui dalam bermacam jenis variasi lho.


Apa Itu Jenis Kain Rayon?

Kain rayon atau bahan rayon adalah salah satu kain yang dibuat dari pergantian serat selulosa, semacam material alami yang diambil dari dinding sel tumbuhan atau pulp kayu yang dicampurkan. 

Karena tidak dapat dikelompokkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sebenarnya, jadi kain rayon ini biasa dikatakan sebagai serat semisintesis.

Melihat dari sejarah bahan rayon sendiri kabarnya pertama kali ditingkatkan di Perancis semenjak tahun 1884, dengan seorang periset namanya Hilaire de Chardonnet. Hal yang mendasari penemuan itu ialah Hilaire de Chardonnet ingin membuat kain alternatif kain sutra yang harga memang lumayan mahal.

Maklum lah. Kain sutra kan mahal halus dan lembut. Kalau kain bahan rayon ini halus adem dan lembut. Karena harga sutra yang mahal jadi pengen ada KW nya. Yaitu bahan rayon ini.

Dari bermacam tipe tumbuhan yang ada, ada tiga spesies pohon yang tersering dipakai dalam pengerjaan bahan rayon yaitu pinus, hemlock dan cemara. 

Untuk hasilkan bahan kain yang kuat, serat rayon sering digabung dengan bahan kimia dan digabungkan dengan serat spandek, jersey atau PE (poliester). Makanya ada kain spandek rayon atau spandek jersey. 


Kelebihan dan Kekurangan Jenis Bahan Katun Rayon

Beberapa karakter yang jadi keunggulan pada jenis kain rayon, salah satunya adalah adeeeem banget. Ada sedikit kekurangan, yaitu gampang menyusut dan sobek. Makanya, daster emak-emak itu banyak yang sobek tapi tetap dipakai.

Karena tidak sekeras rami atau katun alami, jenis kain rayon bisa menjadi gampang hancur bila terserang cahaya matahari dalam periode waktu lama atau basah. Beberapa faktor lain seperti asam, jamur dan setrika dicemaskan bisa menghancurkan kain rayon. Nah, kan!


Jenis Jenis Kain Rayon

Ingin menjahit atau ingin punya jenis kain rayon untuk daster, mukena atau gamis? Untuk mempermudah kalian saat menentukan kain rayon, berikut aku bagi beberapa referensi tipe kain rayon yang cukup terkenal dan dicari beberapa orang. Biar kalian nggak bingung.

Seperti kain katun yang umum dipakai untuk bikin baju, jenis kain rayon sendiri sesungguhnya ada dalam bermacam jenis variasi. Dimulai dari bahan rayon viscose, bahan rayon uniqlo, rayon spandek, kain rayon jersey, kain rayon crinkle, kain rayon PE (poliester) sampai kain rayon janger.


1. Bahan Rayon Viscose

Dalam industri tekstil kain rayon dikenali bernama rayon viscose atau istilah rayon viscosa. Kain rayon ini jadi salah satunya tipe kain favorite beberapa wanita, karena dari sisi kualitas sangatlah baik, Banyak pilihan warna dan harganya juga cukup terjangkau.

Jenis Jenis Kain Rayon Bahan rayon viscose
Bahan rayon viscose

Sebagai salah satunya tipe kain yang berkualitas tinggi, jenis kain rayon ini biasanya sering dipakai untuk bikin bermacam tipe produk mode. Beberapa produk mode yang diartikan diantaranya untuk tunik, gamis kain rayon, blus wanita, dan rok wanita dalam bermacam macam design.


2. Bahan Rayon Uniqlo 

Bahan rayon Uniqlo adalah tipe kain rayon yang paling halus dan nyaman (dingin), Dengan basic kain katun. beberapa orang yang memakainya untuk tunic, dress, baju, sampai mukena premium.

Jenis Jenis Kain Rayon Bahan rayon Uniqlo
Bahan rayon Uniqlo

Ketidaksamaan Rayon Uniqlo dengan Rayon biasa ialah di tingkat kerapatan yarn (benang) nya. Rayon Uniqlo lebih rapat dari Rayon biasa. Oleh karena itu hasilkan kualitas kain yang lebih bagus.


3. Jenis Kain Rayon Spandek

Kain rayon spandek terhitung di dalam salah satunya tipe bahan kain yang dibikin dari kombinasi serat rayon dan spandek. Kain ini pada umumnya mempunyai beberapa ciri yang paling ciri khas yaitu warna ceria, halus, fleksibel dan gampang melar.

untuk kegunaannya di kehidupan setiap hari, jenis kain rayon spandek ini pada umumnya bisa dipakai untuk bermacam keperluan, contoh sebagai bahan pengerjaan baju olahraga, kaos dan lain-lain.

Jenis Kain Rayon Spandek
Kain rayon spandek

Jenis kain rayon spandek benar-benar pas untuk bikin baju olahraga. Dengan karakter berbahan yang gampang meresap keringat, halus dan lentur, baju olahraga yang dibikin dari kain rayon spandek akan membuat badan lebih bebas bergerak.

Kain rayon spandek bisa digunakan untuk bikin kaos. Kaos yang diartikan yaitu berbentuk kaos manset yang umum jadi sebagai baju dalam saat seorang kenakan pakaian yang condong tipis atau cukup menerawang.


4. Jenis Kain Rayon Jersey

Jenis kain rayon jersey sebagai semacam kain yang dibuat dari kombinasi di antara benang serat rayon dan serat jersey. Dibanding dengan bahan rayon yang lain, kain rayon jersey ini umunya memiliki sifat lebih rapat dan harga lebih ekonomis.

Berkaitan dengan kegunaan di kehidupan setiap hari, bahan rayon jersey ini pada umumnya bisa dipakai untuk bermacam keperluam, contoh sebagai bahan pengerjaan gamis, rok wanita sampai pashmina.

Jenis Jenis Kain Rayon Jersey
Jenis kain rayon jersey

Gamis wanita jadi salah satunya produk pendamping sandang yang banyak dibikin dari kain rayon jersey. Gamis wanita yang dibikin dari jenis kain rayon jersey mempunyai serat kain yang lebih rapat dan padat, dengan begitu saat digunakan tidak menerawang.

Hijab pashmina sebagai salah satunya produk mode wanita yang lebih dikenali beberapa orang sebagai selendang memiliki ukuran besar. Satu diantara keunggulan hijab pashmina yang dibikin dari bahan kain rayon yakni gampang untuk dikenai dan dikreasikan ke bermacam mode hijab yang memikat.

Kain rayon dapat dipakai untuk bikin rok wanita dengan bermacam jenis mode. Rok wanita sendiri sebagai baju penutup badan sisi bawah yang dibikin langsung jadi satu sisi untuk tutupi semua atau beberapa kaki penggunanya.

Baja Juga : 


5. Jenis Kain Rayon Crinkle

Jenis kain rayon crinkle adalah jenis rayon yang struktur permukaan atasnya tidak rata, tetapi malah berkerut seperti kulit jeruk.

Jenis Jenis Kain Rayon
Jenis kain rayon crinkle

Dengan karakter berbahan yang halus, dingin dan mempunyai penampilan tidak biasa, kain rayon crinkle benar-benar pas dipakai sebagai bahan pengerjaan dress. 


6. Jenis Kain Rayon PE

Bahan rayon PE sebagai tipe kain yang dibuat dari kombinasi serat poliester dengan serat rayon. Ketidaksamaan tingkat gramasi dan kombinasi di antara ke-2 bahan itu benar-benar tentukan harga dan kualitas kain yang dibuat.

Jenis Jenis Kain Rayon
Jenis kain rayon PE

Berkaitan dengan kegunaan sehari-hari, kain rayon PE (poliester) umumnya sering dipakai sebagai bahan pengerjaan mukena bahan rayon. Mukena sendiri sebagai semacam baju pendamping yang umum dikenai oleh beberapa kaum muslim, khususnya untuk beberapa muslim wanita di Asia Tenggara.

Baca Juga : Pola dan Cara Membuat Mukena Sendiri


Cara Merawat Jenis Kain Rayon

Kalian punya beberapa koleksi baju atau mukena yang dibikin dari bahan kain rayon? Untuk jaga wujud dan kualitas baju rayon agar tahan lama coba beberapa panduan menjaga produk memiliki bahan rayon yang aku rangkum di bawah ini.

1. Cara Mencuci Jenis Kain Rayon

Kain rayon sebagai tipe kain yang tidak konstan, hingga gampang merenggang dan menjadi kecil. Untuk hasil terbaik, seharusnya bersihkan produk baju dan mukena memiliki bahan rayon memakai tangan dan air hangat.

Jauhi memeras atau memutar kain begitu kuat karena bisa membuat berbeda wujud dan gampang hancur. Ingatlah kembali jika pada keadaan basah kemampuan bahan rayon akan menyusut (cuman sisa 50-70% dari kemampuan sebelumnya saat kering).

Baca Juga : Bahan Rayon Termasuk Jenis Kain yang Menyusut Setelah Dicuci


2. Cara Menjemur Jenis Kain Rayon

Agar baju dan mukena rayon kecintaan kaliam bisa lebih cepat kering dan memiliki bentuk selalu terlindungi secara baik, menggantung baju dan mukenamu dengan memakai hanger memiliki bahan plastik atau hanger yang memiliki bahan empuk saat menjemurnya.


3. Cara Menyetrika Jenis Rayon

Untuk membenahi penampilan produk rayon yang terlanjur kusut, kalian dapat menyetrika bagian sisi dalam baju. Ini penting untuk kalian lakukan supaya permukaan sisi baik kain tetap sama warna jadi mengkilat karena bersinggungan langsung dengan panas setrika. Yaaa ... agar warnanya tetap jreeng.


4. Cara Menyimpan Jenis Kain Rayon

Sesudah baju dan mukena dengan bahan rayon usai di cuci, diperas, dijemur, dan disetrika, setelah itu taruh di lemari dengan di menggantung. Jangan dilipat, ya. Nanti kusut lagi. Sedapat mungkin hindari produk memiliki bahan rayon dari lokasi yang lembab, karena akan mengakibatkan hadirnya jamur.


Kesimpulan dari Artikel Jenis Kain Rayon dan Cara Merawatya

Itu tadi ulasan singkat terkain jenis kain rayon dan cara merawatnya. Juga aplikasinya pada bermacam jenis produk pendamping keperluan setiap hari. 

Bukan hanya unggul dari sisi kualitas berbahan, tetapi produk yang dibikin dari kain rayon biasanya mempunyai harga yang condong lebih berteman dibandingkan yang lain. Apalagi sutra. WoW banget harganya. Semoga Bermanfaat 

Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751