Skip to main content

Cara Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel

Inspirasi dalam menulis novel. Sebelum kalian menulis novel, terlebih dahulu haruslah mengerti beberapa cara membuat novel yang salah satunya adalah mencari inspirasi dalam menulis novel.

Jika tidak ada inspirasi dalam menulis novel, bagaimana bisa novel itu jadi?

Tips Mendapatkan Ide atau Inspirasi dalam Menulis Novel

Tips Mendapatkan Ide atau Inspirasi dalam Menulis Novel

Sering penulis pemula bingung atas mencari ide inspirasi dalam menulis novel. Akhirnya mereka menulis tanpa inspirasi. Hanya mengarang biasa tanpa adanya pegangan dan hanya mengandalkan khayalan.

Apa itu boleh?

Boleh saja. Tidak masuk neraka, kok. Hahahahaa. Namun, alangkah baiknya jika kalian menulis novel haruslah punya pegagan ide inspirasi dalam menulis Novel.

Kenapa?

Karena cerita yang berbentuk novel adalah karangan yang terdiri dari beberapa bab yang dituntut harus menarik sehingga pembaca seakan dibawa dan masuk dalam cerita yang kalian tulis.


Bagaimana Cara Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel?

Berikut beberapa ide untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis novel yang biasa aku pakai. Apa saja itu? 

1. Inspirasi Dalam Menulis Novel dari Pengalaman Pribadi

Inspirasi Dalam Menulis Novel dari Pengalaman Pribadi
Inspirasi Dalam Menulis Novel dari Pengalaman Pribadi

Menulis pengalaman pribadi bukan melulu soal menulis autobiografi ataupun memoar. Kalian juga bisa menulis pengalaman pribadi dalam novel kalian.

Tidak usah malu atau ragu untuk menuangkan pengalaman pribadi kalian untuk menjadikan inspirasi dalam menulis novel.

Jika pengalaman pribadi kalian pahit, itu akan membuat para pembaca yang masuk dalam cerita kalian untuk mengambil manfaat dari pengalaman kalian.

Begitu juga sebaliknya, jika pengalaman pribadi kalian tergolong indah, pembaca akan terbawa suasana keindahan cerita kalian dan akan menjadi hiburan tersendiri.


2. Cerita Teman Dapan Digunakan Untuk Inspirasi dalam Menulis Novel

Cerita Teman Dapan Digunakan Untuk Inspirasi dalam Menulis Novel
Cerita Teman Dapan Digunakan Untuk Inspirasi dalam Menulis Novel

Kalian pasti pernah kan dicurhatin teman? atau tahu masalah A sampai Z teman kalian? Nah, pengalaman teman kalian tersebut bisa kalian jadikan inspirasi dalam menulis novel.

Tidak harus sama persis ceritanya. Berilah sedikit bumbu fiksi agar lebih sedap dibaca. Tapi ingat, sebelum membuat inspirasi dalam menulis novel dari cerita teman, sebaiknya kalian izin yang bersangkutan dulu, ya.


3. Film Bisa Jadi Inspirasi Dalam Menulis Novel

Film Bisa Jadi Inspirasi Dalam Menulis Novel
Film Bisa Jadi Inspirasi Dalam Menulis Novel

Misal nih, kalian nonton film yang kalian sukai tapi endingnya tidak sreg dengan yang kalian ingin. Dari situ kalian bisa meng-explore film tersebut menjadi ide inspirasi dalam menulis novel yang kalian inginkan.

Gampang, kan? Seorang penulis itu enak, ljo. Bisa menulis apapun yang ia mau. Asal ada inspirasi dalam menulis novel.


4. Dengarkan Musik Maka Kamu Akan Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel

Dengarkan Musik Maka Kamu Akan Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel
Dengarkan Musik Maka Kamu Akan Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel

Siapa nih yang menyukai musik? seluruh orang kelihatannya mempunyai hoby yang ini. Iya dengarkan musik menjadi alternative saat kamu berasa tulisan yang kalian bikin menjemukan. 

Dengar lagu favorite kalian. Karena mendengarkan musik dapat menghidupkan elemen positif dan mood kita. Musik membuat kita santai, hingga dapat membuat kita lebih fokus saat menulis.

Bukan hanya itu, jika kalian mampu menghayati, lirik-lirik musik itu bisa menjadi inspirasi dalam menulis novel, lho. Enak kan?


5. Banyak Membaca Buku juga Baik Untuk Inspirasi dalam Menulis Novel

Banyak Membaca Buku juga Baik Untuk Inspirasi dalam Menulis Novel
Banyak Membaca Buku juga Baik Untuk Inspirasi dalam Menulis Novel

Banyak dan senang membaca baku, baik itu fiksi atau non fiksi itu bisa menolongmu agar semakin sensitif dan gampang untuk cari ide inspirasi dalam menulis novel, loh.

Makin banyak buku yang kalian baca akan makin kaya wacana kalian  hingga kamu tidak kekurangan ide inspirasi dalam menulis novel yang akan kamu garap. 

Dengan beberapa membaca, kosa kata kalian  akan semakin bertambah. Diksi kalian  akan semakin bagus. So, bila kalian kesusahan untuk cari ide dalam mendapatkan inspirasi menulis, ambil buku dan bacalah.


6. Buka Kembali Tulisanmu yang Dulu Bisa Untuk Mendapatkan Inspirasi Dalam Menulis Novel

Buka Kembali Tulisanmu yang Dulu Bisa Untuk Mendapatkan Inspirasi Dalam Menulis Novel
Buka Kembali Tulisanmu yang Dulu Bisa Untuk Mendapatkan Inspirasi Dalam Menulis Novel

Bukalah kembali tulisan cerpen, atau novel kalian yang telah termuat di majalah atau tulisan di platform kepenulisan yang kamu bikin di masa lampau. 

Hal itu bisa munculkan kembali masa lalu yang membuat kita senang pada diri kita loh. Bukan hanya itu, membuka kembali tulisan lama ternyata juga dapat memunculkan inspirasi dalam menulis novel karyamu yang baru.


7. Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel dari Lingkungan Sekitar

Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel dari Lingkungan Sekitar
Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel dari Lingkungan Sekitar

Berasa jemu, boring dengan stuck tulisanmu yang begitu saja? coba kalian keluar rumah dan lihatlah sekitar lingkungan. 

Kalian bisa banyak mendapati bermacam sumber ide inspirasi dalam menulis novel. Kamu dapat memperhatikan segala hal dengan bebas saat di luar, so coba untuk keluar dari sarang kalian dan coba untuk memperhatikan kondisi di sekitar kalian.

Supaya tidak ke mana-mana, jangan lupa untuk membuat outline terlebih dahulu.

Itulah tadi beberapa cara mendapatkan inspirasi dalam menulis novel. Jika kalian kesulitan untuk mencari ide apa yang patut untuk novel kalian, kalian bisa baca cara-cara di atas tadi. Semoga bermanfaat.  -- Cara Mendapatkan Inspirasi dalam Menulis Novel By Shalys Chan --





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->