Skip to main content

Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe

Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe

Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe

Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe. Aku punya tanaman cabe dan beberapa tanaman buah di rumah. Setiap panen, selalu busuk dan ada ulat di dalamnya.

Ternyata, salah satu hama buah yang kerap menyerang tanaman bertipe buah buahan di antaranya pada tanaman cabe ini adalah hama lalat buah.


Bagaimana Cara Mengatasi Lalat Buah Pada Cabe?

Hama lalat buah dapat mengakibatkan cabai jadi busuk dan mempunyai kualitas buah yang jelek, dan mengakibatkan buah berguguran.

Bayangkan, bila cabe telah diserang hama lalat buah, pasti petani pada rugi. Jangankan petani, aku yang hanya tanam cabe skala hobi aja rugi gara-gara lalat buah, kok.

Bagaimana Cara Mengatasi Lalat Buah Pada Cabe?
Bagaimana Cara Mengatasi Lalat Buah Pada Cabe?

Pemicu tidak berhasilnya budidaya cabe adalah karena gempuran hama dan penyakit. Salah satunya hama yang lumayan serius pada tanaman yakni penyakit busuk buah dan kerontokan buah saat sebelum masak. Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe

Permasalahan penyakit busuk buah dan kerontokan buah sebagai salah satunya permasalahan khusus tanaman cabe. 

Busuk buah dan kerontokan cabai dapat disebabkan karena banyak factor, diantaranya ialah gempuran hama lalat buah. -- Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe By Shalys Chan --


Tanda-tanda dan Gejala Lalat Buah Pada Cabe: 
Tanda-tanda dan Gejala Lalat Buah Pada Cabe
Tanda-tanda dan Gejala Lalat Buah Pada Cabe

  • Umumnya serangga lalat buah akan kelihatan di bagian tangkai buah, ujung buah dan tengah cabai yang muda.
  • Pada batang cabai akan menguning dan cabe akan jatuh bila serangga lalat buah serang bagian pangkal buah.
  • Bila serangga ada dalam ujung buah dan sisi tengah buah bisa mengakibatkan cabai menguning dan busuk serta sedikit basah.
  • Lihat pada cabai yang diserang hama lalat buah. Akan ada titik hitam sisa tusukan ovipositor lalat buah betina.
  • Bila buah dibelah, bakal ada larva lalat memiliki ukuran kecil seperti ulat warna putih. Hiiiii ... menyeramkan. -- Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe By Shalys Chan --


Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe Baik Alami Maupun Pakai Insektisida 


Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe Baik Alami Maupun Pakai Insektisida
Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe Baik Alami Maupun Pakai Insektisida

  1. Cara mengusir lalat buah pada cabe yang pertama adalah sanitasi lahan. Petik semua tanaman cabe yang busuk dan terserang lalat buah. Kemudian kubur dalam tanah atau bakar.
  2. Jika ingin menanam cabe, sterilkan dulu tempatnya. Biasanya tempat yang telah dihinggapi lalat buah seperti pada tanaman kalian sebelumnya itu kemungkinan besar lalat buah akan regenerasi dan hinggap di tanaman cabe baru kalian.
  3. Sebelum menanam, cara mengusir lalat buah bada cabe ini adalah dengan membeli bibit yang bagus dan tahan hama. Seperti indrak dan lalat buah.
  4. Pakai tempat tanam yang bebas dari hama dan tidak tercemar oleh beberapa hama penyakit adalah salah satu cara mengusir lalat buah pada cabe.
  5. Pakai jebakan Atraktan Metil Euganol lalat buah. Jebakan lalat buah yang dikasih daya pikat berbentuk metyl euganil. metyl euganil bisa terbukti sanggup memutuskan transisi hidup lalat buah. Ini adalah termasuk cara mengusir lalat buah pada cabe dengan pembasmi hama.
  6. Pakai lem jebakan seperti Metilat Lem, Sainindo 10 VP untuk memberantas lalat buah pada cabe.
  7. Langkah selanjutnya untuk cara mengusir lalat buah pada cabe yaitu dengan hancurkan lalat buah pada cabe dengan manual yakni dengan menuai buah yang diserang lalat buat dan langsung menghancurkannya dengan dipendam atau dibakar.
  8. Sedang langkah kimiawi menangani lalat buah pada cabe dapat memakai beberapa larutan insektisida memiliki bahan aktif profenos seperti Curacron, Biocron, Detacron, Buzzer. Dan insektisida memiliki bahan aktif metomil, misalkan Metindo, Lannate, Yanet, Metin, Dangke dan lain-lain. -- Cara Mengusir Lalat Buah Pada Cabe By Shalys Chan --



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->