Skip to main content

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri. Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan untuk menimba ilmu. Kalian tentunya sudah pernah sekolah kan? Entah itu SD, SMP, atau pun SMA.

Waktu sekolah kalian pasti pernah tidak masuk sekolah. Berbagai alasan diutarakan saat tidak masuk sekolah. Kadang sakit, pergi, acara keluarga dan yang lainnya. 

Jika tidak masuk sekolah tanpa izin tentunya kalian akan mendapat Alfa dari guru. Tentunya kalian tidak mau kan kebanyakan alfa di sekolah?

Surat izin sekolah adalah merupakan surat pribadi pada pihak sekolah (guru) dari muridnya sebagai kabar pembuktian bahwa bahwa si anak tidak masuk sekolah karena berbagai alasan di atas.

Biasanya, membuat surat izin sekolah adalah dibuat oleh orang tua. Namun kadang ada sebagian orang tua enggan menulis surat izin sekolah untuk anaknya dengan alasan tidak bisa.

Padahal cara membuat surat izin sekolah sendiri tidaklah sulit. Membuat surat izin sekolah cenderung praktis dan mudah untuk ditulis.

Kalau orang tua tidak mau membuat surat izin sekolah, kalian bisa membuat surat izin sekolah sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara membuat surat izin sekolah sendiri yang bisa kamu praktekkan saat tidak masuk sekolah.


Cara Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri Praktis dan Mudah

  • Surat yang dikrim berisi info penting siapakah yang mengirimi surat itu. Umumnya pada pengirim ada nama pengirim seperti nama orang tua pelajar atau wali pelajar yang minta izin pada pihak sekolah untuk tidak bisa mengikut aktivitas belajar mengajarkan seperti umumnya.
  • Alasan yang mendasar membuat surat izin, di bagian ini penting karena berisi mengenai argumen atau alasan kenapa kalian tidak mengikut aktivitas belajar mengajarkan pada umumnya, dikarenakan oleh sakit, pergi atau ada kebutuhan yang lain.
  • Tujuan surat izin dibuat, berisi mengenai ke siapa surat izin itu ditujukan.


Surat izin tidak masuk sekolah sebagai surat izin sah yang perlu memerhatikan langkah penulisan yang baik dan benar. Surat izin yang benar dan baik adalah surat izin yang dicatat sesuai PUEBI dan jangan disingkat.

Untuk surat izin yang berargumen karena sakit, seharusnya di sertakan surat izin dari dokter supaya surat itu mempunyai akurasi. 


Point Utama Cara Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri

Dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah ada banyak point utama yang perlu diperhatikan, seperti:

  1. Tanggal pembuatan surat ijin tidak masuk sekolah
  2. Alamat surat
  3. Salam pembuka 
  4. Kalimat pembuka 
  5. Isi surat
  6. Alasan tidak masuk sekolah
  7. Salam penutup
  8. Pembuat surat atau penanggung jawab dan tanda tangan


Lumayan gampang untuk cara membuat surat izzin sekolah sendiri. Pokoknya harus betul-betul memerhatikan beberapa poin penting di atas supaya surat dapat dimengerti dan dipahami oleh pembaca (guru).

Begitu tadi info penting yang bisa kalian jadikan rujukan dalam pengerjaan cara membuat surat izin sekolah sendiri. Mudah-mudahan berguna.


Contoh Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri

Contoh Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->