BLANTERVIO103

Pola Celana Kolor serta Cara Menjahit Celana

Pola Celana Kolor serta Cara Menjahit Celana
Minggu, 14 Februari 2021

Pola Celana Kolor serta Cara Menjahit Celana

Cara Membuat Celana Kolor

Celana kolor. Ah, kok nggak etis banget sih namanya, tapi ya nggak apa-apa. Mau bagaimana lagi, aku riset keyword munculnya gitu. Ok. Kembali ke celana kolor. Di artikel kali ini mari kita buat celana kolor sendiri. 


Apa yang Akan Kamu Dapat dari Artikel Pola Celana Kolor serta Cara Menjahit Celana ini? 

  1. Bahan celana kolor
  2. Pola celana kolor
  3. Pola celana panjang anak
  4. Ukuran celana kolor anak
  5. Pola celana pendek atau pola celana santai
  6. Pola celana kolor panjang wanita atau pola celana piyama wanita dewasa
  7. Pola celana piyama wanita dewasa
  8. Pola celana pria pinggang karet dan pola celana kolor dewasa
  9. Pola celana kulot anak perempuan
  10. Cara membuat celana kolor
  11. Cara menjahit celana kolor


Apa Bahasa Indonesianya Celana Kolor?

Bagi kamu yang nggak ngerti atau kurang familiar dengan istilah celana kolor, tentu bertanya-tanya. Apa sih nama lain celana kolor? Apa bahasa Indonesianya celana kolor? Iya, kan?

Celana kolor adalah celana dengan ban pinggal full elastis atau full kolor. Dengan satu kalimat penjelas tentang apa bahasa Indonesianya celana kolor, sudah terbayang di otak kamu semua dong ya bagaimana penampakan celana kolor.


Bahan Celana Kolor

Sebelum menggambar pola celana kolor ataupun mengetahui bagaimana cara membuat celana kolor, mari kita intip bahan apa saja yang bisa dijadikan celana kolor.

Kain Katun Rayon Buat Celana Kolor Pendek Wanita

Kain Katun Rayon Buat Celana Kolor Pendek Wanita
Kain Katun Rayon Buat Celana Kolor Pendek Wanita

Ha? Celana kolor pakai kain katun rayon? Yang benar saja? Ya. itu benar. Biasanya kan ada tuh jualan set baju tidur di shopee dengan model bawahan celana kolor? Nah. Itu pakai kain katun rayon. Sama dengan kain yang biasa dibuat daster.

Baca juga:

Buat Celana Kolor Sepak Bola dengan Bahan Jersey

Buat Celana Kolor Sepak Bola dengan Bahan Jersey
Buat Celana Kolor Sepak Bola dengan Bahan Jersey

Tahu kostum olahraga kan? Bawahannya kan pakai celana kolor sepak bola dengan bahan jersey. Seperti yang kita tahu, karakteristik jersey adalah bahannya lentur, jatuh, adem, dan ada kesan jatuhnya.

Bahan Spandek buat Celana Kolor Anak

Celana full elastis ini juga sering dijumpai pada set baju anak. Biasanya bahawan celana kolor ini menggunakan bahan spandek.


Kain Katun dan Denim untuk Membuat Celana Kolor

Kain Katun dan Denim untuk Membuat Celana Kolor
Kain Katun dan Denim untuk Membuat Celana Kolor

Untuk celana kolor dengan bahan ini, biasanya dipakai untuk seragam anak-anak mengaji. Alias celana kolor panjang anak. 


Pola Celana Kolor

Setelah melihat beberapa bahan yang biasa digunakan buat celana kolor, mari kita belajar membuat pola celana kolor. Pola celana kolor di artikel ini terdiri dari pola celana panjang anak, pola celana piyama wanita dewasa, pola celana kolor panjang wanita dan pola celana kulot anak perempuat.

Untuk laki-laki mana? Tenang. Di sini juga kita pelajari cara membuat celana kolor dan pola celana kolor dewasa, pola celana pria pinggang karet, pola celana santai, pola celana pendek dan juga pola celana sarung.


Pola Celana Panjang Anak

Celana panjang anak biasanya digunakan untuk setelan mengaji atau pun celana olahraga. Bagaimana cara membuat pola celana panjang anak? Berikut adalah pola celana panjang anak. Namun, sebelum itu kita ketahui dulu ukuran celana kolor anak (Celana panjang)

Ukuran Celana Kolor Anak Pada Celana Panjang Anak

Ukuran Celana Kolor Anak Pada Celana Panjang Anak
Ukuran Celana Kolor Anak Pada Celana Panjang Anak

Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Sama

Untuk pola celana panjang anak depan belakang sama, ini biasanya digunakan untuk anak yang berusia 3-8 tahun, yang ukuran pinggulnya kecil dan sudah terbebas dari pemakaian Diapers. 

Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Sama
Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Sama

Keterangan Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Sama:

  • AB: Panjang celana
  • AD: 1/4 Lingkar pinggang
  • AC : Tinggi duduk
  • EB: 1/2 Lingkar kaki
  • FC : 1/2 Lingkar paha
  • Ff: Pakai saja 5 Cm (Untuk anak-anak)
  • AD naik ke atas 3,5 cm untuk ban pinggang

Cara Membuat Celana Kolor dan Menerapkan Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Sama

  • Buatlah pola celana panjang anak sesuai ukuran yang kamu kehendaki.
  • Lipat kain menjadi 2. Pastikan serat lipatannya vertikal.
  • Gambar pada kain sesuai pola yang sudah kamu buat.
  • Gunting gambar tadi. Jangan lupa sisakan sekitar 1,5 cm untuk kampuh.
  • Untuk Kampuh lipatan lebar kaki, lebihkan kira-kira 3 cm an.
Keterangan lebih lanjut, klik di sini.

Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Berbeda

Untuk pola celana panjang anak depan belakang berbeda, ini biasanya digunakan untuk anak yang berusia Dibawah tiga tahun yang biasanya masih memakai diapers atau anak dengan usia di atas 8 tahun dengan ukuran pinggul yang berisi.

Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Berbeda
Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Berbeda

Keterangan Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Berbeda:

  • GB: Panjang celana.
  • AD : 1/4 Lingkar pinggang
  • FC : 1/2 Lingkar paha.
  • AC: Tinggi duduk.
  • EE2: 1/2 Lingkar kaki.
Bagian kiri (Sempit) adalah bagian depan, sedangkan bagian kanan (Lebar) Adalah bagian belakang.
Sedikit keterangan, untuk perhitungan lingkar paha, selisihkan 3 cm dari bagian depan dan belakang. Sedangkan untuk lingkar kaki, selisihkan 2 cm dari bagian depan dan belakang.

Sebagai contoh. Diperoleh setengah lingkar paha = 26 dan setengah lingkar kaki 16. Maka, Untuk FC depan = 23 cm dan FC belakang = 29cm. Sedangkan untuk BE = 14 cm dan BE2 = 18 cm. Semoga bisa dipahami.

Cara Membuat Celana Kolor dan Menerapkan Pola Celana Panjang Anak Depan Belakang Berbeda

  • Buatlah pola celana panjang anak sesuai ukuran yang kamu buat.
  • Jika pakai pola celana panjang anak depan belakang berbeda, tidak perlu melipat kain. Karena pola ini sudah mencakup setengah lingkar celana.
  • Gambar pada kain sesuai pola yang tadi dibuat.
  • Gunting gambar tadi. Jangan lupa sisakan sekitar 1,5 cm untuk kampuh.
  • Untuk Kampuh lipatan lebar kaki, lebihkan kira-kira 3 cm an.

Cara Mengambil Ukuran Celana Panjang Anak:

Kamu bisa langsung mengukur contoh celana panjang anak yang sudah jadi atau memakai tabel ukuran di atas. Kalau aku pribadi, lebih suka mengukur celana anak yang sudah jadi dengan panjang ditambah 3 Cm untuk jaga-jaga biar tidak terlalu cepat kekecilan.


Pola Celana Pendek atau Pola Celana Santai

Pola celana pendek atau pola celana santai banyak digunakan untuk anak-anak. Karena keaktifan serta belum bisanya anak untuk menjaga kebersihan celana, stok celana pendek anak atau celana santai ini memang harus banyak. 

Pola Celana Pendek atau Pola Celana Santai
Pola Celana Pendek atau Pola Celana Santai

Jangan berpacu pada ukuran di gambar, ya. Ukur sendiri celana pendek atau celana santai yang akan kamu buat.

Ukuran Celana Kolor Anak pada Celana pendek atau Celana Santai

Pola Celana Kolor Dewasa atau Pola Celana Pria Pinggang Karet 

Sejatinya, pola celana kolor dewasa sama dengan pola celana kolor anak, baik pola celana panjang anak ataupun pola celana pendek. Yang membedakan hanyalah ukurannya saja.

Pola Celana Kolor Dewasa atau Pola Celana Pria Pinggang Karet
Pola Celana Kolor Dewasa atau Pola Celana Pria Pinggang Karet 

Kamu bingung dengan pola celana kolor dewasa atau pola celana pria pinggang karet di atas? Sama. Aku juga. Mending pakai pola celana pendek anak tadi saja. Hasilnya nggak jauh beda. Tinggal ubah ukurannya saja. 


Pola Celana Kulot Anak Perempuan

Pola celana kulot anak perempuan ini juga bisa diaplikasikan pada pola celana kulon dewasa. Tinggal ukurannya aja yang berbeda.

Pola Celana Kulot Anak Perempuan
Pola Celana Kulot Anak Perempuan

Pola Celana Kulot Anak Perempuan
Pola Celana Kulot Anak Perempuan


Buat kamu yang ingin punya celana kulot, tapi tidak nemu ukuran atau motif kain yang pas, bisa nih kamu bikin celana kolor kulot sendiri dengan pola celana kulot anak perempuan yang shalyschan sediakan.


Pola Celana Piyama Wanita Dewasa

Mau bikin celana piyama wanita dewasa buat baju tidur, tapi tidak tahu polanya? Gampang. Di sini kita belajar bersama cara menjahit celana beserta pola celana piyama wanita dewasa. 

Pola Celana Piyama Wanita Dewasa
Pola Celana Piyama Wanita Dewasa

Dengan mengetahui cara menggambar pola celana piyama wanita dewasa, kamu bisa membuat piyamamu sendri dengan jenis kain yang kamu pilih sendiri. Karena biasanya celana piyama wanita dewasa ini seringnya menggunakan bahan satin yang panas.


Cara Menjahit Celana Kolor

Semua pola celana kolor di atas, baik pola celana pendek, pola celana kulot, pola celana panjang anak dan lainnya, cara menjahitnya sama.

Adapun langkah atau cara menjahit celana kolor adalah sebagai berikut:

  1. Satukan dan jahit terlebih dahulu celana kolor bagian depan dan belakang (Untuk model yang tidak menyatu).
  2. Tempelkan kedua polanya (Kanan dan kiri).
  3. Jahit pesak/tinggi duduk celana kolor, baik depan maupun belakang.
  4. Lipat bagian lipatan kaki sesuai lebar lipatan yang kamu kehendaki pada saat membuat pola celana kolor dari. Kemudian jahit.
  5. Jahit dari ujung kaki kanan, keatan terus melewati titik pesak. Teruskan ke bawah sampai pada ujung kaki bagian kiri.
  6. Lipat bagian atas (3,5 cm) untuk ban pinggag celana kolor.
  7. Jahit seperti cara membuat mukena bagian rok.
  8. Masukkan elastis dengan peniti dan tutup lubang yang tadi kamu jadikan jalan memasukkan elastis.


Itu tadi adalah beberapa pola celana kolor atau pola celana dengan ban full elastis. Untuk cara menjahit celana kolor, mohon maaf belum ada gambarnya. Nanti kalau pas aku praktek, langsung deh aku foto dan upload. Jadi, sabar dikit, ya.

Bagaimana dengan pola celana sarung? Kita bahas pada artikel selanjutnya. Bye ....

Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751