BLANTERVIO103

Aplikasi Bahan Jersey Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Aplikasi Bahan Jersey Serta Kelebihan dan Kekurangannya
Rabu, 24 Februari 2021

Bahan Jersey. Jika kemarin kita megenal karakteristik bahan rayon yang menyusut setelah dicuci, kali ini kita akan membahas tentang kain bahan jersey.

Seperti Apa Bahan Jersey dan Apakah Bahan Jersey Melar?

Kira-kira seperti apa bahan jersey? Kalian tentu sering melihat bahan kain dengan karakteristik halus, jatuh, adem, dan melekat di kulit, kan? Nah itulah bahan jersey. Bahan jersey ini biasanya sering ditemukan pada kaos atau kostum bola yang dijual di pasaran. 

Seperti Apa Bahan Jersey dan Apakah Bahan Jersey Melar?

Lalu, Apakah bahan jersey melar? Ya. Bahan jersey ini sangat melar. Makanya, kalau kalian punya gamis bahan jersey yang kepanjangan, cara potongnya, tandai dulu batas yang mau dipotong dengan kain yang masih terpasang hanger.

Kenapa? Ya karena bahan jersey ini melar. Alias modot.


Apakah Bahan Jersey menyerap keringat dan Apakah Bahan Jersey Bagus?

Tentang apakah bahan jersey ini menyerap keringat, aku nggak bisa bilang iya atau tidak.Ada sebagian bahan jersey menyerap keringat, ada pula yang tidak bisa menyerap keringat. Lain bahan jersey, lain pula saya serap keringatnya.

Terus? Apakah bahan jersey bagus? Bagus dan tidak itu relatif. Kalau aku sih bilang bahan jersey ini bagus, adem dan lembut. Tapi ada juga yang tidak suka bahan jersey karena menempel di kulit.


Macam-Macam dan Contoh Bahan Jersey

Seperti yang aku jelaskan di atas, bahan jersey ini macam-macam jenisnya. Sama seperti katun, ada katun rayon, katun ima, dll. Berikut adalah contoh bahan jersey:

1. Bahan Jersey Premium

Bahan jersey premium adalah bahan jersey terbaik di antara bahan jersey lainnya. Bahan jeysey premium pun terdiri dari beberapa jenis di antaranya: Bahan Jersey Premium rayon, bahan jersey premium stella, dan bahan jersey premium spandek. 

Bahan Jersey Premium
Bahan Jersey Premium

Umumnya bahan jersey premium ini sangat adem. Orang-orang pun sering menyebutnya dengan spandek jersey. Biasanya bahan ini juga digunakan untuk celana kolor anak.

2. Bahan Jersey Zoya

Sebenarnya, tidak ada bahan jersey zoya. Jeysey zoya ini adalah brand jilbab bahan jersey yang beredar di pasaran. Tentang bahan jersey apa yang dipakai, tentunya memakan bahan jersey premium. 

Bahan Jersey Zoya
Bahan Jersey Zoya

Brand zoya tidak hanya dipakai untuk hijab, melainkan juga mukena. Untuk cara membuat mukena, klik di sini.

3. Bahan Jersey Hyget

Bahan jeysey hyget ini cenderung tipis jika dibanding dengan bahan jersey zoya dan lainnya. Bahan jeysey hyget ini adalah kombinasi dari polister dan katun. 

Bahan Jersey Hyget
 Bahan Jersey Hyget

Kain jersey hyget ini penampakannya biasanya terlihat mengkilap, tidak mudah kusut, tapi terasa panas karena tidak menyerap keringat.

4. Bahan Jersey Dryfit

Bahan Jersey Dryfit
Bahan Jersey Dryfit

Bahan jersey drifit inilah yang biasanya digunakan untuk membuat kaos atau kostum sepak bola, badminton, ataupun kostum lainnya. Bahan jersey dryfit sangat adem dan ringan. Ini karena kombinasi dari campuran nilon, katun, serta polister.

5. Bahan Jersey Benzema

Bahan Jersey Benzema
Bahan Jersey Benzema

Kain bahan jeysey benzema ini biasanya digunakan sebagai kaos olahraga atau kaos bapak-bapak. Penampakan kain bahan jeysey benzema ini biasanya berpori dan membentuk bulatan kecil atau segi enam.

6. Bahan Jersey Milano

Bahan Jersey Milano
Bahan Jersey Milano

Jika bahan jersey benzema memiliki tekstur berpori dengan bulatan segi enam, lain halnya dengan bahan jersey milano. Bahan jersey milano mempunyai motif zig-zag di permukaan kain. Bahan ini gampang sekali untuk menyeram keringat.

7. Bahan Jersey Lycra

Bahan Jersey Lycra
Bahan Jersey Lycra

Bahan jersey lycra ini tergolong bahan jersey yang sangat ringan dan tipis. Meskipun begitu, bahan ini cukup nyaman dan berpori sehingga adem untuk digunakan. Jika orang percaya diri, bisa membuat gamis bahan jersey. Namun, kebanyakan lycra ini gunakan untuk bahan rok.


Kelebihan dan Kekurangan Bahan Jersey

Kelebihan Bahan Jersey

  1. Bahan jersey terkenal jatuh jika dipakai, memberi kesan langsing jika menggunakan gamis bahan jersey. Kenapa? Karena tidak ada kesan menggembung saat dipakai.
  2. Bahan jersey adem dipakai. Oleh karena itu banyak yang menggunakan bahan jersey untuk hijab, bahkan celana dalam bahan jersey.
  3. Tidak mudah kusut adalah salah satu kelebihan bahan jersey. Sekalipun bahan jersey ini diremas-remas, ia hanya kusut sementara, dan akan kembali ke bentuk semula.
  4. Bahan Jersey melar. Ini adalah kelebihan bahan jersey jika dipakai untuk celana dalam bahan jersey. Jangan takut celana dalammu kesempitan. Karena bahan ini memang melar ke segala arah.
  5. Bahan jersey mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda. Misal bahan jersey lycra lebih tipis dari bahan jersey premium. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri ketebalan kain sesuai kegunaan.

Kekurangan Bahan Jersey

  1. Kemelaran bahan jersey, selain menjadi kelebihan juga bisa menjadi kekurangan bahan jersey. Sering kali gamis bahan jersey sudah dipotong sampai mata kaki, tetapi bisa melar lagi sampai kepanjangan lagi.
  2. Kain bahan Jersey mempunya masa yang berat. Jika satu gamis bahan jersey kamu basah dan memcucinya, sangat terasa berat.
  3. Kain bahan jersey ada yang tipis dan transparan. Inilah faktor utama kai bahan jersey tidak disukai orang. Namun, jika bahan jersey premium, ini tidak akan terlalu menjadi masalah


Begitulah tadi ulasan tentang bahan jersey yang bisa aku bagikan. Semoga artikel ini nantinya bisa lebih lengkap dan bermanfaat, Terima kasih. 

Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751