Skip to main content

Cerita Pengalaman Menggunakan Aplikasi Wattpad

Cerita dan Pengalaman Menggunakan Aplikasi Wattpad
cara menulis di wattpad - menulis di wattpad dapat uang - wattpad indonesia - wattpad romantis - baca wattpad - wattpad web

Awal Aku Berkenalan dengan Wattpad Indonesia

Nggak apa-apa kan ya kalau aku sok terkenal di blog sendiri? Kemarin kan aku udah bilang kalau blog shalyschan.com ini bakal murni jadi blog pribadi. 

Oke, langsung saja ceritanya.

Bagaimana aku bisa berkenalan dengan aplikasi wattpad Indonesia? Aku sangat suka membaca, apalagi baca novel. Yaaa maklum, lha. Aku adalah jenis orang dengan tingkat kehaluan yang tinggi. 

Jika dulu aku bisa menemukan begitu banyak novel di perpustakaan sekolah, lain lagi dengan keadaanku yang sudah lulus sekolah. Nggak mungkin sekali aku tiba-tiba pergi ke sekolah hanya untuk meminjam buku perpustakaan. Konyol banget itu.


Berawal dari Baca Wattpad, Hobi Menulisku Muncul

Cerita dan Pengalaman Menggunakan Aplikasi Wattpad. Tidak ingin mati gaya dalam urusan membaca, aku mulai iseng browsing dengan keyword seputar novel. 'Cerita guru menikah dengan muridnya', 'Cerita sedih dihianati suami', dan sejenisnya mulai aku ketikkan di mesin pencari google. Jangan ketawa dengan daftar baca wattpad seleraku. 


Berawal dari Baca Wattpad, Hobi Menulisku Muncul
Berawal dari Baca Wattpad, Hobi Menulisku Muncul

Dan Alhamdulillah, aku menemukan cerita yang kucari dari Wattpad web ini. Sayangnya, setiap aku baca novel, selalu ending yang dibuat penulis tidaklah sama seperti yang kuharapkan. Greget banget kan ya?

Lalu, apa yang aku lakukan?

Tidak mungkin aku marah dan protes dengan penulisnya. Aku memang gila, tapi gilaku belum ke tahap sana. Karena baca wattpad yang tidak sesuai dengan ending yang kuingin, timbullah keinginan untuk menciptakan ending sendiri sesuai dengan keinginanku. 


Berawal dari Baca Wattpad, Hobi Menulisku Muncul
Instal Aplikasi Wattpad Indonesia

Dari hanya baca wattpad, aku mulai menulis cerita di Wattpad web ini. Karena sedikit kebingungan, aku mulai instal aplikasi wattpad melalui playstore.

Silakan Dibaca:

Jangan tanya berapa pembaca awalku. Beberapa bulan tetap nol. Apa aku sedih?  No! Toh aku nulis buat diriku sendiri. Sedih itu malah datang saat ini. Saat mata mulai lapar memandang statistik jumlah viewer aplikasi wattpad. Hahaha ....


Cerita Wattpad Romantis Bukanlah Seleraku

Banyak orang yang menyukai cerita wattpad romantis, tapi bukan aku. Bukan berarti juga aku tidak menyukai cerita wattpad romantis. Aku suka, hanya saja kalau endingnya terlalu romantis, jujur aku malas. Aku lebih suka ending yang gantung, sad ending, atau yang anti mainstream. 


Cerita Wattpad Romantis Bukanlah Seleraku
Cerita Wattpad Romantis Bukanlah Seleraku

Di awal, aku selalu menyajikan cerita wattpad romantis. Begitu mencapai titik masalah, aku mulai menyisipkan bau-bau bawang di sana. Menyiksa pembaca adalah hobiku. Dan ending-nya bagaimana? Kalian pasti bisa menebaknya. Mainstream? Entahlah. Pokoknya begitu.


Apakah Menulis di Wattpad Dapat Uang?

Apakah Menulis di Wattpad Dapat Uang?
Menulis di Wattpad Dapat Uang untuk Paid Stories

Pembahasan tentang menulis di wattpad dapat uang ini sudah sering kusinggung di artikel-artikel sebelumnya. Menulis di wattpad dapat uang sih, tapi tidak semua penulis. Cuma yang terpilih saja. Jika kalian ingin menulis di wattpad dapat uang, mending pindah ke platform kepenulisan lain aja. 

Lalu, Bagaimana Agar Menulis di Wattpad Dapat Uang?

Ya itu tadi, pindah platform berbayar. Tapi kebanyakan sistemnya kontrak. Ada yang kontrak beberapa tahun, ada juga yang kontrak seumur hidup. Kalau tidak ingin dipusingkan dengan kontrak, cetak sendiri aja atau self publishing

Bisa juga kok kalian convert jadi PDF dan menjualnya ke pembaca. Tapi ya gitu, rawan pembajakan. Buat aku pribadi, dibajak memang sakit, tapi saat kita berani mempublikasikan tulisan kita di Internet, itu artinya kita sudah siap lahir batin untuk semua konsekuensinya, termasuk menghadapi tukan copy paste.


Berkat Aplikasi Wattpad, Aku Bisa Menulis Sampai Sekarang

Ya. Sampai sekarang aku masih tetap menulis. Aku nulis bukan hanya fiksi, tapi non-fiksi juga. Aku memanfaatkan aplikasi wattpad Indonesia ini untuk coret-coret outline-ku. Jika ada satu ide muncul, aku langsung buka wattpad dan menulisnya di sana. Tidak perlu dipublikasi, cuma dijadiin draft aja.

Begitulah cerita dan pengalaman menggunakan aplikasi wattpad yang sampai saat ini aku gunakan. Bahkan ketika aku mau update status facebook yang panjangnya seperti sayur gambas, aku menulis rancangannya di wattpad. 


Berkat Aplikasi Wattpad, Aku Bisa Menulis Sampai Sekarang
Blog tempat menulis lain selain wattpad web

Bagiku, wattpad ini sudah seperti rumah dan kampung halaman. Tak peduli sejauh mana aku berkelana, pasti akan kembali ke rumah juga. Tak peduli aku menjelajah beberapa platform kepenulisan, media online, blog, sosial media, dan lain-lain, pasti balik ke wattpad juga.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->