Skip to main content

Bahan Rayon: Jenis Kain yang Menyusut Setelah Dicuci

Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci
Jenis kain yang menyusut setelah dicuci - kain katun menyusut - kain rayon menyusut - bahan rayon spandek - mengatasi penyusutan bahan katun rayon

Inilah Jenis Kain yang Menyusut Setelah Dicuci

Pernahkah kalian membeli gamis bahan rayon yang ukurannya sudah cocok sesuai tinggi badanmu, lalu tiba-tiba besoknya sudah 'cingkrang'? Atau panjang lengan baju yang asalnya pas dengan lingkar pergelangan lengan, kemudian menjadi kependekan?

Jangan GR dulu. Bukan tubuh kalian yang semakin tinggi, melainkan memang sudah menjadi sifatnya kain rayon menyusut. Sebenarnya bukan hanya bahan rayon saja yang menyusut setelah dicuci. Lalu, apa saja jenis kain yang menyusut setelah di cuci?


Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci

Apakah bahan katun menyusut? Jawabannya adalah Iya. Kebanyakan kain katun menyusut setelah dicuci. Jika ada kata 'kebanyakan' berarti ada juga kain katun yang memang tidak menyusut setelah dicuci. Atau tingkat penyusutanya sangat minim. Contohnya Katun toyobo dan katun madina.

Berikut adalah beberapa kain katun yang menyusut setelah dicuci

1. Bahan Rayon

Kain rayon menyusut adalah sudah terkenal dari zaman dulu. Semua jenis kain rayon memang bisa menyusut setelah dicuci. Entah itu kain rayon bahan santung, bahan rayon viscose, kain rayon premium, ataupun kain rayon motif

  • Gamis Bahan Katun Rayon

Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci
Gamis bahan katun rayon

Banyak sekali pencinta gamis bahan katun rayon ini. Namun, banyak juga yang tidak tahu bahwa karakteristik dari bahan ini adalah gampang kusut dan juga menyusut setelah dicuci. Gamis bahan rayon motif juga polos sudah sangat banyak berlalu-lalang di toko offline maupun online.

  • Daster Bahan Katun Rayon

Selain gamis bahan katun rayon, daster bahan katun rayon juga gamis menjadi primadona ibu-ibu. Bahan yang adem dan jatuh adalah alasan klise kenapa mereka memilih daster bahan katun rayon. 

Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci
Daster bahan katun rayon

Bahkan ketika daster bahan katun rayon ini sudah bolong tingkat kecamatan pun masih tetap dipakai. Jangan lupa, mereka pun tak peduli bahan rayon ini adalah jenis kain yang menyusut setelah dicuci 

  • Bahan Katun Rayon untuk Mukena

Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci
Bahan katun rayon untuk mukena

Satu lagi, orang juga sering memanfaatkan bahan katun rayon untuk mukena. Biasanya katun rayon yang dipilih untuk membuat mukena adalah kain rayon premium yang tidak terawang, bukan dari bahan santung yang menerawang dan gampang koyak. 


2. Katun Cigaret juga Menyusut Setelah Dicuci

Pernah dengar katun cigaret? Kira-kira, katun cigaret itu seperti apa? 

Bahan katun cigaret atau katun cigarette cenderung tebal dan tidak jatuh seperti bahan rayon. Bahan ini biasanya digunakan untuk dress anak, set gamis anak atau setelan baju koko anak. Brand besar yang dulu main katun cigaret adalah Rumah Dannis, Keke, Win, dan banyak lagi. 


Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci
Katun cigaret menyusut setelah dicuci

Kelebihan bahan katun cigaret ini adalah tebal dan gampang diatur/dibentuk. Cocok sekali untuk pakaian anak yang tingkahnya sangat aktif. 

Namun, ada juga kelemahan dari kain katun yang memiliki garis serat yang sangat tampak sekali ini. Yaitu mudah kusut dan termasuk jenis kain yang menyusut setelah dicuci. Jadi jangan heran jika tiba-tiba gamis katun cigaret yang kamu beli sudah berubah ukuran di atas mata kaki. 


3. Katun Rami dan Katun Linen Menyusut Setelah Dicuci

Apakah bahan linen menciut setelah dicuci? Ya. Benar sekali. Bahan Katun Rami ataupun bahan linen memang menciut setelah dicuci. Namun, tingkat penyusutannya tidaklah separah bahan rayon.

 

Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci
Katun Rami dan Katun Linen Menyusut Setelah Dicuci

Ada yang masih bingung bahan katun linen ini seperti apa? Katun linen ini pernah naik daun sekitar tahun 2019 an. Biasanya dipakai untuk bahan rok dan celana kulot, baik itu dari katun linen import, katun linen motif, atau juga yang polos.


Jeans adalah Jenis Kain yang Menyusut Setelah Dicuci

Jeans adalah Jenis Kain yang Menyusut Setelah Dicuci
Jeans adalah Jenis Kain yang Menyusut Setelah Dicuci

Penggemar jeans biasanya adalah bapak-bapak. Namun, kaum hawa juga biasa memakai jeans, sih. Kadang dipakai untuk celana, rok jeans, bahkan juga gamis jeans. Nah, perlu kalian ketahui, ternyata kain jeans dan saudaranya juga termasuk jenis kain yang menyusut setelah dicuci.

Baca Juga : Cara Membuat Celana Kolor

Cara Mengembalikan Baju yang Menyusut Setelah Dicuci

Sepertinya susah ya untuk bagaimana cara mengembalikan baju yang menyusut setelah dicuci. Menurut beberapa pengalamanku, kain bahan rayon dan cigaret tidak bisa kembali dalam bentuk nurmal setelah dicuci. 

Namun, berbeda untuk jenis kain jeans. Bagaimana caranya? Simak triknya di bawah ini

Cara Menyelamatkan Kain Jeans yang Menyusut Setelah dicuci

  1. Sediakan air hanga dan ember. Ingat, ya. Air hangat. Bukan air panas mendidih.
  2. Tuangkan air hangat tersebut ke dalam ember. Tekan kain agar bisa tenggelam sempurna. 
    Cara Menyelamatkan Kain Jeans yang Menyusut Setelah dicuci
    Cara Menyelamatkan Kain Jeans yang Menyusut Setelah dicuci

  3. Rendam kain jeans yang sudah menyusut tadi selama kira-kira setengah jam.
  4. Jemur jeans tadi pada tempat yang tidak terlalu panas.


Lalu, bagaimana mengembalikan kain katun menyusut ataupun kain rayon menyusut? Coba saja cara mengembalikan baju yang menyusut setelah dicuci di atas. Tapi aku tidak mau bertanggung jawab dengan kerusakan gamis atau daster bahan katun rayon kalian, ya.


Cara Mensiasati Penyusutan Bahan Katun yang Menyusut Setelah Dicuci

Meski bahan rayon ataupun kain katun menyusut dan tidak tahu apakah cara mengembalikan baju yang menyusut setelah dicuci tadi bisa menyelesaikan atau tidak, bukan berarti tidak ada solusi. 

Sedia payung sebelum hujan. Itulah jurus yang kugunakan baik sebagai penjahit ataupun memilik gamis bahan katun rayon. Bagaimana caranya? Simak tulisan di bawah ini:

Cuci Dahulu Sebelum Dieksekusi Agar Gamis Bahan Rayon Tidak Kependekan

Maksudnya begini, kita sudah tahu bahwa bahan rayon dan beberapa kain katun menyusut setelah dicuci. Sebelum memotong kain tersebut untuk dijadikan baju, terlebih dahulu cucilah kain tersebut.

Biasanya para penjahit tidak mau repot dengan ini. Solusinya ya kalian sendiri yang mencuci dan mengeringkannya. Bila perlu, jangan hanya sekali. Ulangi pencucian dan pengeringan 2-3 kali hingga bahan rayon ini sudah minim penyusutan. 


Cara Mengembalikan Baju yang Menyusut Setelah Dicuci
Cara Mengembalikan Baju yang Menyusut Setelah Dicuci

Hal ini juga berlaku untuk gamis bahan katun rayon, daster bahan katun rayon ataupun pakaian dengan jenis kain yang menyusut setelah dicuci lainnya. 

Jika merasa ukurannya kepanjangan, cucilah terlebih dahulu.Setelah kain atau gamis tersebut kering, baru bawalah ke penjahit untuk dipotong. Untuk bagaimana cara memotong gamis yang kepanjangan agar ukurannya pas, kita bahas di artikel selanjutnya.


Itulah tadi beberapa ulasan tentang kain bahan rayon yang merupakan jenis kain yang menyusut setelah dicuci. Setelah dipelajari, ternyata tidak hanya kain rayon saja yang mengalami penyusutan. Hampir seriap kain katun menyusut setelah dicuci.

Tidak hanya itu. Dari artikel di atas juga bisa kalian pelajari bagaimana cara mensiasati pakaian jeans-mu yang mengerut akibat dicuci. Juga beberapa cara agar gamis bahan katun rayon kalian ukurannya bisa tetap seperti yang diinginkan setelah dipotong dan dicuci. Semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->