BLANTERVIO103

Set Alat Jahit dan Fungsinya

Set Alat Jahit dan Fungsinya
Senin, 22 Februari 2021
Perlengkapan Menjahit dan Fungsinya

Peralatan jahit sangat wajib dimiliki oleh kamu yang ingin memulai usaha menjahit ataupun yang hanya sedakar menjadikan menjahit sebagai hobi. Tidak hanya mesin jahit manual, peralatan menjahit lengkap pun harus kamu miliki.

Untuk apa perlengkapan jahit lengkap jika jarum, benang, dan kain pun sudah bisa dijadikan pelampiasan hobi menjahit? 

Hmmm ... tentunya kamu ingin hasil kreatifitas menjahitmu sangat bagus dan berkualitas kan? Nah, di sinilah peran dari pentingnya perlengkapan usaha menjahit untuk kamu miliki.


Apa Saja Perlengkapan Menjahit dan Fungsinya?

Berikut Shalyschan paparkan beberapa perlengkapan menjahit dan fungsinya satu persatu. Namun, sebelum itu, kamu juga harus tahu pembagian peralatan menjahit berdasarkan penting atau tidaknya perlengkapan menjahit itu sendiri.


Alat Jahit Pokok dan Penunjang

Apa saja alat jahit pokok dan apa sajakah alat jahit tambahan? Yuk, kita bahas bersama.


Alat Jahit Pokok

Alat jahit pokok adalah perlengkapan menjahit yang jika tidak ada alat-alat ini, kegiatan menjahit tidak akan bisa berjalan maksimal. Poin di bawah ini adalah beberapa alat jahit pokok serta bahan atau perlengkapan menjahit yang harus kalian miliki.


1. Peralatan Mesin Jahit

Alat jahit pokok yang pertama adalah peralatan mesin jahit, baik mesin jahit itu sendiri ataupun peralatan-peralatan dari mesin jahitnya.

Untuk mesin jahit, kalian bisa gunakan mesin jahit manual atau mesin jahit otomatis. Lengkapi koleksi mesin jahitmu dengan mesin jahit obras juga. Mesin jahit obras benang 3 sangat aku rekomendasikan bagi kamu yang ingin memulai usaha jahit dengan budget minim.

Peralatan mesin jahit bisa berupa dinamo mesin jahit, spool, sepatu kelim, sepatu corong, mesin pelubang kancing, dan minyak mesin jahit. Sedikit banyak kamu juga harus bisa maintenance mesin jahit agar jika mesin jahitmu rewel, kamu bisa membenahi sendiri.

Perlengkapan Menjahit dan Fungsinya
Dinamo Mesin Jahit

Perlengkapan Menjahit dan Fungsinya
Sepatu Mesin Jahit
Perlengkapan Menjahit dan Fungsinya
Alat Jahit Spool

Namun, jika kamu tidak ingin repot, bawa saja mesin jahitmu ke tukang service mesin jahit terdekat untuk dibenahi. Tinggal bayar, selesai deh urusan.


2. Jarum Merupakan Alat Jahit Pokok

Jangan disangka jika jarum hanya sebagai alat menjahit tangan saja. Jarum merupakan alat jahit pokok yang wajib dimiliki. Mau menjahit pakai mesin jahit manual, mesin jahit tangan otomatis, atau mesin jahit canggih sekalipun, jarum tetap menjadi peralatan menjahit yang utama.

Bagaimana bisa kalian menjahit tanpa jarum? Hahaha ....

Jarum sendiri ada banyak macamnya. Ada jarum untuk mesin jahit, jarum sebagai peralatan menjahit tangan, jarum kembar, jarum sebagai alat penjahit karung, dan lain-lain. 

Alat Jahit Pokok dan Penunjang
Jarum merupakan alat jahit

Setiap jarum pun ada nomornya sendiri-sendiri. Tergantung peralatan menjahit atau jenis bahan yang akan dijahit. Apakah itu kain katun, kain spandek, jeans, dan lainnya punya jarum sendiri-sendiri sebagai alat jahitnya.


3. Alat Jahit Pokok Berupa Benang

Ini bukan alat jahit pokok, ya. Melainkan bahan yang bisa dimasukkan sebagai kategori perlengkapan menjahit. Benang sendiri ada berbagai macam. Ada benang jahit, benang woll, benang obras, dan benang lainnya. 

Alat Jahit Pokok dan Penunjang
Benang merupakan perlengkapan menjahit

Tapi untuk menjahit, idealnya sih, benang jahit biasa. Bisa merk Astra, Extra, Yamalon, Tiger dan masih banyak lagi. Untuk perlengkapan menjahit yang ini, kamu bisa beli langsung beberapa warna. Beli warna yang umum dulu, seperti merah, kuning, hijau, biru, hitam dan putih.

Jika kainnya berwarna pink, gimana?

Tinggal pergi aja beli benang pink ke toko perlengkapan jahit lengkap terdekat dari tempatmu. Sekalian beli alat-alat jahit lainnya.


4. Gunting Adalah Salah Satu Peralatan Menjahit

Selanjutnya, peralatan menjahit pokok yang tidak kalah pentingnya adalah gunting. Fungsi dari gunting adalah untuk menggunting bahan yang sudah kita gambar polanya. 

Alat Jahit Pokok dan Penunjang
Alat alat jahit berupa gunting kain

Namun, peralatan menjahit yang satu ini pun bukan hanya satu jenis. Gunting banyak sekali macamnya. Ada gunting kain manual, gunting listrik, gunting kertas, gunting benang juga ada.

Alat Jahit Pokok dan Penunjang
Gunting listrik juga termasuk alat jahit

Untuk gunting benang, jika kalian tidak menginginkan perlengkapan menjahit ini, kamu bisa skip aja. Kamu bisa pakai gunting kain sekaligus untuk menggunting benang.

Alat Jahit Pokok dan Penunjang
Perlengkapan menjahit berupa guntig benang

Yang harus kamu perhatikan adalah, pisahkan antara gunting untuk menggunting kain atau benang, dengan gunting lainnya, seperti untuk menggunting kertas pola atau karet elastis. Menyamakan gunting kertas dengan gunting kain dapat menurunkan ketajaman gunting. Bisa saja guntingmu masih tajam untuk menggunting kain, tapi pasti tumpul jika digunakan untuk menggunting kain.


5. Perlengkapan Menjahit Kapur Jahit

Perlengkapan menjahit ini juga tidak kalah penting, lho. Fungsi dari kapur jahit sendiri adalah untuk menggambar atau menandai pola-pola jahitan yang akan kamu buat.

Alat Jahit Pokok dan Penunjang
Kapur jahit juga merupakan perlengkapan menjahit

Kapur jahit klasik berbentuk segitiga. Namun, untuk sekarang ada juga kapur jahit yang sudah berbentuk pensil. Tentu saja dengan ujung yang runcing kamu bisa lebih mudah untuk menggunakannya.

Kalau aku pribadi, sebenarnya tidak pakai kapur jahit khusus, sih. Aku biasa mencuri crayon anakku untuk memberi garis di kain. Hahaha. Jangan ditiru, ya.


6. Pita Ukur Juga Merupakan Perlengkapan Menjahit

Jangan sampai melupakan peralatan menjahit yang satu ini. Pita ukur fungsinya sudah jelas, yaitu mengambil ukuran dari badan kita dan untuk menggambar ukuran tersebut pada kain. Panjang pita ukur biasanya 150 cm dengan dua sisi.

Alat Jahit Pokok dan Penunjang
Alat jahit pita ukur

Sisi pertama memakai satuan ukur centimeter dan sisi ke dua menggunakan inchi. Pita ukur ini ada dua penampakan. Ada yang berbentuk panjang, ada juga yang berbentuk roll seperti mistar tukang batu. Fungsi kedua alat alat jahit ini sama saja, yaitu untuk mengukur.


Alat Jahit Tambahan

Kamu semua sudah tahu kan apa saja alat alat jahit pokok? Kini mari kita kenali alat-alat jahit tambahan yang juga penting kamu miliki.


1. Penggaris Skala Termasuk Peralatan Menjahit

Penggaris skala digunakan untuk menggaris dan membuat baju dengan ukuran miniaturnya. Biasanya perlengkapan menjahit ini digunakan untuk para pelajar atau perserta kursus menjahit untuk membuat pola mininya.

Alat Jahit Tambahan
Alat jahit tambahan penggaris skala

Penggaris skala ini umumnya terbuat dari kertas, jadi saangaat rentan rusak. Penampakannya pun berwarna warni, ada merah, kuning, biruu, dan hijau. Untuk skalanya, tersedia ukuran 1:4, 1:6, 1:8.


2. Penggaris Untuk Menjahit

Alat jahit tambahan ini digunakan untuk mempermudah dalam menggaris sebuah pola baju, celana, atau rok. Banyak sekali macam penggaris untuk menjahit (Penggaris curva). Ada penggaris siku, penggaris pinguin, penggaris pinggul dan lain-lain.

Alat Jahit Tambahan
Penggaris untuk menjahit

Dengan penggaris untuk menjahit ini, kamu tidak perlu susah-susah membuat gambar pola lengkung seperti menggambar kerung lengan ataupun siluet pinggang. Tinggal tempelkan penggaris, dan ikuti alur garisnya. So simple.


3. Alat-Alat Jahit Lainnya Adalah Jarum Pentul

Kalian pasti sudah tahu kan bagaimana bentuk jarum pentul? Fungsi dari jarum pentul sendiri adalah untuk menyemat atau menahan dua bahan yang akan dijahit agar tidak geser.

Alat Jahit Tambahan
Alat jahit tambahan jarum pentul

Jika kamu adalah penjahit profesional yang memiliki jam terbang yang tinggi, mungkin peralatan menjahit satu ini tidak lagi kamu butuhkan. Namun, jika kamu masih tahap penjahit pemula atau baru belajar, gunakanlah jarum pentul untuk membantu proses menjahitmu.


4. Rader dan Kertas Karbon Juga Masuk Alat Jahit

Kedua perlengkapan menjahit lengkap ini berfungsi sebagai mempermudah dalam menggambar pola. Jika kamu pakai kapur jahit, kamu hanya bisa menggampat pola pada satu sisi kain saja, yaitu bidang yang kamu gambar.

Alat Jahit Tambahan
Rader dan kertas karbon termasuk alat jahit tambahan

Ketika menggunkana rader dan kertas karbon, kamu tidak perlu kerja dua kali untuk menggambar pola pada sisi kain lainnya. Cukup taruh kertas karbon di bawah kain yang akan kamu gambar pola. Lalu gambarlah pola dengan menggunakan rader untuk agar kekuatan gambaranmu bisa tembus pada kain yang ada di bawah kertas karbon.


5. Pendedel Merupakan Perlengkapan Menjahit

Peralatan menjahit yang satu ini juga tidak kalah penting. Fungsi dari pendedel adalah untuk membongkar jahitan yang salah jahit. Tidak mungkin dalam proses menjahit kita bisa benar terus, kadang kita juga salah jahit.

Alat Jahit Tambahan
Perlengkapan menjahit pendedel

Untuk mempermudah membuka jahitan yang salah inilah kita perlu pendedel. Selain itu fungsi dari pendedel juga digunakan untuk menyayat atau melubangi mulut kancing yang sudah kita buat dengan mesin itik atau mesin lubang kancing.


Perlengkapan Usaha Menjahit Lainnya

Di atas tadi sudah disebutkan perlengkapan menjahit lengkap mulai dari alat jahit pokok sampai alat jahit tambahan. Untuk kali ini, kita bahas bahan atau perlengkapan usaha menjahit apa saja yang diperlukan selain alat dan bahan di atas tadi.

1. Elastis

Perlengkapan Usaha Menjahit
Perlengkapan usaha menjahit: Elastis

Elastis atau orang sering menyebutnya sebagai kolor sangat penting untuk kamu miliki. Perlengkapan usaha menjahit ini digunakan untuk membuat kerutan di ujung lengan, ban rok, ban mukena, ataupun celana yang memakai ban pinggang full karet atau celana kolor.


2. Benang Elastis

Ternyata benang juga ada yang elastis, lho? Benang elastis biasanya digunakan untuk menjahit rok turun pinggul yang memakai full benang elastis (Rok Kerut). Bisa juga digunakan untuk menjahit bagian pinggang belakang untuk memberi efek kerutan.

Perlengkapan Usaha Menjahit
Perlengkapan usaha menjahit: Benang elastis

Cara pemakaiannya cukup simpel. Gulung benang elastis pada spol mesin jahit. Jadi benang yang masuk pada jarum jahit tetaplah benang jahit biasa. Sedangkan benang bawah kita menggunakan benang elastis.


3. Kain Keras

Kain keras juga wajib untuk kalian miliki. Sebagai perlengkapan usaha menjahit, kain keras pun banyak macamnya. Sebenarnya salah kalau aku memakai istilah kain keras, tapi ini hanya untuk mengglobalkan saja.

Perlengkapan Usaha Menjahit
Perlengkapan usaha menjahit: Kain keras

Fungsi dari kain keras adalah sebagai pelapis kain. Bisa digunakan untuk melapisi kerah (Kain kerah), untuk melapisi ban pinggang, melapisi tempat tautan/bukaan kancing (Kain kapas) atau digunakan untuk pelapis lainnya.


4. Kancing

Perlengkapan Usaha Menjahit
Perlengkapan usaha menjahit: Kancing

Untuk fungsi kancing sepertinya tidak usah aku bahas, ya. semua sudah pada tahu. Kita lanjut ke perlengkapan usaha menjahit selanjutnya.

5. Veterban

Perlengkapan Usaha Menjahit
Perlengkapan Usaha Menjahit: Veterban

Tahu veterban? Perlengkapan usaha menjahit yang satu ini berbentuk tali roll. Ada yang berwarna putih, ada juga hitam. Veterban adalah bahan yang digunakan sebagai tali bantal atau tali guling selain tali dari kain bantal atau guling itu sendiri. Tahu kan ya?

Baca Juga : Cara Membuat Sarung Bantal dan Cara Membuat Sarung Guling


Alat Menjahit Tangan

Set alat jahit dan fungsinya di atas adalah cenderung ke alat jahit pakai mesin jahit. Nah, kali ini kita bahas masalah tentang alat menjahit tangan. 


Alat Menjahit Tangan

Apa saja alat menjahit tangan? Pada dasarnya alat menjahit tangan dan perlengkapan menjahit dengan mesin jahit banyak yang sama. Mari kita bahas satu per satu tentang apa saja alat menjahit tangan ini.

Macam-Macam Alat Jahit Tangan Manual

1. Jarum Khusus Alat Jahit Tangan Manual

Alat jahit tangan manual yang paling pokok adalah jarum khusus menjahit tangan. Jika di atas adaalah jarum untuk mesin jahit, untuk alat jahit tangan manual kamu perlu jarum khusus.

Harga Alat Jahit Tangan JARUM

Harga alat jahit tangan yaitu jarum ini berfariasi. Ada yang murah, ada juga yang mahal. Tentu harga alat jahit tangan membawa kualitas sendiri. 

Harga Alat Jahit Tangan JARUM
Harga Alat Jahit Tangan: JARUM BIASA

Untuk harga alat jahit tangan jarum dengan bentuk seperti ini, biasanya harganya antara 1.300 sampai 1500 per bundaran. Murah, kan? Namun, kelemahannya yaitu ujung yang laincip sering tumpul dan berkarat.

Harga Alat Jahit Tangan JARUM
Harga Alat Jahit Tangan JARUM SUPER

Untuk harga alat jahit tangan dengan bentuk seperti ini, yakni ujung tumpulnya berwarna emas, dibandrol dengan harga 11.000 sampai 16.000 rupiah. Memang lebih mahal daripada yang bundar tadi. Namun, kelebihannya, jarum ini cukup tajam serta tidak mudah karatan.

2. Gunting Sebagai Alat menjahit tangan 

Jika di beberapa mesin jahit portable ada alat untuk menggunting benang, tidak untuk mejahit manual. Kamu perlu gunting sebagai alat menjahit tangan. Gunting ini terserah macamnya. Kamu bisa pakai gunting kain atau pun gunting benang.

Harga Alat Jahit Tangan GUNTING

Harga Alat Jahit Tangan GUNTING
Harga Alat Jahit Tangan: GUNTING BENANG

Untuk gunting khusus benang, harga alat jahit tangan ini cukup murah, yakni berkisar antara 3.000 sampai 8.000 an. Masing-masing harga alat jahit tangan gunting ini juga tergantung merk.

Harga Alat Jahit Tangan GUNTING
Harga Alat Jahit Tangan: GUNTING BIASA

Begitu pun dengan gunting biasa atau gunting kain. Kamu bisa pilih harga alat jahit tangan yang murah jika memang menjahit cuma skala hobi. Harga gunting seperti ini berkisar antara 3.000 sampai 7.000 an. Sama aja, sih. Harga alat jahit tangan ini tentu beda dengan gunting kain, lho, ya.

3. Alat Menjahit Tangan Mata Nenek

Tentu mata nenek di sini bukan mata nenek betulan. Yang dimaksud mata nenek untuk alat jahit tangan manual adalah alat yang digunakan untuk memasukkan benang pada jarum. Dengan mata nenek, kamu bisa lebih mudah memasukkan benang ke jarum tanpa harus menyipi-nyipitkan matamu.

Harga Alat Jahit Tangan MATA NENEK

Harga Alat Jahit Tangan MATA NENEK
Harga Alat Jahit Tangan: MATA NENEK

Untuk mata nenek ini harganya sangat murah dibanding dengan fungsinya, apalagi kalau untuk emak-emak yang matanya sudah sedikit rabun. Harga alat jahit tangan mata nenek ini bisa kamu dapatkan hanya dengan kisaran harga 600 sampai 1.500 rupiah saja. Murah, bukan?

Alat Jahit Tangan Manual Lainnya

Alat menjahit tangan yang lain yaitu seperti set alat jahit dan fungsinya di atas. Ada benang jahit sebagai bahan, pendedel, pita ukur, kapur jahit dan lainnya. 

Perlengkapan jahit lengkap lainnya yang tidak perlu kita bahas adalah seperti bias tape (bisban), renda, hiasan bordir, mata nenek, dan lainnya. Itu semua hanya sebagai pelengkap. Intinya semakin besar usaha jahitmu, semakin banyak juga peralatan menjahit lengkap yang harus kamu punya.

Kalian bisa beli grosir perlengkapan menjahit di toko besar yang menyediakan peralatan jahit dengan harga murah. Namun, untuk yang skala hobi, tidak usahlah membeli banyak-banyak perlalatan menjahit lengkap.

Cukup beli alat jahit pokok dan beberapa bahan yang memang kamu butuhkan untuk menjahit. Kurangnya, kalian bisa beli dengan mencicil kebutuhan apa saja yang masih kurang. 

Ada juga lho perlengkapan jahit lengkap di marketplace yang berisi benang, jarum jahit, pensil jahit dan entah apa yang lainnya. Cukup simpel dan lengkap. Murah, lagi. Cuma mungkin mahal di ongkir. Hehehee.

Set Alat Jahit dan Fungsinya
Peralatan menjahit lengkap


Itu saja sih pembahasan tentang set alat jahit dan fungsinya. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua. -- Shalys Chan --


Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751