BLANTERVIO103

SEO Onpage: 20 Teknik Optimasi SEO On page Ala Indra kusuma

SEO Onpage: 20 Teknik Optimasi SEO On page Ala Indra kusuma
Jumat, 30 Oktober 2020
SEO Onpage: 20 Teknik Optimasi SEO On page Ala Indra kusuma

20 Teknik Optimasi SEO On page Ala Indra kusuma

SEO Onpage. Untuk artikel kali ini, aku ingin membagikan bagaimana cara optimasi seo on page ala pakar seo dunia akhirat Indra Kusuma (Indrak).


Teknik seo onpage
Indra Kusuma sang pakar seo dunia akhirat


Siapa sih yang tidak mengenal Indra Kusuma?

Indra Kusuma adalah seorang master seo yang tentu saja memahami coding dari beberapa kode pemrograman. Dengan otaknya yang cemerlang, ia melabeli dirinya dengan sebutan pakar seo dunia akhirat. Mengingat kemampuan otaknya yang sungguh WoW luar binasa, Indra Kusuma memang pantas menyandang gelar tersebut.

Disclaimer: Blog ini bukan blog yang SEO Friendly dan menulisnya pun tidak menggunakan teknik seo on page. Ini hanya blog suka-suka. Suka-suka penulisnya mau nulis apa. Jadi jangan protes dan bilang hoax untuk isi dalam artikel jika tidak ada di pageone ataupun rank di tool yang kalian punya. Ok!

Lupakan masalah siapa Indra Kusuma. Kita langsung ke inti dari artikel ini, optimasi seo onpage dan beberapa penerapan contoh seo onpage versi sang pakar seo dunia akhirat Indra Kusuma.

Dalam belajar seo onpage, banyak sekali metode yang betebaran. Tinggal kita menganut madzhab siapa tanpa harus mengadu cara atau metode dari masing-masing master. Indra Kusuma


Apa itu seo Page dan off Page

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana proses kerja seo onpage dan cara optimasi seo on page menurut pakar seo dunia akhirat Indra Kusuma, terlebih dahulu kita mengupas masalah pengertian seo onpage dan offpage.

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yaitu mengoptimalkan artikel yang kita tulis dalam mesin pencarian Google. 

On yang berarti di dalam, dan page yang berarti halaman. Jika digabung, Onpage adalah dalam halaman. Maksudnya ya blog itu sendiri.

So, pengertian seo onpage adalah cara optimasi blog supaya blog tersebut ramah terhadap mesin pencarian Google.


Mengapa SEO On Page Penting

Membuat blog itu sangat mudah, yang susah adalah mencari pembaca yang nyantol ke blog kita. Oleh karena itu, dibutuhkanlah teknik seo. Baik itu seo onpage dan offpage. Kurang lebih seperti itulah yang Bang Indrak (Indra Kusuma) katakan.

Mengenai mengapa seo on page penting, tentu saja memandang dari begitu banyak manfaat seo on page itu sendiri. Tidak lain dan tidak bukan adalah agar mendapat pembaca dari google.

Jangan menyalah artikan tentang manfaat seo on page. Manfaat seo on page adalah agar blog kita ramah dengan bot google, bukanlah jalan pintas untuk mendapat rank 1. 

"Kalau ramah dengan bot google kan nanti dapat rank?"

Ya. Itu memang saling berkaitan, tapi ada tingkatannya juga.


Apa Saja SEO On page

Kita mulai masuk dalam materi. Menurut Indrak sang pakar seo dunia akhirat, setidaknya ada 20 cara optimasi seo on page. Apa saja seo on page? Kita ulas dalam pembahasan di bawah ini?


1. Keyword Utama di Awal Judul

Apa saja seo onpage
Optimasi seo onpage: Meletakkan keyword di judul


Poin utama dalam optimasi seo on page adalah meletakkan keyword di awal judul. Jika memang tidak bisa di awal, ya letakkan di tengah. 

Bagaimana jika pakai long tail keyword untuk judul?

Bang Indrak sudah mengantisipasi pertanyaan ini sebelumnnya. Mudah sekali triknya. Jika kalian pakai long tail keyword, tulis terlebih dahulu keyword utama, kemudian susul dengan titik dua ( : ), baru tuliskan kalimat selanjutnya.

Mengapa harus demikian? 

Karena yang di-crawl googlebot pertama kali adalah adalah yang awal dulu. Dengan begitu, kita sudah menjalankan optimase seo onpage poin pertama.


2. Keyword di Dalam URL

Letakkanlah keyword di dalam url atau permalink blog kalian. Dalam contoh seo on page pada artikelnya, Indra Kusuma hanya menggunakan keyword sebagai permalink.

Optimasi seo on page indrak
Optimasi seo onpage: Keyword dalam permalink


Namun, Bang Indrak juga mengingatkan untuk tidak nekat menirunya dalam hal pemberian url yag hanya 2 kata. Jika Domain Autority kalian masih kecil, jangan coba-coba dulu. Beda kalau beliau, namanya saja pakar seo dunia akhirat.


3. Perpendek Kata dalam URL

Memang, makin panjang makin asoy, tapi bukan untuk permalink blog kalian. Semakin pendek url, semakin bagus seo onpage suatu blog. Jangan samakan judul artikel dengan url artikel. Jika judul artikelmu panjang, jangan dibikin panjang juga untuk url nya.

Mengapa demikian?

Semakin Panjang url, semakin memerlukan waktu lama bot google dalam proses crawl artikel. Begitu juga sebaliknya, semakin singkat permalink, semakin cepat googlebot untuk mengklasifikasikan link kalian.


4. Letakkan Keyword di Meta Deskripsi

Aplikasi seo onpage indra kusuma
Optimasi seo onpage: Keyword di search description


Cara optimasi seo on page yang selanjutnya adalah dengan meletakkan keyword di meta deskripsi (Deskripsi Penelusuran). Isi meta deskripsi dengan keyword. Kalian bisa langsung copas pada paragraf bertama, atau mengisinya secara manual dengan beberapa keyword dan pisahkan dengan tanda koma.


5. Perhatikan Struktur Konten

Yang dimaksud Bang Indrak tentang struktur konten dalam optimasi seo on page adalah kita harus bisa menggunakan semua menu, format, atau fitur yang ditawarkan Blogger untuk kita. Baik itu berupa Bold Italic Underline, emoticon, juga tentang penggunaan H1 dan H2.

Optimasi seo on page indrak
Optimasi seo onpage: Menggunakan semua format blogspot


Oh, iya. Sang pakar seo dunia akhirat Bang Indrak Kusuma juga bilang, jangan lupa untuk menggunakan menu bulleted list atau numbered list untuk mendapatkan fitur Snippet dari google. Beliau juga membahas tentang struktur paragraf dalam artikel.

Usahakan menggunakan spasi atau jarak yang tidak terlalu rapat. Ciptakan white blank space untuk dalam tiap subtitle untuk memanjakan mata para pembaca.


6. Keunikan Konten

Dalam menulis artikel dan optimasi seo on page, Indra Kusuma memang demen banget dengan scrape and spin artikel, tapi bukan berarti kita harus copas mentah-mentah artikel tersebut.

Dalam mensucikan artikel hasil scrape, haruslah spin artikel dulu. Baca ulang, edit mana yang harus diedit, koreksi, baca ulang lagi. Jika sudah sreg, barulah di-publish. 

Point terpenting dalam contoh seo on page di sini adalah artikel kalian lolos plagiarisme dengan tool pengecek plagiarisme yang terpercaya. Dalam hal ini, tool andalan pakar seo dunia akhirat kita adalah 1text.com 


7. Reading Level Artikel

Dalam menulis artikel seo, haruslah mengetahui siapa target pembaca artikel kita. Dengan mengetahui target pembaca, kita bisa lebih mudah optimasi seo on page untuk menyesuaikan reading level artikel yang kita buat.

Pakailah wordcounter.net untuk mengecek reading level artikel. Copas tulisanmu di web wordcounter, ya.

Optimasi seo on page indra kusuma
Optimasi seo onpage: Perhatikan reading level


Fokus pada Reading level. Untuk reading level pada artikel yang Bang Indrak tulis, ini masuk kategori Collage Graduate. Artinya, artikel ini tidak cocok dibaca untuk semua level pembaca. Untuk Collage Graduate sendiri seharusnya target pembacanya adalah para sarjana atau orang berpendidikan tinggi yang mengerti bahasa tinggi seperti ini.

Jika kamu menulis blog gado-gado dengan target pembaca orang umum bebagai umur dan latar belakang pendidikan seharusnya reading level menunjukkan Basic atau elementary.


8. Tebar Keyword Utama dalam Paragraf Pertama

Ini sudah jelas ya. Tidak perlu dibahas lebih dalam lagi. Pokoknya taruh saja beberapa keyword utama pada paragraf pertama. Perkaya keyword utama pada 100 kata pertama yang kamu tulis dalam artikel.

contoh seo on page
Optimasi seo onpage: Perbanyak keyword di paragraf pertama



Untuk level Bang Indrak yang sudah teruji klinis keberanian dan kelelakiannya, ia tidak pernah takut dengan yang namanya keyword stuffing. Mengapa? Tanya sendiri pada pakar seo onpage dunia akhirat kita.


9. Permainkan Struktur Paragraf

Kalau tadi kita membahas optimasi seo onpage dalam hal struktur konten, kali ini kita bahas tentang struktur paragraf. Kalian pasti sudah tahu tentang bagaimana konsep paragraf. Untuk struktur paragraf, kita harus pandai mempermainkan H1 H2 dan seterusnya.

Itu kalau kalian pakai Wordpress. Jika akai Blogspot, berarti yang kita permainkan adalah tentang Major Heading, Heading, Subheading, dan seterusnya. Dalam menulis artikel seo onpage, harus ada semua dari komponen ini.

Optimasi seo onpage indrak
Optimasi seo onpage: Perhatikan struktur paragraf


Bagaimana cara memainkan yang benar? Ya kita mullai dari Major Heading atau judul utama. Ingat! Dalam satu artikel hanya ada satu Major Heading. Selebihnya, tinggal kalian atur sendiri. Kalau masih ada pertanyaan, kejar saja Indra Kusuma di channel Youtube nya.


10. LSI Keyword

LSI atau Laten Semantic Indexing adalah keyword turunan dari keyword utama. Maksudnya LSI Keyword ini adalah beberapa keyword yang masih ada kaitannya dengan keyword utama.

Tulislah artikel seo dengan memperbanyak LSI Keyword agar tidak terkena stuffing keyword. Untuk mendapatkan LSI keyword, kalian bisa cek di beberapa tool untuk riset keyword, seperti google keyword planner, LSI graph, dan lain-lain.

optimasi seo on page indrak
Optimasi seo onpage: Riset keyword untuk LSI keyword


Ambil saja LSI keyword yang menurut kalian relefan dengan artikel seo kalian. Sukur-sukur yang ada volume dan CPC nya. Kekekekee


11. Perkaya Sinonin Keyword
12. Pakai Internal Link dan Outbound Link
13. Bebas Broken Link 404
14. Optimasi Image
15. Pilih Template yang WoW
16. Hati-Hati Bounch Rate
17. Perhitungkan Panjang Kata
18. Kedalaman Konten
19. Sertakan Multimedia
20. Update Konten Secara Berkala


Maaf, ya. Untuk Optimasi SEO Onpage Ala Bang Indrak alias Indra Kusuma Idaman Wanita se Jabodetabek aku potong di sini dulu. Capek banget menulisnya. Masih ada 10 lagi yang beum dibahas. Yang penting sudah ada point-point nya, tinggal kalian kembangkan sendiri.

Jika tidak ingin susah-susah, cukup kejar Bang Indrak ke Youtube (Blog Tips), Facebook (Indra Kusuma), atau ke personal blog nya (www.indrak.eu.org). 

Aku tidak menyertakan link hidup, karena tidak ingin merugikan dia dengan menanam backlink yang tidak berkualitas. Kalau menyertakan link hidup juga bakal di disavow, jadi buat apa?

optimasi seo onpage indra kusuma
Akun Facebook Indra Kusuma Pakar seo dunia akhirat


Jika kalian bertanya kenapa blog shalyschan.com sama sekali tidak ada yang page one, itu karena memang aku tidak menerapkan optimasi seo on page ini. Blog ini sama sekali tidak seo. Aku bangun blog ini cuma untuk suka-suka aja.

Bukan berarti munafik. Seperti halnya dokter, dokter meresepkan obat, ada juga yang punya apotek pribadi. Tapi apa mereka harus meminum semua obat-obatan yang ia punya? Tidak, kan? Nah, itulah gambaran dari blog shalyschan.

Terima kasih. 


Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751