Skip to main content

Cara Masak Telur Rebus Matang Sempurna Tanpa Pecah

Cara Memasak Telur Rebus Matang Sempurna Tanpa Pecah

Memasak Telur Rebus adalah sebuah kegiatan memasak yang paling mudah. Kalian bisa langsung memasak air dan memasukkan telur ke dalam panci. Lalu tunggu sampai beberapa menit. Jadi deh telur rebus.

Sayangnya, cara memasak telur rebus yang enak tidak sesimpel itu. Ada beberapa trik agar telur rebus yang kalian masak bisa mencapai tingkat kematangan yang kalian inginkan. Tidak hanya itu, kalian juga harus memahami bagaimana cara memasak telur rebus agar mudah dikupas.


Cara Masak Telur Rebus yang Enak

Cara Memasak Telur Rebus yang Enak

Berikut ini adalah beberapa cara memasak telur rebus yang enak yang biasa aku terapkan dan dapat kalian praktekkan sendiri di rumah.

  1. Siapkan panci berisi air.
  2. Cuci telur yang akan direbus.
  3. Masukkan telur ke dalam panci berisi air tadi.
  4. Tambahkan air jika dirasa telur tidak terendam sempurna.
  5. Rebus telur dengan api sedang. Tunggu sampai kira-kira 10 menit.
  6. Telur sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Itu tadi adalah cara merebus telur versiku sendiri. Ada juga yang memasak telur rebus dengan memasukkan telur ke panci dalam keadaan air sudah mendidih. Terserah kalian mau pilih yang mana, toh yang penting sama-sama matang.


Memasak Telur Rebus Berapa Menit

Memasak Telur Rebus Berapa Menit
Perkiraan waktu dan tingkat kematangan telur rebus

Pertanyaan seperti ini banyak sekali ditanyakan oleh orang yang suka memasak telur rebus dengan hasil yang tidak sempurna. Entah itu kurang matang, atau bisa jadi malah kematangan. Dari cara merebus telur di atas, aku pakai 10 menit untuk merebus telur.

Baca Juga: Resep Telur Balado

Sebenarnya, untuk lama waktu memasak telur rebus berapa menit, itu juga tidak bisa menjadi patokan pakem. Karena ada besar kecilnya api juga yang mempengaruhi. Namun, pada dasarnya jika merebus telur dengan api sedang, semua hasil tingkat kematangan bisa diseragamkan dengan lama waktu merebus. 


Cara Merebus Telur Setengah Matang

Merebus telur setengah matang ini biasanya selain karena selera, juga kadang digunakan untuk pengobatan. Telur yang direbus dengan setengah matang pun bukan telur yang biasa, melainkan telur ayam kampung.

Cara Merebus Telur Setengah Matang
Telur rebus setengah matang


Cara merebus telur setengah matang yaitu dengan tidak lama-lama merebusnya. Kalian bisa merebus telur selama kurang lebih 5 menit untuk mendapatkan hasil rebusan telur setengah matang.

Baca Juga : Resep Mie Goreng Jawa Sederhana

 

Cara Mengetahui Telur Rebus Sudah Matang

"Telur rebus ini sudah matang apa belum, ya?" 

Pernah, kan, kalian berpikir seperti itu saat memasak telur rebus? Wajar sih kalau pernah. Namanya saja telurnya terbungkus cangkang. Mana kita tahu telur tersebut sudah matang atau belum.

Tidak perlu memecah telur sebagai proses percobaan untuk mengetahui telur sebus sudah matang atau masih mentah. Kalian cukup bersabar dan gunakan patokan lama waktu pada gambar di atas.

Cara mengetahui telur rebus sudah matang atau belum, bisa juga dengan melihat ciri-ciri dari telur yang sudah matang saat direbus. Saat kalian merebus telur, telur rebus tersebut terlihat bergerak dengan ringan dan aktif dalam air mendidih. Itu tandanya telur rebus sudah matang.

Cara Mengupas Telur Rebus Supaya Mulus
Memasak telur rebus

Ada juga tanda-tanda lain, seperti berkurangnya buih dalam didihan air. Rebusan telur yang sudah matang ditandai dengan jernihnya air rebusan telur.


Cara Mengupas Telur Rebus Supaya Mulus

Setelah mengetahui cara merebus telur beserta ciri-ciri telur sudah matang atau belum, kita beralih ke cara mengupas telur rebus. Mengupas telur rebus memas sangat mudah. Kalian cukup memukul sedikit cangkang telur yang sudah matang dan mengupasnya perlahan.

Cara Mengupas Telur Rebus Supaya Mulus
Mengupas telur rebus

Tunggu dulu. Pastikan telur rebus tadi sudah dalam keadaan dingin. Jangan menyupas telur yang masih panas, karena proses pendinginan yang belum sempurna dapat menghancurkan penampilan telur rebus.

Terkadang, mengupas telur rebus tidak semulus yang kita kehendaki. Tak jarang hasil kupasan telur rebus berpenampilan benjol tak karuan dan tentu ini tidak sedang dipandang mata. 

"Sebenarnya, ini salah apanya?"


Penyebab Telur Susah Dikupas

Ada beberapa faktor penyebab telur susah dikupas. Jadi, jika telur rebusmu bentuknya tak karuan, mungin beberapa faktor di bawah ini adalah penyebabnya.


1. Telur Terlalu Baru

Telur yang baru dihasilkan dari ayam, memang tidak cocok untuk direbus. Cocoknya untuk membuat mie instant dengan campuran telur dan sayur. Atau bisa juga dengan menerapkan resep dadar jagung

Jika ingin melaksanakan hajatan dan memutuskan untuk memasak telur rebus, pastikan telur yang kalian beli sudah berumur 5-7 hari dari keluarnya telur di tubuh ayam.

Kurang Waktu Merebus TelurSeperti yang sudah diterangkan di atas dalam bahasan cara memasak telur rebus. Waktu yang terlalu singkat dapat membuat telur rebus hancur. Beda lagi jika kalian memang menghendaki mengkonsumsi telur rebus dengan tekstur seperti ini.

Namun, saat kalian memasak telur rebus tersebut untuk dikonsumsi orang lain, tentunya kalian ingin kan hasil telur rebus yang dikupas menjadi mulus? Oleh karena itu, rebuslah telur hingga benar-benar matang. Yang penting telur sudah matang dan tampilannya sangat cantik.

2. Langsung Dikupas Saat Matang

Inilah kesalahan yang sering dilakukan saat mengupas telur rebus. Dipikir biar lebih cepat, telur rebus yang baru saja mendidih langsung diangkat dan dikupas. Hasilnya apa? Tentu selain tanganmu kepanasan, telur rebus tadi juga penampilannya pitak, jelek.

Yang benar adalah, saat telur rebus sudah matang, pindahkan pada bak berisi air dingin. Tunggu sampa telur tersebut berubah dingin, barulah kalian bisa mengupas telur rebusnya.

Baca juga : Resep Capcay Goreng Jawa simple

 

Cara Merebus Telur dengan Rice Cooker

Ternyata rice cooker tidak hanya digunakan untuk menanak nasi, Guys. Benda pusaka ini juga ternyata bisa dibunakan untuk merebus telur.


Bagaimana Cara Merebus Telur dengan Rice Cooker?

Ada dua metode cara merebus telur dengan rice cooker. Yang tertama yaitu seperti mengukus. Dan yang ke dua yaitu dengan metode tissu. Eh, ada satu lagi yang ketinggalan. Metode tumpang sari, telur ditumpang dengan nasi.


1. Cara Merebus Telur dengan Rice cooker (Kukus)

  • Siapkan telur yang sudah dicuci.
  • Tuangkan air kira-kira satu gelas pada rice cooker. 
    Cara Merebus Telur denga Rice Cooker
    Cara Merebus Telur dengan Rice Cooker

  • Masukkan sarangan (Rak steamer). 
    Cara Merebus Telur denga Rice Cooker
    Cara Merebus Telur dengan Rice Cooker


  • Masukkan telur. Tata dalam keadaan berdiri biar lebih cantik. Kalau dirasa riber ya terserah.
    Cara Merebus Telur denga Rice Cooker
    Cara Merebus Telur dengan Rice Cooker


  • Tutup rice cooker.
    Cara Merebus Telur denga Rice Cooker
    Cara Merebus Telur dengan Rice Cooker


  • Tekan tombol powernya.
    Cara Merebus Telur denga Rice Cooker
    Cara Merebus Telur dengan Rice Cooker


Kalian cukup menunggu sampai telur sebus matang.

2. Cara Merebus Telur denga Rice Cooker pakai Tisu

Langkah di atas adalah cara merebus telur dengan rice cooker memakai cara dikukus. Bagaimana jika hanya dengan pakai tissue? Mudah sekali. Begini caranya:

  • Cuci telur lalu keringkan.
  • Siapkan Tisu Serba Guna (TSG), alasi dasar rice cooker dengan tisu ini. Sebelum diletakkan, basahi dulu dengan air.
  • Masukkan telur yang sudah bersih ke dalam rice cooker yang sudah dilapisi tisu basah.
  • Tutup rice cooker dan tekan tombol powernya. 

Cara Merebus Telur denga Rice Cooker pakai Tisu

Cara Merebus Telur denga Rice Cooker pakai Tisu


Tunggu sampai saklar indikatornya berubah, ya. Jika sudah berubah warna dan posisi berarti telur rebus sudah matang.


3. Masak Nasi dan Telur di Rice Cooker

Aku banget nih, masak nasi dan telur di rice cooker. Di samping hemat waktu, hemat biaya juga. Hahaha ...

Tunggu dulu. Karena telur ayam yang mau kalian rebus ini banyak kotorannya dan akan direbus jadi satu dengan nasi, maka cucilah hingga benar-benar bersih.

Masak Nasi dan Telur di Rice Cooker
Masak nasi dan telur di rice cooker


Setelah kalian pastikan cangkang telur benar-benar bersih, saatnya masak nasi dan telur di rice cooker. Masukkan bahan telur rebus ke nasi/beras yang sudah lebh dulu nangkring di rice cooker. Taruhlah telur di posisi pinggir. jangan di tengah.

Penting dibaca: Cara Menanak Nasi Tanpa Rice Cooker

Setelah nasi dan telur di rice cooker matang, langsung angkat telur tersebut berikut nasi yang menempel di kulit telur. Mudah, kan?

Itu tadi adalah beberapa cara memasak telur rebus.Ada yang pakai manci, ada yang pakai rice cooker. Kalian tim mana? Panci atau rice cooker? Shalys Chan 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->