BLANTERVIO103

Pengertian Prosa dan Macam Macam Prosa

Pengertian Prosa dan Macam Macam Prosa
Jumat, 04 September 2020
Pengertian Prosa dan Macam Macam Prosa

Pengertian Prosa dan Macam Macam Prosa. Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata prosa? Sesuai yang kalian tahu, karangan terdiri dari dua macam, yaitu prosa dan puisi. Masing-masing dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya puisi. Sebuah karangan yang dibacakan secara mendayu-dayu dengan beberapa sajak dan bahasa yang kadang kita kesulitan mengetahui makna aslinya.

Ya. Itu adalah puisi. Lantas, bagaimana dengan pengertian prosa?

Pengertian Prosa


Pengertian Prosa

Dalam bahasa Latin, prosa berarti terus terang. Maksudnya, penulisan prosa adalah sebagaimana makna asli yang tertulis dalam prosa tersebut, tanpa adanya bumbu perumpamaan seperti puisi.

Prosa ialah sebuah karangan bebas. Cara penulisan prosa pun tidak seribet puisi yang harus memperhatikan ritme, sajak, atau berbagai bahasa metafora yang harus dipakai seperti saat menulis puisi.

Seiring perkembangan zaman, pengertian prosa semakin meluas dan diartikan sebagai sebuah karangan yang ditulis menjadi beberapa paragraf.

Apa Ciri-Ciri Prosa?

Ciri-Ciri Prosa


Ada yang sudah tahu apa saja ciri-ciri pari prosa? Setelah belajar tentang pengertian prosa, tentunya kalian sudah ada gambaran, kan, bagaimana bentuk sebuah prosa? Untuk lebih memahami tentang apa itu prosa, marilah kita pelajari ciri-ciri prosa berikut ini:

1. Ditulis dengan Bebas

Seperti yang dikatakan tadi, prosa adalah karangan yang lebih bersifat bebas tanpa terikat baris, diksi yang ketat suku kata, rima, dan lainnya. Karena tanpa terikat baris, artinya kalian bisa menulis prosa ini dengan bebas dan merangkainya sepanjang mungkin sampai membentuk paragraf, bahkan bisa untuk beberapa paragraf.

2. Mempunyai Tema

Sama seperti hasil karya lain, ciri-ciri prosa adalah memiliki tema yang akan diusung pada cerita tersebut. Tema ini yang akan menjadi inti pembahasan dari penulisan prosa tersebut.

3. Adanya Urutan Kejadian

Urutan kejadian, atau yang sering disebut dengan alur cerita merupakan salah satu ciri-ciri prosa. Alur dapat berupa alur maju, alur mundur, atau pun maju mundur.

4. Mempunyai Tokoh

Ciri-ciri prosa selanjutnya adalah terdapat sebuah tokoh yang akan diceritakan. Tokoh ini bisa berupa manusia, hewan, juga tumbuhan.

5. Mempunya Latar

Ciri-ciri prosa yang terakhir adalah adanya latar atau keterangan. Latar sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu Keterangan tempat (Tempat di mana kejadian itu terjadi), Keterangan waktu (Kapan peristiwa tersebut terjadi), dan Keterangan suasana (Bagaimana suasana saat kejadian tersebut).
 

Macam Macam Prosa

Macam Macam Prosa

1. Prosa Lama

Prosa Lama : Prosa yang masih asli dan belum dipengaruhi dengan kebudayaan barat. Karena zaman dulu belum mengenal tulisan, prosa lama cenderung memakai bahasa lisan dalam penyampaiannya.

Jenis-Jenis Prosa Lama

 
jenis jenis prosa lama

A. Kisah

Kisah ialah cerita tentang perjalanan suatu tokoh utama dari tempat satu ke tempat yang lain.

B. Hikayat

Hikayat merupakan sebuah prosa lama yang bercerita tentang sesuatu yang mustahil dan tidak mungkin adanya. Seperti menceritakan kehidupan peri, juga dewi-dewi atau raja yang sekiranya punya kekuatas mistis/gaib.

C. Sejarah

Jika berbicara sejarah, tentu peristiwa ini sudah terjadi entah beberapa tahun yang lalu. Sejarah juga termasuk salah satu contoh prosa lama. Sejarah adalah sebuah karangan yang mengambil cerita dari masa lampau dengan tokoh dan peristiwa tertentu, seperti Sejarah Melayu, dan lain-lain.

D. Cerita Berbingkai

Cerita berbingkai adalah cerita yang dalam cerita tersebut ada cerita lagi yang diceritakan oleh salah satu tokohnya.

E. Dongeng

Ternyata, dongeng juga termasuk contoh prosa lama, lho. Dongeng sendiri adalah sebuah cerita yang bersifat khayalan.

Macam-Macam Dongeng

  1. Dongeng Jenaka : Dongeng yang dikemas dengan sedikit humor.
  2. Sage : Menceritakan kehebatan dan kepahlawanan seseorang.
  3. Fabel : Cerita dengan tokoh utama berupa hewan.
  4. Legenda: Sejarah terjadinya tempat atau wilayah.  Parabel : Cerita menggambarkan pesan moral dan keagamaan.
  5. Mitos/mite : Menceritakan tentang sebuah kepercayaan pada benda mempunyai kekuatan gaib.

2. Prosa Baru

Prosa Baru : Prosa yang tidak asli lagi serta sudah terpengaruh kebudayaan dan sastra barat.

Jenis-Jenis Prosa Baru

 
jenis jenis prosa baru

A. Biografi 

Biografi atau riwayat adalah prosa baru yang berisikan penngalaman hidup seseorang, baik penulis itu sendiri, ataupun orang lain dari kecil hingga dewasa. Jika memang itu orang lain, kadang bisa menceritakan sampai meninggal.

B. Resensi

Jenis-jenis prosa baru selanjutnya adalah resensi. Resensi merupakan pertimbangan atau ulasan tentang hasil karya, baik berupa buku, majalah, atau yang lainnya.

C. Kritik

Pernah dikritik seseorang? Atau pernah mengkritik seseorang? Tentunya kalian sudah paham betul, dong, tentang apa itu kritik? Kritik juga merupakan contoh prosa baru. Kritik berisi tentang penilaian suatu hasil karya dengan disertai beberapa alasan baik buruknya suatu hasil karya tersebut.

D. Esai

Esai ialah karya tulis yang berisi pendapat pribadi, atau masalah yang diangkat dari sudut pandang penulis itu sendiri. Dari semua karangan di atas, sepertinya Esai-lah yang paling mudah. Karena memang cara penulisan Esai ini bebas sesuai pikiran penulis itu sendiri.

E. Roman

Kalian tentu penah dengar istilah Roman, kan? Roman ialah contoh prosa baru yang bercerita tentang kehidupan tokoh utama secara mendetail dengan segala permasalahannya.
Biasanya, roman menceritakan tentang pelaku utama dari dia dalam masa anak-anak, beranjak remaja, dewasa, bahkan ada yang sampai meninggal.
Tidak hanya itu, saking detailnya, roman juga mengangkat adat dalam kehidupan masyarakat (sesuai tokohnya) secara keseluruhan.

F. Novel

Hmmm ... tidak asing lagi, kan, dengan istilah Novel? Novel adalah bentuk jenis baru yang mengungkap kehidupan tokoh utama dengan berbagai konflik atau masalah yang menarik. Karena tidak semendetail roman, tentunya novel ditulis lebih pendek dari roman.

G. Cerpen

Cerpen, alias cerita pendek adalah sebuah prosa baru yang bercerita sedikit dari kehidupan tokoh utama. Biasanya, hanya satu atau dua topik/konflik yang menarik yang diusung dari cerpen. Sesuai dengan namanya –cerita pendek- cerpen tentunya lebih pendek lagi dari novel.

Contoh Karangan Prosa

Setelah mengetahui pengertian prosa, macam-macam prosa, baik prosa lama maupun prosa baru, marlah kita perdalam pembahasan prosa dengan membuat contoh karangan prosa.

Contoh Prosa Lama

Untuk contoh prosa lama kita ambil jenis prosa lama yang berupa Fabel

Kisah Semut dan Merpati

Di Pagi yang cerah, ada seekor semut yang merasa bosan karena terus berada dalam sarang. Karena bosan, ia pun memutuskan untuk pergi berpetualang mencari kesenangan.
Semut tersebut pamit kepada orang tuanya. Sang ibu memberinya bekal untuk perjalanan dan memberi pesan agar anak semut selalu berhati-hati di jalan dan harus cepat pulang. Semut itu pun berjanji untuk pada sang ibu untuk segera pulang.

Contoh prosa lama
Kisah Semut dan Merpati
 
Dalam perjalanan, anak semut itu melihat air terjun dan ingin sekali meminumnya. Ia terus mendekat. Karena tidak berhati-hati, ia pun terjatuh dan nyaris tenggelam.
Beruntung ada seekor merpati yang sedang melintas. Merpati itu pun menolong semut dengan menjatuhkan daun untuk dinaiki semut, dan berhasillah semut sampai ke daratan.
Tidak disangka, ada seekor pemburu yang hendak melepaskan anak panahnya ke arah merpati. Si semut yang mengetahui itu pun langsung menggigit kaki si pemburu, dan melesetlah anak panahnya.
Sambil terbang, si merpati mengucapkan terima kasih pada semut. Begitu juga dengan si semut yang berterima kasih pada merpati.
Akhirnya, si semut itu pun memutuskan untuk pulang. Ia senang telah menjelajahi dunia meski tak seberapa.  Tiba di rumah, si ibu semut bertanya tentang pengalaman apa saja yang didapat anak semut dalam perjalanannya. Dengan bangga si semut menceritakan kejadian tolong menolong yang ia lakukan bersama merpati.
Semut pun bahagia mendapat pengalaman baru dan bisa menolong sesama.

Contoh Prosa Baru

Sebagai contoh prosa baru, kita akan membuat sebuah kritik.

Kritik Novel Mantai Istri

Secara keseluruhan, novel ini sangat bagus. Ceritanya mengena dan dapat membuat pembaca larut di dalamnya. Namun, ada beberapa permasalahan yang dapat saya tangkap dalam novel ini. Di antanyanya, penulisannya yang masih cenderung kacau, serta terlalu banyak kalimat umpatan di dalamnya.

Itu tadi adalah materi pembahasan tentang prosa yang meliputi pengertian prosa serta macam-macam prosa yang dibahas secara singkat padat dan jelas. Diharapakan kalian mampu untuk memahami dan dapat membuat sendiri contoh prosa, baik itu contoh prosa lama maupun contoh prosa baru. Shalys Chan
Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751