Skip to main content

Cara Mengembangkan Usaha Jahit

Usaha Jahit. Wahai pembaca semua –padahal mungkin tidak ada yang baca- yang kebetulan punya hobi menjahit, tapi tidak menjadi penjahit juga tidak punya usaha jahit. Pernakah kalian berangan-angan untuk membuka usaha jahit di rumah? Kalau pernah, sudahkah kalian merealisasikannya?

Cara Mengembangkan Usaha Jahit
Cara Mengembangkan Usaha Jahit

Bisa menjahit itu enak, lho. Kita bisa membuat pakaian dan kerajinan dari hasil karya jahitan kita sendiri. Kalau kamu bisa menjahit dan tidak punya usaha jahit, itu sayang banget. Orang yang tidak bisa menjahit aja banyak yang ingin belajar menjahit demi untuk punya usaha jahit rumahan. Kalian yang bisa menjahit, kenapa tidak memutuskan untuk memulai?


Membuka usaha jahit di rumah itu cukup menjanjikan. Bayangkan saja, hanya dengan kain setengah meter yang harganya tidak sampai 20.000 kamu sudah bisa membuat satu kemeja anak yang bisa dijual dengan harga dua kali lipatnya. Bahkan bisa lebih, lho. 


Tertarik untuk membuka usaha jahit rumahan? Yuk baca terus tulisan ini.
 

Cara Memulai Usaha Menjahit di Rumah 

Sebagai ibu rumah tangga yang full di rumah, membaca peluang bisnis yang sekiranya cocok untuk kalian adalah sebuah keharusan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan keterampilan menjahit yang kamu punya untuk dijadikan peluang usaha.
 

Lalu, bagaimana cara memulai usaha menjahit di rumah?
 

1. Niat yang Kuat Untuk Memulai

Untuk mengembangkan usaha jahit yang pertama adalah dengan memperkuat niat. Semua akan gagal jika niatmu kurang kencang. Karena, seenak apapun usaha, pasti suatu saat ada masalah. Sama halnya dengan usaha menjahit.
 

Jadi, jika kalian berkeinginan untuk membuka jahitan di rumah, mulai sekarang tata niatnya. Jika suatu saat jika ada masalah, kalian tidak kaget dan pantang menyerah.
 

2. Perhatikan Tempat Usaha Jahit

Untuk mengawali usaha jahit, hal yang harus kalian perhatikan adalah tempat usaha itu sendiri. Tidak perlu menyewa tempat untuk mengawali usahamu. Cukup sediakan satu tempat khusus di rumah untuk kalian jadikan kegiatan menjahit.
 

Cara memulai usaha menjahit di rumah
Tempat usaha jahit

Kalian juga bisa pasang banner dengan inti tulisan “Menerima Jasa Jahit” atau kalimat yang senada. Letakkan itu di depan rumah. Dengan itu, semua orang akan tahu jika kalian memang sedang kembangkan usaha jahit.
 

3. Modal Membuka Usaha Jahit

Cara mengembangkan usaha jahit selanjutnya adalah adanya modal. Realistis saja. Semua usaha pasti ada modal awal, begitu juga dengan bisnis menjahit. Jika kalian memang tergolong orang baru dalam hal ini, modal membuka usaha jahit pun bisa dimulai dari yang paling ringan dulu.
 

Mesin Jahit Untuk Usaha Rumahan

Yang Terpenting adalah kalian harus punya mesin jahit untuk usaha rumahan. Bagaimana bisa menjahit kalau tidak ada mesin jahit? Mesin jahit yang dibutuhkan pun tidak perlu mahal-mahal. Cukup gunakan mesin jahit hitam (klasik) yang bisa dimodifikasi menjadi mesin jahit listrik. 
 

Untuk harga, bisa kalian googling sendiri. Tidak mahal, kok. Ada juga mesin jahit untuk usaha rumahan yang harganya sekitar 1.000.000 an.
 

Cara memulai usaha menjahit di rumah
Mesin jahit untuk usaha rumahan

Dengan mesin jahit listrik itu kamu sudah mempunyai modal awal untuk menjahit. Jika budget minim, bisa beli mesin jahit bekas. Yang penting masih bisa digunakan. Harganya juga terbilang cukup murah. Sekitar 500.000 an.
 

Cara Mengembangkan Usaha Jahit
Mesin jahit untuk usaha rumahan

Untuk mesin Obras, kalian bisa membelinya jika memang ada dana. Jika tidak, bisa kalian akali dengan memakai jasa obras di tukang jahit lain.
 

Bahan dan Peralatan Menjahit

Setelah mendapatkan mesin jahit untuk usaha rumahan, hal lain yang kamu butuhkan adalah peralatan menjahit. Untuk peralatan menjahit sendiri cukup simpel. Di antaranya adalah:

  1. Benang jahit
  2. Jarum jahit
  3. Gunting kain
  4. Pita ukur

Cukup dengan empat alat dan bahan menjahit tadi, kamu sudah bisa membuka jahitan. Nanti, bisa dilengkapi sambil berjalan. Untuk elastis, pengait rok, kain keras, dan lain lain bisa kalian beli jika membutuhkan.

Cara memulai usaha menjahit di rumah. Cara Mengembangkan Usaha Jahit
Alat dan bahan menjahit

 Tentang modal membuka usaha jahit lainnya, akan aku bahas pada artikel mendatang, ya.

 

Cara Mencari Orderan Jahitan Sekaligus Cara Memasarkan Hasil Jahitan

Setelah ada niat dan mesin jahit untuk menjahit, yang harus kamu pikirkan sekarang adalah tentang cara mencari orderan jahitan. Kalian harus pintar-pintar untuk mendatangkan konsumen, apalagi jika usaha jahit ini merupakan usaha barumu.
 

Lalu, bagaimana cara mencari orderan jahitan?
 

1. Tingkatkan Keterampilan Menjahit

Kepercayaan adalah modal utama selain masalah finansial. Bikin konsumen percaya dengan keterampilan menjahit dan usahamu. Bagaimana caranya? Ya harus sering-sering latihan.
 

Cara Mencari Orderan Jahitan Sekaligus Cara Memasarkan Hasil Jahitan
Cara mencari orderan jahitan

Jika kamu sudah berani membuka usaha jahit di rumah, itu artinya kamu harus siap menerima pesanan pelanggan. Jangan sekali-kali kecewakan mereka. Kalau dirasa kemampuanmu belum cukup dan tetap ingin untuk memulai menerima pesanan, maka terimalah pesanan yang sekiranya kamu bisa mengerjakannya.

Jangan terima orderan jahitan jika kamu masih ragu antara bisa dan tidaknnya. Sekali kalian mengecewakan mereka, mungkin mereka tidak akan kembali lagi memakai jasa jahitmu. Satu lagi, hindari konsumen yang cerewet jika kalian masih tergolong pemula dan belum siap mental untuk dikomplain.
 

2. Pakai Baju Hasil Jahitan Sendiri

Cara memasarkan hasil jahitan yang paling sering digunakan untuk pelaku usaha tailor pemula adalah dengan memakai hasil jahitan sendiri. Dengan cara ini setidaknya kamu bisa mempertontonkan hasil karyamu dan membuat orang yang melihatnya tahu jika kalian menerima pesanan jahitan.
 

3. Tentukan Target Konsumen

Dalam mendatangkan konsumen yang tepat, kaliat harus menentukan target konsumen terlebih dulu. Jika sekiranya kalian menjahit khusus busana muslimah, kerudung instan, serta menjahit mukenah dengan berbagai size, berarti target konsumenmu adalah para ibu muslimah tersebut.

Begitu juga jika jahitanmu adalah khusus untuk anak-anak, konsumen yang kalian bidik harusnya adalah ibu-ibu yang punya anak di usia kanak-kanak. Dekatilah mereka. Ini adalah cara memasarkan hasil jahitan yang paling ampuh yang bisa kamu gunakan.


Setelah kalian mendapatkan pesanan jahitan oleh mereka dan mereka puas, pasti mereka juga akan merekomendasikan usaha jahit rumahan kalian pada rekan mereka.
 

4. Bisnis Jahit Online

Setelah bisnis menjahit sukses secara offline, jangan lupa lirik juga pasar online, apalagi di zaman yang sudah serba online seperti ini. Bisnis jahit online sepertinya sudah sangat membludak. Jika kalian tidak bisa merambah ke pasar online, sayang sekali, kan?


Bisnis jahit online juga merupakan sebuah peluang usaha yang cukup manis. Kalian bisa mengunggah hasil jahitan customer dengan sedikit menambahkan caption yang berkenaan dengan menerima pesanan jahitan via online.
 

Cara Mencari Orderan Jahitan Sekaligus Cara Memasarkan Hasil Jahitan
Bisnis online jahit

Jika kalian sudah masuk ke skala produksi, cara memasarkan hasil jahitan dengan usaha jahit online ini tentu merupakan cara yang ampuh untuk mendatangkan konsumen via online. Pajanglah hasil produksi ke sosmed-mu. Sertakan pula contact person untuk mempermudah konsumen menghubungimu.
 

Siapa tahu kalian akan mendapatkan pesanan masal dari bisnis jahit online yang sedang kalian jalankan. Bisa jadi nanti bisnis jahit online kalian akan menjadi bisnis jahit sukses lebih dari usaha jahit rumahan offline-mu. 
 

5. Kerjasama Usaha Jahit

Cara mengembangkan usaha jahit selanjutnya adalah dengan melakukan kerjasama usaha jahit. Jika bisnis jahitmu sudah sukses, hal yang harus kamu lirik selanjutya adalah dengan melaksanakan kerjasama.
 

Cara Mencari Orderan Jahitan Sekaligus Cara Memasarkan Hasil Jahitan
Kerjasama usaha jahit

Kerja sama usaha jahit ini bisa berupa kerja sama antar penjahit. Bisa juga dengan merekrut karyawan untuk lebih mengembangkan usaha jahitmu. Misalnya, bagian desain dan model, kalian serahkan ke pihak A. Untuk pola dan pemotongan, kalian lemparkan untuk si B. Nanti untuk proses jahit dan obras, si C yang akan mengerjakan.

Seperti itulah kerjasama usaha jahit dalam proses menjahitnya. Hal tersebut bisa kalian terapkan juga dalam cara memasarkan hasil jahitan. Nanti kalian bisa membentuk tim pemasaran tersendiri untuk urusan kerjasama usaha jahit di bidang pemasaran ini.
 

Kelemahan Usaha Menjahit

Cara Mengembangkan Usaha Jahit- Bisnis jahit rumahan memang cukup menjanjikan. Tapi ingatlah, setiap usaha pasti ada kelemahannya. Begitu juga dengan usaha tailor ini.
Apa saja kelemahan usaha menjahit rumahan?
 

1. Persaingan Harga Menjadi Kelemahan Usaha Menjahit

Kelemahan Usaha Menjahit
Kelemahan usaha menjahit

Memang, semua orang butuh pakaian untuk sehari-harinya. Namun, maraknya usaha jahit masal yang dilakukan oleh para pengusaha besar seperti konveksi dan garment tentu akan mengikis para pelaku usaha jahit rumahan.

Harga yang diproduksi perusahaan konveksi dan garment tentunya relatif lebih murah dari harga jahit di penjahit rumahan. Tentu hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti penggunaan mesin overdeck yang bisa menjahit dan mengobras dalam sekali jalan. 

Dengan perbedaan kecanggihan mesin jahitnya, tentunya waktu dan biaya listrik akan terpangkas cukup besar. Bukan hanya itu, faktor pembelian kain dengan sistem roll yang jahuhnya lebih murah tentunya tidak bisa diikuti oleh pelaku usaha jahit rumahan. Alhasil, persaingan harga tidak bisa dihindarkan.


2. Kelemahan Usaha Menjahit Adalah Susah Berhadapan Dengan Konsumen Langsung

Kelemahan usaha menjahit selanjutnya adalah susahnya berhadapan langsung dengan konsumen. Kalian tidak bisa mendatangkan konsumen sesuai dengan keinginanmu, sedangkan watak dari manusia pun berbeda.

Kadang, kalian akan menemukan konsumen yang terbilang rewel. Dan inilah kelemahan usaha menjahit rumahan. Hal ini tidak bisa dihindarkan, sekalipun kemampuan menjahit kalian terbilang cukup pandai. Pasti ada saja orang yang kurang puas dengan hasil jahitanmu.


Lalu, bagaimana mensiasati kelemahan ini? Cukup jangan jadikan ini sebagai kendala. Atau kalian bisa merambah ke skala produksi kecil-kecilan, baik online maupun offline. Untuk bagaimana cara memasarkan jahitan, kalian tinggal baca tulisan di bagian atas tadi.

3. Harga Mesin Jahit yang Cukup Mahal Adalah Kelemahan Usaha Menjahit

Cara Mengembangkan Usaha Jahit- Memang, kita sudah bisa membeli mesin jahit hitam dengan harga dibawah 1 juta, Namun, itu hanya untuk jahit lurus. 

Kalau memang ingin mengembangkan usaha menjahit, setidaknya kita harus punya beberapa mesin jahit agar tidak kalah saing dengan produksi garmen.

Mesin jahit overdeck, mesin jahit berbagai pola, mesin neci, semua itu harganya cukup mahal dan menjadi kelemahan usaha menjahit yang sampai saat ini belum terselesaikan.


Itu tadi adalah seluk beluk cara memulai usaha menjahit di rumah, mulai dari persiapan sampai cara memasarkan hasil jahitan. Jangan takut dengan kelemahan usaha menjahit yang tadi sempat dipaparkan. Seberapa murah harga yang ditawarkan, tetap saja kualitas adalah nomor satu.


Untuk itu jangan bosan mengasah keterampilan menjahit. Tentu dengan modal jahitan yang bagus dan halus, bisnis menjahit sukses di tanganmu, seberapa pun berat persaingannya. -- Cara Mengembangkan Usaha Jahit By ShalysChan --



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->