BLANTERVIO103

Cara Menabung di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Menabung di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga
Rabu, 16 September 2020

 

Cara Menabung di Rumah untuk Ibu Rumah Tangga
Cara Menabung di Rumah untuk Ibu Rumah Tangga

Inspirasi Menabung Ibu Rumah Tangga. Hallo semua Ibu Rumah Tangga di seluruh dunia, apa kabar tentang keuangan kalian hari ini? Aman terkendali, kah? Atau sedang megap-megap? Untuk yang masih aman, aku ucapkan syukur Alhamdulillah. Untuk yang lagi megap-megap … gimana, ya?


Sedikit cerita. Beberapa waktu lalu, ada sahabat karibku yang kebetulan sama-sama ibu rumah tangga. Bedanya, fisiknya sehat, sedangkan aku punya penyakit bawaan, Lupus

Klik di sini untuk tahu apa itu penyakit Lupus.

Ia bercerita tentang keuangannya. Intinya ia sedikit ketataran untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.
 

Dari situ kucoba memberinya sedikit tips agar bisa menabung setiap hari di rumah. Awalnya ia sedikit protes dan mengeluarkan beberapa statement pembelaannya. Bahkan ada sedikit raut mengejek yang bisa kutangkap. Namun, karena ini adalah sahabatku, niatan untuk menculek matanya pun kuurungkan.
 

Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari di Rumah

Lanjut. Kira-kira dua bulan setelah itu, ia kembali menemuiku. Ternyata diam-diam ia menjalankan tips menabung ibu rumah tangga yang sempat kukasihkan dulu. Dan hasilnya apa, Pemirsa? Ia mulai bisa menghemat pengeluaran dan mengatur keuangan keluarga, serta sedikit demi sedikit bisa menyisihkan uang untuk ditabung.
 

Aku pun bahagia mendengar ceritanya.
 

Sebenarnya, tips agar bisa menabung setiap hari di rumah ini sudah kupraktekkan dari dulu, bahkan sebelum berkeluarga. Jika kalian bertanya tentang dari mana aku mendapatkan tips menabung ini, aku nggak bisa jawab itu sumbernya dari mana.
 

Ini adalah murni caraku sebelum tahu ternyata cara menabung yang menyenangkan ini benar-benar ada teorinya. Aku bukan tipe konsumtif, juga bukan tipe orang yang sangat ‘ngempet’ untuk membeli barang-barang yang kuinginkan.
 

Lalu, bagaimana aku bisa berpikiran untuk tidak menghabiskan uang dengan cuma-cuma?
Karena dari kecil aku memang dididik untuk tidak mengeluarkan uang hanya demi keinginan, melainkan sesuai kebutuhan.

“Shodaqoh-lah, maka nikmatmu akan bertambah.” Itu yang dikatakan orang tuaku dulu.


Bagaimana? Sudah bosan dengan membaca ceritaku? Kalau gitu, yuk kita lanjut membahas tetang apa saja tips agar bisa menabung setiap hari di rumah.  

Cara Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga

Syarat utama menabung adalah tentu saja dengan menghemat pengeluaran. Aku tahu, sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan uang belanja dari suami pasti ada yang protes tentang pembahasan “hidup hemat” ini.
 

“Bagaimana bisa menghemat, sedangkan untuk membeli bahan makanan sehari-hari saja udah mepet banget?’’  

Adakah yang sedang nyeletuk seperti itu? Kalau ada, berarti kalian normal. Namun, teori tersebut memanglah benar. Cara menabung harian di rumah ya harus bisa hidup hemat.
 

Lantas, bagaimana cara hemat ibu rumah tangga? Berikut adalah tips-tips penting untuk kalian praktekkan agar bisa hidup hemat.
 

1. Bikin Daftar Belanja Agar Bisa Hidup Hemat

Cara hemat ibu rumah tangga yang pertama adalah dengan membikin daftar belanja. Pernahkah kalian mengalami linglung saat berbelanja? Di rumah sudah merencanakan kebutuhan rumah tangga yang akan dibeli dan ketika di tempat belanja lupa semua?
 

Cara Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga
Cara hidup hemat dengan membuat daftar belanja

Itu adalah karena kalian tidak mempersiapkan daftar belanjaan terlebih dulu. Bukan hanya itu, membuat daftar belanja ternyata juga dapat menghemat pengeluaran belanjamu, lho! Kegiatan belanja akan menjadi terfokus dengan apa saja barang barang yang harus kamu beli sesuai daftar belanjaan yang kamu buat.
 

Kalau selama ini kamu belanja tanpa daftar belanjaan terlebih dulu, ubahlah kebiasaan itu mulai sekarang. Catatlah daftar kebutuhan belanja agar kalian juga bisa mengeluarkan uang secara bijak. Dengan begitu, otomatis kamu sudah menerapkan cara hidup hemat ibu rumah tangga.
 

2. Cara Hidup Hemat dengan Survey Harga Sebelum Membeli

Sebagai ibu rumah tangga, sepertinya cara hidup hemat yang ini sudah sering kalian praktekkan. Ya, survey harga atau melakukan perbandingan harga pada barang yang sama dengan tempat yang berbeda merupakan cara untuk memangkas –walau sedikit- uang belanjamu.
 

Jika kamu berbelanja di suatu tempat, sempatkanlah melirik-lirik bandrol harga yang sudah menempel pada barang pajangan di sana. Hal ini akan sedikit menciptakan memori di otakmu dan akan teringat kala melakukan belanja di tempat lain.
 

Perbandingkanlah barang-barang sejenis tersebut pada berbagai tempat yang sudah kalian survey. Belilah barang di tempat yang menawarkan harga termurah dan kamu telah berhasil menghemat uang belanjaan meski hanya terpaut kurang dari 5.000 rupiah saja.
 

3. Untuk Hidup Hemat, Pilih Pasar Tradisional Ketimbang Supermarket

Kalian sudah survey harga di tempat yang berbeda demi untuk hidup hemat, kan? Pasti kalian sudah tahu jika berbelanja di pasar tradisional ternyata harganya lebih murah ketimbang di supermarket atau toserba?
 

Cara Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga
Pilih pasar tradisional untuk hidup hemat

Jika sudah tahu, tunggu apa lagi? Belilah bahan makanan serta kebutuhan untuk ibu rumah tangga di prasar tradisional untuk bisa hidup hemat.

 

Meski mungkin selisihnya tidah banyak, tapi lumayan, kan, kalian bisa memakai uang selisihnya untuk menabung di rumah setiap hari?
 

4. Jangan Pakai Kartu Kredit Agar Tidak Boros

Kartu kredit memang asyik, tapi jika tidak digunakan dengan baik, maka siap-siap kamu akan tercekik. Pakailah kartu kredit secara bijak dengan hanya digunakan untuk  membeli sesuatu yang benar-benar penting saja.
 

Cara Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga
Jangan pakai katrtu kredit jika ingin hidup hemat

Pikirkan sesuatu hal yang membutuhkan dana darurat untuk pemakaian kartu kredit. Membeli mesin cucimu yang rusak, contohnya. Jangan pakai kartu kredit hanya untuk membayar hal-hal yang sebenarnya tidak harus kalian beli.
 

Bagaimana kamu bisa hidup hemat dan bisa menabung harian di rumah jika pemakaian kartu kredit saja tidak bisa kamu handle? Daripada ragu untuk memanfaatkan kartu kredit, mulai sekarang tinggalkan kartu kreditmu di laci saja. Itu adalah tempat yang aman untuknya.
 

5. Hemat Listrik Untuk Hidup Hemat

Tips hidup hemat ibu rumah tangga kali ini adalah dengan membatasi pemakaian listrik. Tentunya di rumahmu banyak, kan, barang elektronik yang memakai tenaga listrik? Ada kipas angin, AC, kompor listrik, pompa air, lampu, dan banyak lagi yang lainnya.
 

Cara Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga
Selalu hemat listrik agar bisa hidup hemat

Mulai sekarang kamu harus hemat listrik dengan membatasi penggunaan itu semua. Gunakan barang-barang yang memakai listrik tersebut seperlunya saja. Matikan jika penggunaannya sudah selesai.
 

Tagihan listrik yang menggendut tentu tidak baik untuk kesehatan keuanganmu. Jadi, untuk ibu rumah tangga seperti kita, sudah sepatutnya berinisiatif menghemat listrik bagaimanapun caranya. Misalnya, jika anak atau suami lupa mematikan lampu saat keluar kamar, maka matikanlah lampu tersebut.
 

6. Tahu Mana Kebutuhan dan Mana Keinginan

Untuk hidup hemat agar bisa menabung setiap hari di rumah adalah dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan semata. Kadang, kita sebagai ibu rumah tangga selalu kalap saat belanja. Semua yang kita inginkan seakan menjadi kebutuhan.
 

Jika seperti itu, bagaimana cara membedakan mana yang hanya keinginan dan mana yang benar-benar kebutuhan? Mudah sekali. Hanya saja butuh niat kuat untuk melaksanakannya.
 

Kamu ingin membeli sesuaatu? Tahanlah dulu. Jangan membelinya sampai satu minggu ke depan. Jika setelah satu minggu kamu terlihat baik-baik saja, berarti itu cuma keinginan, bukan kebutuhan. Terlihat kejam memang, tapi ini untuk masa depan.
 

7. Hidup Hemat dengn Cara Makan di Rumah

Satu lagi, nih, cara hidup hemat ibu rumah tangga adalah dengan makan di rumah. Sebagai ibu rumah tangga, tentunya kalian semua sudah pada pandai memasak, kan? Jika itu benar, buat apa sering-sering makan di luar?
 

Cara Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga
Makan di rumah adalah salah satu cara menabung yang menyenangkan

Dari pada mengeluarkan uang untuk jajan atau makan di luar, apa tidak lebih baik jika uang digunakan untuk membayar bahan makanan mentah yang siap kamu masak? Dengan makan di rumah, selain menghemat pengeluaran, kesehatan dan kebersihan makanan pun bisa lebih terjaga. Benar, kan? 

 

Cara Menabung Ala Ibu Rumah Tangga dan Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari di Rumah 

Setelah kamu mengetahui dan mempraktekkan berbagai cara hemat ibu rumah tangga, tentunya sudah bisa membayangkan berapa persen pengeluaran yang telah terpangkas, kan? Dari sini saja sudah bisa dilihat jika kita pun bisa sedikit menyisihkan uang belanja dari suami untuk ditabung.
 

Namun, untuk cara menabung ala ibu rumah tangga pun ada trik-triknya tersendiri agar lebih maksimal hasilnya. Simak terus tulisan pada halaman ini!
 

1. Menyisihkan Uang Belanja dari Suami

Sebagai ibu rumah tangga, kita harus bisa mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Kesehatan finansial keluarga adalah terletak pada kemampuan ibu rumah tangga dalam mengelolanya.
 

Cara Menabung Ala Ibu Rumah Tangga dan Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari di Rumah
Sisihkan uang dari suami untuk menabung

Di samping menerapkan pola hidup hemat, kalian juga bisa menabung cara menyisihkan uang belanja dari suami agar bisa mempunyai dana darurat untuk masa depan.
 

Saat suami memberi uang belanja, langsung sisihkan uang belanja dari suami untuk kalian simpan. Sisanya, buatlah itu untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Untuk jumlah berapa persen-nya, tergantung seberapa besar jumlah gaji suami dan jumlah perkiraan pengeluaran perbulanmu.
 

2. Membagi Uang Belanja dalam Beberapa Bagian

Setelah menyisihkan uang belanja dari suami, cara menabung ala ibu rumah tangga selanjutnya adalah dengan membagi uang tersebut sesuai kegunaannya. Catat anggaran pengeluaran tetap bulanan. Bagilah uang tersebut sesuai dengan jumlah pengeluaran tetap.
 

Cara Menabung Ala Ibu Rumah Tangga dan Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari di Rumah
Amplop tabungan merupakan cara menabung yang menyenangan

Aku kasih contoh biar gampang. Catat apa saja pengeluaran tetap tiap bulan, seperti bayar listrik, bayar BPJS, SPP sekolah anak dan keputuhan pulsa. Selanjutnya siapkan tempat (bisa amplop atau apapun) sebanyak berapa pengeluaran tadi. Setelah itu, isilah sesuai dengan berapa biayanya.
 

Setelah dibagi seperti ini, barulah kelebihannya bisa kamu pakai untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Dengan cara seperti ini, kamu tidak lagi pusing memikirkan biaya listrik dan lainnya. Kenapa? Karena biaya-biaya tersebut kita anggap kebutuhan primer yang harus dan sudah kita dahulukan.
 

Bagaimana jika ternyata uangnya kurang? Berarti kamu harus lebih hemat lagi dan putar otak untuk lebih produktif agar bisa menghasilkan uang lebih meski di rumah. Caranya bagaimana? Simak pada artikel berikutnya.
 

4. Celengan Ibu Rumah Tangga

Dari bahasanya, kata celengan cenderung ke arah menabung uang recehan, bisa koin, bisa juga uang dengan pecahan kecil. Yups, benar sekali. Jangan sepelekan celengan ibu rumah tangga yang isinya hanya koin-koin yang nilainya kecil.
 

Cara Menabung Ala Ibu Rumah Tangga dan Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari di Rumah
Celengan ibu rumah tangga untuk menabung setiap hari

Ingat, sesuatu yang besar itu dimulai dari kecil. Uang satu milyar pun jika kurang lima ratus perak, jumlahnya tidak akan menjadi satu milyar. So, mulai sekarang kalian ibu rumah tangga harus punya celengan ibu rumah tangga.
 

Isi celengan tersebut dengan uang hasil kembalian/sisa belanjamu. Dengan begitu, kamu tidak akan terbebani saat menabung. Pelan tapi pasti. Benar-benar merupakan cara menabung yang menyenangkan, bukan?
 

5. Wajib Menabung Harian di Rumah

Maksudnya apa, nih? Begini, jika isi celengan ibu rumah tangga tadi adalah sisa uang belanja dengan nominal yang tidak tetap, untuk poin cara menabung harian di rumah ini kalian harus menetapkan nominalnya.
 

Cara Menabung Ala Ibu Rumah Tangga dan Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari di Rumah
Menabung setiap hari di rumah

Bentuk komitmen yang kuat pada diri sendiri untuk menabung harian di rumah. Isilah celengan yang sudah kamu sediakan setiap harinya dengan satu lembar uang dengan nominal yang sama. Jika kamu pilih pecahan Rp. 10.000 an ya isi terus celengan itu dengan nominal Rp. 10.000 tiap harinya.
 

6. Tabung Uang yang Tidak Jadi Dibelanjakan

Cara menabung yang menyenangkan dan tidak memberatkan lainnya adalah dengan menabung uang yang tidak jadi dibelanjakan. Contohnya, saat kamu ingin membeli pizza. Karena hujan lebat, kamu tidak jadi membelinya. Otomatis uang tersebut masih selamat.
 

Untuk lebih menyelamatkan lagi, langsung tampung uang tersebut di celenganmu. Hahaha ... aman, kan?
 

Kebutuhan rumah tangga tidaklah sedikit. Belum lagi jika ada masalah keuangan mendadak yang tidak bisa dihindari, saat sedang sakit contohnya.
 

Untuk berobat ke rumah sakit, juga butuh uang. Jika tidak punya tabungan … susah, kan? Maka dari itu, kubagikan tips sederhana tentang cara menabung di rumah untuk ibu rumah tangga ini pada kalian
Sebagai ibu rumah tangga pengatur keuangan, kalian harus bisa mengeluarkan uang dengan bijak.

 

Uang dari tabungan tadi bisa dijadikan dana darurat sewaktu-waktu kamu membutuhkan. Dengan dana darurat ini diharapkan kamu tidak lagi pontang-panting jika memang hal buruk itu terjadi.

 

Sedikit tambahan, sebelum kalian menerapkan cara menabung yang menyenangkan ini, jangan lupa untuk mengambilnya terlebih dulu untuk disedekahkan. Biar lebih berkah dan bertambah.

 

Cukup itu saja tips dan inspirasi menabung ibu rumah tangga yang bisa kubagikan. Dengan tips yang cuma segelintir tadi (lebih banyak ocehannya) semoga bisa membantumu dalam mengatur keuangan rumah tangga dan bisa menabung setiap hari di rumah. Aamiin.



Share This Article :
ShalysChan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751