Skip to main content

Cara Menulis Novel yang Baik dan Benar

Cara Menulis Novel yang Baik dan Benar

Cara Menulis Novel yang Baik dan Benar. Sebelumnya aku infoin, jika artikel cara menulis novel ini bukan berarti aku benar-benar mahir dalam hal ini. Intinya, kita sama-sama belajar saja.

Apa, sih, novel itu? Bagaimana cara menulisnya? Apa novel hanya bisa dinikmati melalui buku cetak? Simak semua jawaban tersebut dalam artikel cara membuat cerita novel berikut ini.

Pengertian Menulis Novel

Novel merupakan sebuah karangan berbentuk prosa panjang dengan serangkaian cerita kehidupan dari setiap tokoh-tokohnya. Orang yang menulis novel disebut Novelis. Menulis novel adalah kegiatan menulis serangkaian cerita kehidupan tokoh yang dipilih penulis untuk disajikan.

Dalam menulis novel, hal yang harus diperhatikan adalah unsur intrinsik dari novel tersebut, terlebih pada watak/karakter tokoh. Apa saja unsur intrinsik novel? Mari kita pelajari bersama.

1. Unsur Intrinsik Novel

- Tema

Tema adalah gagasan utama yang terkandung dalam novel. Tema merupakan topik utama yang akan diangkat dan ditulis pada novel tersebut. Bisa dikatakan, tema ialah nyawa dari sebuah novel. Contoh: Tema sosial, tema budaya, dan lain-lain.

- Tokoh dan Penokohan

Tokoh adalah pelaku, atau orang yang menjadi 'wayang' dari sebuah novel. Sedangkan penokohan adalah karakter atau sifat dari tokoh tersebut.

- Alur atau Plot

Alur merupakan lajur jalannya cerita dalam sebuah novel. Ada tiga macam alur; Alur maju, alur mundur, dan alur campuran antara maju dan mundur.

- Latar atau Setting

Dalam belajar menulis novel, pahami juga macam-macam latar atau setting novel. Latar adalah sebuah deskripsi atau beberapa gambaran peristiwa dalam novel. Latar terbagi menjadi tiga; Latar waktu, latar tempat dan latar suasana. Adapun pemecahan latar untuk penguat bisa berupa latar sosial budaya dan lingkungan.

- Sudut Pandang

Sudut pandang (PoV) adalah cara pandang penulis dalam menulis cerita pada novelnya. Sudut pandang dibagi menjadi 3, yaitu; sudut pandang orang pertama (menggunakan kata ganti orang pertama dalam narasinya), sudut pandang orang ke dua (menggunakan kata ganti orang ke dua dalam narasinya), dan sudut pandang orang ke tiga (menggunakan kata ganti orang ke tiga atau mengambil satu tokoh dalam narasinya).

- Gaya Bahasa

Gaya bahasa merupakan jurus utama seorang penulis novel. Setiap penulis mempunyai gaya bahasa masing-masing dalam menulis atau membuat novel. Ada yang menggunakan gaya bahasa mendayu-dayu, menggunakan banyak kiasan halus, ada juga yang menggunakan gaya bahasa to the point layaknya percakapan sehari-hari.Semua gaya bahasa tersebut mempunyai pasar selera masing-masing.

- Amanat 

Amanat adalah pesan yang disampaikan penulis dalam novelnya yang dapat diambil hikmahnya untuk para pembaca novel. Amanat sendiri dibagi menjadi dua; tersurat (jelas cara penyampaiannya/tertulis dalam novel) dan tersirat (disajikan secara tersembunyi lewat pemikiran pembaca sendiri).

Setelah menentukan untur intrinsik novel, langkah menulis novel yang baik dan benar selanjutnya adalah bagaimana cara menggali ide dan mengemasnya dalam bentuk kata-kata.

2. Menggali Ide

Menggali ide dalam menulis novel


Ide bisa datang dari mana saja. Untuk menggali ide, kamu bisa mengadakan riset kecil-kecilan agar ceritamu bisa lebih hidup. Untuk cara menulis novel bagi pemula seperti kita, penggalian ide termudah adalah dengan membaca novel-novel para novelis senior. Melalui membaca, kita bisa menemukan inspirasi sebagai ide atau mengumpulkan diksi-diksi yang cukup manis.

3. Membuat Outline

Cara membuat novel selanjutnya adalah dengan membuat outline novel. Apa itu outline novel? Outline novel adalah garis batas atau kerangka karangan yang tersusun.

Format Penulisan Novel

Untun format penulisan novel belakangan ini tidak ada yang bisa dijadikan parameter. Maksudnya, format dalam novel tergantung pada ketentuan atau keinginan penerbit masing-masing. Namun, yang harus diingat, semua penerbit menginginkan format penulisan yang rapi, tersusun, enak dilihat mata serta tidak berantakan dalam pengetikan (typo), KBBI, dan PUEBI-nya.

Untuk margin, paragraf, jenis huruf dan kerataan halaman semua tergantung permintaan editor atau penerbitnya. Biasanya dalam format penulisan novel, penerbit akan meminta sinopsis, blurb, premis, hal yang menarik dalam ceritamu, serta beberapa unsur ekstrinsik novel tersebut. Intinya, sesuaikan saja apa yang diminta (syarat) dari penerbit.

Cara Membuat Novel yang Menarik Untuk Dibaca

Menarik minat baca para membaca tidaklah merupakan sebuah hal yang mudah, apalagi kita adalah seorang penulis novel pemula yang belum mempunyai karya. Tapi tidak menutup kemungkinan cerita yang kita buat akan menarik para pembaca.

Untuk cara membuat novel yang menarik untuk dibaca, pastilah kita harus selalu berlatih dan menulis terus. Asah semua kelengkapan unsur intrinsik senatural mungkin. Contoh saja dalam menentukan watak/karakter tokoh.

Perkuatlah karakter tokohmu sesuai dengan yang kamu buat. Jika memang ia adalah seorang pemarah, maka buatlah tokoh tersebut benar-benar pemarah di mata pembaca. Jangan tiba-tiba menjatuhkan watak tokohmu menjadi seorang yang lemah lembut.

Selanjutnya, cara agar novel menarik untuk dibaca adalah dengan membuat jalan cerita yang tidak pasaran. Jika sebuah cerita seorang gadis lugu menikah dengan pria arogan sudah sangat banyak betebaran, cobalah cari ide lain. Jika memang ide tersebut adalah pilihanmu, coba ubah dalam endingnya. Ciptakan ending yang tidak klise. Buat ceritamu sendiri dan jangan terpengaruh dengan cerita-cerita pasaran.

Membuat novel dengan jalan cerita yang sedang trending juga sangat menarik untuk dibaca. Peminat cerita yang sedang naik daun pasti sangat banyak. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan acuan buat novel jangka panjang. Bisa saja novelmu akan surut pembaca jika cerita-cerita tersebut sudah tidak booming lagi.

Cara Membut Novel Online

Ternyata novel tidak hanya berbentuk buku fisik, lho. Kecanggihan teknologi membuat novel dapat dinikmati secara digital. Novel online banyak disajikan oleh platform-platform kepenulisan online baik dalam maupun luar negeri.

Cara membuat novel online

Cara membuat novel online pun tidak sama pada masing-masing aplikasi. Meski tidak sama, prinsipnya tetaplah sama. Buat saja unsur intrinsik serta outlinenya, kemudian tulis tiap chapter pada aplikasi tersebut. Ikutin saja proses yang disediakan oleh web pembuat novel online. Membuat novel online dapat mempermudah kita dalam proses pengetikannya. Kita bisa memanfaatkan ponsel kita untuk mengetiknya.

Cara Membuat Novel di Hp

Banyak jalan menuju kesuksesan jika kita mau berusaha. Jangan bilang karena tidak ada PC atau laptop lantas menjadikanmu tidak produktif dalam menulis novel. Hal tersebut bukanlah sebuah alasan yang bisa diterima dengan baik. Bukankan ada Hp yang bisa kita manfaatkan?

Bagaimana cara membuat novel di Hp? Mudah saja. Pakailah aplikasi-aplikasi kepenulisan online yang banyak macamnya itu. Kamu bisa buat novel di sana secara online hanya dengan mengetiknya lewat Hp. Hanya perlu koneksi internet yang tidak memerlukan banyak data kamu sudah bisa membuat novel di Hp. Kurang enak apa lagi?

Cara Membuat Novel di Wattpad

Mengenai cara membuat novel di Wattpad, sudah sering aku bahas pada blog ini. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca di Cara Membuat Novel di Wattpad. Di sana lengkap bagaimana cara menulis novel, membaca novel, serta cara mempromosikan novelmu. Tinggal baca, resapi, dan praktekkan.

Itu tadi adalah artikel mengenai cara menulis novel yang baik dan benar. Cara menulis novel bagi pemula ini bisa kamu pelajari buat novel pertamamu.

Tidak masalah jika niat awal menulis novel adalah hanya sekadar iseng. Namun, jika keisenganmu ini bisa menjadi bakat positif, kenapa tidak diseriusi? Buatlah karyamu dengan sebaik mungkin. Bagaimana caranya? Tentunya dengan latihan, belajar, belajar, dan terus belajar. -Shalys Chan-

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->