Skip to main content

Tips Menjaga Komunikasi dengan Pasangan

Tips Menjaga Komunikasi dengan Pasangan

Tips Menjaga Komunikasi dengan Pasangan. Komunikasi adalah suatu media interaksi antar manusia, termasuk dengan pasangan. Komunikasi bisa berupa percakapan langsung atau pun melalui media elektronik. Gunakanlah dengan baik semua media untuk menjalin komunikasi setiap hari dengan pasangan agar hubunganmu tetap terjalin dengan baik.

Seberapa pentingnya komunikasi dengan pasangan? Karena komunikasi merupakan media interaksi, tentu saja hal ini sangat penting bagi kelangsungan suatu hubungan. Sebuah kegagaalan dalam menjaga komunikasi dengan pasangan akan menimbulkan hubungan yang tidak sehat. Bayangkan, jika hubunganmu dengan pasangan tidak terjalin komunikasi yang baik. Apa yang akan terjadi? Apa iya, hubungan bisa berlangsung dengan cara saling diam?

Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui apa saja cara komunikasi yang baik dengan pacar atau pasangan agar tercipta hubungan yang sehat dan tidak membosankan. Apa saja cara tersebut? Simak tips menjaga komunikasi dengan pasangan yang sudah Shalyschan buat dalam artikel kali ini.

Tips Menjaga Komunikasi dengan Pasangan Agar Tidak Bosan

Ingin hubunganmu dengan pasangan selalu langgeng? berikut adalah cara-cara menjaga komunikasi dengan pasangan agar tidak bosan dan langgeng sepanjang waktu.

1. Mulailah Terlebih Dahulu

Tips menjaga komunikasi dengan pasangan yang pertama adalah memulai terlebih dahulu. Belajarlah untuk memulai sebuah percakapan dengan pasanganmu. Jangan menunggu untuk disapa baru kamu membalas sapaannya.

Semua pasangan (terlebih pada perempuan) pasti ingin mendapat sebuah ucapan atau sapaan terlebih dahulu. Jangan sampai pasanganmu kesal hanya karena gengsimu untuk tidak menyapanya. Ucapan ringan, seperti selamat pagi, pertanyaan kabar, dan lain-lain ternyata mampu membangkitkan perasaan bahagia tersendiri dalam hati. Jika hati bahagia dan mood dalam keadaan baik, pastilah hubunganmu pun akan menjadi semakin kuat.

2. Jujur dan Terbuka

Di samping untuk membuat pasangan agar tetap nyaman, kejujuran dan keterbukaan adalah merupakan tips menjaga komunikasi dengan pasangan agar tetap terjalin dengan baik. Jika selama ini kamu berpikir diam adalah cara untuk menjaga hubungan agar tetap aman, mulai sekarang singkirkanlah pikiran tersebut.

Diam bukan cara terbaik untuk mempertahankan sebuah hubungan. Berkomunikasilah yang baik dengan cara berkata jujur dengan pasangan. Lebih baik saling mengutarakan keinginan masing-masing, daripada harus diam yang membuat komunikasi menjadi tidak terjalin lagi.

3. Mencoba Memperbaiki Hubungan

Rasanya, tidak ada hubungan yang selalu adem ayem tanpa dilanda masalah. Ada pun, justru membuat hubungan tersebut menjadi hambar. Namun, masalah dan pertengkaran terus menerus juga akan membuat malapetaka untuk hubunganmu.

Jangan tunggu sampai retak. Ketika kamu mencium bau ketidakberesan, segeralah mengevaluasi diri. Coba perbaiki hubungan dengan sekuat tenaga. Bicarakan baik-baik masalah kalian. Karena, keruntuhan sebuah hubungan terbanyak disebabkan karena kurangnya komunikasi dan enggan memperbaiki diri.
###

4. Jangan Terbawa Emosi

Sebuah hubungan adalah mempertemukan dua isi kepala yang berbeda, dua watak yang berbeda. Pantaslah jika kadang keinginanmu tidak sesuai dengan keinginannya, begitu juga sebaliknya. Kalau kalian mulai berselisih, jangan terbawa emosi. Cukup bersabar dan sedikit meredam kemarahan merupakan cara menjaga komunikasi dengan pasangan yang cukup ampuh.

Jangan Terbawa Emosi adalah Tips Menjaga Komunikasi dengan Pasangan

Ketiga point tadi merupakan tips menjaga komunikasi dengan pasangan agar hubunganmu tetap awet. Bagi kamu yang masih tahap pacaran, cara tersebut juga dapat kamu praktekkan agar hubungan langgeng sampai pernikahan.

Bagaimana Cara Komunikasi Agar Tidak Membosankan?

Jika kita memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang, itu artinya kita sudah menanamkan pada diri kita untuk tetap bersamanya selama-lamanya. Sedangkan, untuk bersama dalam waktu yang lama pasti akan menimbulkan sebuah kebosanan. Bagaimana cara menjaga komunikasi agar tidak di dera rasa bosan?

- Tidak Bertemu Setiap Hari

Cinta cinta timbul dari seringnya kita bertemu dan berinteraksi. Keseringan itu pun akan membawamu dari rasa kebosanan. Agar hubungan tidak terlalu membosankan, cobalah untuk tidak bertemu setiap hari.

Buat jadual semacam aturan hari bertemu. Dari sebuah pertemuan yang tidak setiap hari itu pasti akan menimbulkan rasa rindu tersendiri. Dan rasa rindu inilah yang akan menggeser rasa bosan.

- Lakukan Hal yang Baru

Katakanlah kegiatan setiap malam minggu kalian adalah dinner di sebuah tempat yang munurutmu paling romantis. Jika setiap malam minggu seperti itu, pastilah rasa bosan akan menghinggapi. Lantas, bagaimana solusi agar tidak membosankan?

Bagaimana Cara Komunikasi Agar Tidak Membosankan?
Melakukan hal baru bersama untuk menjaga komunikasi agar tidak bosan

Lakukanlah hal yang baru. Jangan melulu pergi makan malam tiap minggu. Kamu bisa mensiasatinya dengan kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Tentunya juga lebih hemat. Seperti, Membersihkan rumah bersama, berkebun bersama, pergi ke panti asuhan, dan lainnya.

- Jangan Terlalu Mengkritik

Hargai pasanganmu selayaknya ia adalah napasmu. Tapi jangan menuntutnya untuk menghargaimu juga. Jika kamu menghargainya, tanpa menuntut pun ia pasti juga menghargaimu. Salah satu cara menghargai pasangan adalah dengan menerima semua kekurangannya.

Jangan terlalu mengkritik apa yang ia lakukan. Bebaskan dia selama masih pada jalur yang benar. Terlalu mengkritik tidak akan membuatnya berubah menjadi lebih baik. Adanya, malah dia akan bosan dengan sikapmu. Jika ia bosan, siap-siap saja ia akan meninggalkanmu.

- Kirim Video Motivasi Pendek

Komunikasi tidak melulu harus dengan berbicara. Sebuah perlakuan istimewa pun merupakan media komunikasi yang bisa kamu terapkan. Mengirim video motivasi pendek misalnya.

Yakinlah, pasanganmu pasti akan sangat bahagia dengan kirimanmu. Ia akan merasa sangat diharga dan balasannya, ia akan lebih menyayangimu. 

- Kirim Surat Padanya

Di zaman digital gini masih kirim surat? Nggak salah? Tentu tidak. Jika kalian sudah terbiasa menggunakan aplikasi chating, lantas apa istimewanya? Lama-lama juga pasti akan bosan.

Jadi, untuk menjaga komunikasi dengan pasangan agar tidak bosan, mulailah untuk menjalankan cara tradisional ini. Tulislah pesan dengan menulisnya di kertas. Berikan sejumlah kata-kata romantis di dalamnya. Memang sedikit alay, tapi jika itu dapat menjaga komunikasi kalian agar tidak bosan, kenapa tidak?

- Bermain Bersama

Jika kita bosan dengan rutinitas kerja, bermain game di ponsel adalah pelariannya. Setelah bermain, otak pun akan fressh kembali. Jika demikian, kenapa hal ini tidak kamu terapkan dalam hubunganmu dengan pasangan?

Bagaimana Cara Komunikasi Agar Tidak Membosankan?
Main game bersama untuk menjaga komunikasi agar tidak bosan

Agar hubunganmu tidak bosan, sekali-kali cobalah untuk bermain game dengannya. Bermain game juga akan (membuat pasangan merasa nyaman) di dekatmu. Pilih satu permainan yang akan kalian mainkan. Jadikan pasangan sebagai rivalmu, dan temukan keseruan baru bersamanya. Pasti rasa bosan juga akan hilang.


Itu tadi adalah beberapa tips untuk menjaga komunikasi dengan pasangan. Semua bisa kalian praktekkan, entah itu hubungan kalian masih tahap pacaran atau sudah berrumah tangga. Tips-tips di atas juga merupakan cara agar hubungan langgeng sampai pernikahan.

Pada dasarnya, untuk menjaga hubungan agar tetap awet, langgeng, dan tidak bosan adalah sama. Kuncinya, tetap jaga komunikasi yang baik dengan pasangan.

Semoga dengan cara-cara di atas, hubunganmu akan lebih mesra dan tidak membosankan. Yang masih tahap pacaran, semoga hubungan langgeng sampai pernikahan. Yang sudah menikah, semoga hubungannya selalu mesra sampai surga.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->