Skip to main content

Tetap Mesra Melewati Masa Sulit Bersama Pasangan

Tetap Mesra Melewati Masa Sulit Bersama Pasangan

Tetap Mesra Melewati Masa Sulit Bersama Pasangan. Hubungan suami istri bukanlah sebuah hubungan yang singkat. Ketika ijab qabul diucapkan, artinya Anda sudah mengikat janji pada semesta untuk terus bersama. Dalam hubungan panjang tersebut, tentulah tidak hanya bahagia yang menyapa, masa sulit pun suatu saat pasti ada.

Jika saat ini kamu sedang menjalani masa-masa sulit dalam hidup, janganlah bersedih. Ingatlah, Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hamba-Nya. Anda pasti bisa melewati masa sulit ini, terlebih ketika bersama pasangan.

Tidak seharusnya masalah hidup dijadikan alasan untuk berpisah. Ingatlah, masa sulit pasti berlalu dan berganti kebahagiaan yang tidak akan anda kira sebelumnya. Manisnya masa sulit akan anda rasakan saat anda berhasil melewatinya. Hadapilah semua masalah dan tetaplah mesra melewati masa sulit bersama pasangan Anda.

Bagaimana Cara Agar Tetap Mesra dalam Situasi Sulit?

Untuk tetap mesra dalam menjalani masa-masa sulit, cobalah lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Tetap Bersyukur

Seberat apapun masalahmu, jangan lupa untuk tetap bersyukur. Coba sekali-kali melihat sekeliling Anda, masih banyak orang yang kehidupannya mungkin lebih sulit dari yang anda dan pasangan lewati. Tetap bersyukur adalah cara terbaik dalam melewati masa sulit. Bukankah Tuhan sudah berkata bahwa akan menambah nikmat seseorang ketika mau bersyukur?

2. Saling menguatkan

Cara Agar Tetap Mesra dalam Situasi Sulit

Ketika kalian hidup bersama dan sedang menjalasi situasi sulit, maka cobaan itu bukanlah milik Anda atau miliknya, melainkan milik bersama. Oleh karenanya, hadapilah bersama pula. Saling menguatkan lebih baik daripada sibuk bertengkar dan saling menyalahkan.

3. Ikhlaskan

Sadarlah jika semua adalah ujian dari Tuhan, termasuk masalah yang sedang kamu hadapi. Ikhlaskan apa yang sedang terjadi. Dengan menghikhlaskan semuanya, beban hati akan jauh berkurang dan Anda akan bisa tetap mesra melewati masa sulit bersama pasangan Anda.

4. Yakinlah, Masa Sulit Pasti Berlalu

Kunci dari melewati masa-masa sulit adalah tetap berpikir positif, termasuk yakin jika kalian mampu menghadapinya. Sebuah keyakinan akan membuat hubungan kalian semakin kuat. Anggaplah ini semua adalah latihan agar ke depannya Anda bisa lebih dewasa menjalani masa sulit berikutnya.

5. Jangan Berhenti Berharap

Untuk tetap mesra melewati masa sulit bersama pasangan selanjutnya adalah tetap semangat dan tidak berhenti berharap. Semakin kuat sebuah harapan, semakin mudah pula Anda bebas dari masalah. Tanamkan selalu hal-hal positif pada hati Anda dan semuanya pasti akan lebih mudah.

6. Tetap Jaga Komunikasi yang Baik

Seringkali seseorang jika dilanda masalah, mereka cenderung diam dan uring-uringan. Pasangan yang hanya ingin bertanya dan menawarkan solusi pun tak jarang kena kemarahannya. Hal ini tentu tidak akan baik untuk hubungan kalian. Tetaplah jaga komunikasi yang baik saat melewati masa sulit dalam hidup agar kemesraan terus terjalin.

7. Mengingat Momen Bahagia

Masa sulit dalam hidup tidak boleh mengurangi kebahagiaan Anda dan pasangan. Saat dilanda masa sulit, cobalah untuk singkirkan sejenak masalah tersebut. Ingatlah moment-moment bahagia yang pernah Anda lewati. Ajak pasangan anda mengingat kenangan manis tersebut seperti dengan mengunjungi tempat bersejarah kalian. Refresh-kan pikiran agar otak tetap dingin dan bisa memikirkan untuk melewati masa sulit bersama.

Pada situasi apapun, termasuk dalam masa-masa sulit, kebersamaan dan kemesraan haruslah tetap terjaga. Lewat cara-cara di atas Anda bisa tetap mesra meski masa sulit menyapa.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berada Dalam Situasi yang Sulit?

Cara untuk tetap mesra menghadapi masa sulit sudah dijelaskan di atas. Anda dan pasangan dapat menerapkannya bersama pasangan agar hubungan tetap berjalan dengan baik.

Selain beberapa cara tersebut, Anda juga harus tetap belajar meghadapi masa sulit itu sendiri. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sendiri (tanpa melibatkan pasangan) untuk menghadapi masa sulit. Apa saja hal-hal tersebut? Simak tulisan di bawah ini.

1. Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Semua ujian adalah datangnya dari Tuhan, dan hanya Tuhan pulalah yang mampu menghilangkannya. Tetaplah percaya bahwa Tuhan pasti mempunyai rencana tersendiri balik manisnya masa sulit yang sedang Anda jalani.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berada Dalam Situasi yang Sulit?

Mendekatlah pada Tuhan. Ketuk pintu langit dengan memperbanyak doa agar masalah Anda cepat terselesaikan dan diberi kekuatan untuk melewatinya. Lewat mendekatkan diri pada Tuhan, tentunya hati juga bisa lebih tenang dan bijak dalam menjalani masalah.

2. Berkomunikasi dengan Orang Terdekat

Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berada Dalam Situasi yang Sulit?

Orang terdekat yang dimaksud di sini adalah orang-orang yang mempunyai banyak pengaruh dalam hidup Anda. Mereka bisa dari keluarga, kolega atau teman dekat. Ceritakanlah masalah yang sedang Anda hadapi pada mereka. Dengan bercerita, beban di kepala pasti sedikit berkurang. Bahkan bonusnya, mungkin mereka mempunyai solusi dan jalan keluar dari masa sulit yang sedang anda hadapi.

3. Jauhi Media Sosial Untuk Sementara

Orang yang sedang dalam masalah cenderung tidak bisa berpikir normal. Ia akan lebih sensitif dan pemarah dalam menanggapi sesuatu, termasuk postingan di media sosial. Dikhawatirkan Anda bisa lebih depresi setelah melihat postingan teman media sosial, jari-jemari tak sanggup lagi dikendalikan. Alhasil komentar pedas mungkin akan Anda lontarkan pada postingan yang tidak sesuai dengan pola pikir Anda.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berada Dalam Situasi yang Sulit?

Bukan hanya itu, emosi yang labil jika tetap bermain di media sosial juga tidak bagus. Anda mungkin akan berkeluh kesah di media sosial dengan cara yang kurang etis. Posting masalah pribadi dan semua teman medsos Anda akan mengetahuinya. Alhasil, jika pikiran sudah mulai sadar, hanya penyesalan dan rasa malu yang tersisa.

4. Menulislah

Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berada Dalam Situasi yang Sulit?

Langkah selanjutnya tentang apa yang harus anda lakukan ketika berada dalam situasi yang sulit adalah dengan menulis. Kegiatan menulis adalah merupakan terapi pikiran. Daripada Anda menulis masa sulit Anda di media sosial, lebih baik tulislah masalah-masalah tersebut di buku harian Anda. Luapkan semua emosi ke dalam tulisan yang tidak akan pernah protes dan menertawakan Anda. Dengan begitu, beban hati akan berkurang dan Anda punya fakta sejarah jika Anda pernah mampu melewati masa sulit ini.

5. Membantu Orang Lain

Cara menghadapi masa sulit dalam hidup bukan melulu tentang perbaikan diri sendiri. Jika semua cara sudah kamu lakukan, cobalah untuk melakukan hal terakhir ini, membantu orang lain. Dengan membantu orang lain, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri. Dengan cara ini juga Anda bisa melihat dan membandingkan masalah Anda dengan masalahnya. Setelah itu dapat Anda simpulkan jika bukan hanya Anda yang mempunyai masalah, tapi orang lain juga.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Berada Dalam Situasi yang Sulit?

Masalah, banyak sekali ragamnya. Ada masalah rumah tangga, pekerjaan, kesehatan, juga keuangan. Semua masalah itu mengajarkan kita untuk lebih dewasa dalam menghadapinya. Dari semua masalah tersebut, masalah keuanganlah yang sering menjadi pemicu perpecahan rumah tangga. Padahal kita sama-sama tahu, tidak ada rumah tangga yang tidak punya masalah, termasuk masalah keuangan.

Cara Mengatasi Masa Sulit Keuangan

Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, selama kita terus mencoba berusaha dan tidak menyerah dengan masalah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda praktekkan dalam mengatasi masalah keuangan.

1. Tingkatkan Komitmen untuk Menabung

Menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung adalah cara bijak dalam berjaga-jaga jika sewaktu-waktu terjadi masalah keuangan. Masalahnya, jika masa sulit keuangan tersebut belum terjadi, rasanya banyak yang berpikir bahwa hal tersebut tidaklah akan menghampiri Anda. Padalah, sekecil apapun kemungkinan buruk tetaplah harus diwaspadai.

Cara Mengatasi Masa Sulit Keuangan

Belajar dari sebuah pengalaman. Mulai sekarang, tingkatkanlah komitmen untuk menabung. Apapun metode cara menabung Anda, selalu patuhi dengan sangat. Jangan sedikit-sedikit mengambil uang tabungan jika memang dirasa tidak terlalu penting.

2. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Seringkali orang ketika membeli sesuatu tidak memikirkan terlebih dahulu antara kebutuhan dan keinginan. Alhasil, barang yang seharusnya penting tidak bisa terbeli dan barang yang tidak terlalu penting malah justru termiliki.

Cara Mengatasi Masa Sulit Keuangan

Bijaklah dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan semua barang dibeli tanpa memperhitungkan manfaatnya terlebih dahulu. Prioritaskan kebutuha dan tunda keinginan Anda untuk membeli barang yang tidak penting.

3. Mencari Pekerjaan Sampingan

Cara mengatasi masa sulit keuangan selannjutnya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Jika pemasukan dari pekerjaan Anda yang sekarang masih belum dapat menutupi masalah keuangan, saatnya untuk menambah pekerjaan baru.

Cara Mengatasi Masa Sulit Keuangan

Carilah pekerjaan sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Dengan begitu pemasukan Anda pun akan bertambah dan masalah keuangan perlahan akan teratasi.

4. Pertimbangkanlah Hutang Bila Tidak Terpaksa

Salah satu penyakit manusia adalah gampang berhutang. Boleh berhutang, asal sudah dalam keadaan terpaksa dan tidak ada lagi jalan keluar selain hutang. Berhutanglah dengan cara yang baik. Niatkan diri untuk segera melunasi hutang.

Cara Mengatasi Masa Sulit Keuangan

Sebelum berhutang, alangkah baiknya untuk memikirkan cara membayarnya terlebih dahulu. Setidaknya sudah ada pandangan kapan dan dengan apa Anda dapat membayar hutang.


Itu tadi adalah pembahasan mengenai melewati masa sulit bersama pasangan. Masa sulit tidaklah menjadi alasan hubungan Anda dengan pasangan merenggang. Anda tetap bisa mesra melewati masa sulit melalui cara-cara di atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->