Skip to main content

Cara Menghilangkan Perasaan Cemburu yang Berlebihan

Cara Menghilangkan Perasaan Cemburu yang Berlebihan

Cemburu Cara Menghilangkan Perasaan Cemburu yang Berlebihan. Ada yang bilang, cemburu adalah tanda cinta. Jika kamu masih memiliki rasa cemburu pada pasangan, bisa diartikan bahwa kamu memang mencintai dia. Begitu juga kebalikannya. Namun, jika kita tidak bisa mengolah rasa cemburu dengan baik, justru malah akan membuat hubungan menjadi tidak sehat.

Kamu harus pandai mengukur seberapa besar rasa cemburu yang wajib dikeluarkan. Tak jarang, pertengkaran dalam sebuah hubungan adalah bermula dari rasa cemburu buta. Perlu diketahui, jika kita merasa tidak nyaman dicurigai dengan berlebihan, pasti pasanganmu juga merasakan hal yang sama.

Sebenarnya, poin utama bukan pada masalah cara menghilangkan rasa cemburu. Tapi lebih ke bagaimana cara bersikap saat cemburu. Meski kamu sedang cemburu, jika kamu mengerti cara mengontrol emosi, pasti hubungan juga akan baik-baik saja dan bahkan bisa lebih mesra.

Bagaimana Cara Bersikap Saat Cemburu?

Ternyata, cara bersikap saat cemburu pun harus kamu pelajari. Jangan sampai wujud cemburumu dapat mempermalukan dirimu sendiri. Perhatikan trik-trik bagaimana menghadapi rasa cemburu yang berkelas dan tidak memalukan.

1. Tahan Amarah

Cemburu itu wajar, cemburu memang menyakitkan. Namun tetap tahanlah amarahmu saat kamu diliputi api cemburu. Kendalikan dirimu sendiri. Jangan sampai berbuat onar dan memancing keributan.

Tahan amarah adalah cara bersikap saat cemburu

2. Sampaikan dengan Sedikit Rayuan

Semua orang tidak menyukai gaya bahasa yang kasar dan mengintimidasi, termasuk pasanganmu. Jika kamu cemburu dan keberatan ia dengan perempuan lain, sampaikan dengan santun dan bumbui dengan sedikit rayuan. Itu akan lebih terlihat elegan daripada kamu langsung memberondongnya dengan segudang omelan.

sedikit merayu adalah cara bersikap saat cemburu

3. Tetap Percaya Diri

Kamu cemburu dengan rekan kerjanya? Jangan langsung melabrak, ya. Bersikaplah senormal mungkin. Abaikan rasa cemburumu. Bila perlu tetap percaya diri saat bertatap muka langsung dengan mereka. Tunjukkan jika kamu lebih segalanya dari dia.

tetap percaya diri adalah cara bersikap saat cemburu


4. Beri Sedikit Pelajaran

Jika dia bisa membuatmu cemburu, tentunya kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Sedikit bermain-main dengan lawan jenis tentunya tidak akan menjadi masalah besar, asal tetap jangan libatkan hati. Hentikan permainan saat ia mulai kembali dalam pelukanmu.

memberi pelajaran adalah cara bersikap saat cemburu


Hal tersebut di atas adalah bagaimana cara bersikap saat cemburu. Jika cemburu itu terus menghantuimu, bagaimana cara mengilangkannya? Terlebih jika statusmu saat ini adalah sebagai seorang istri. Sekali salah langkah, banyak hati yang ikut tersakiti, termasuk anak-anakmu.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Cemburu yang Berlebihan Terhadap Suami?

Pikirkanlah, keadaanmu saat ini adalah sudah berumah tangga. Sekali hubungan rumah tanggamu hancur, akan banyak hubungan lain yang ikut hancur. Oleh karena itu, sebelum terjadi, alangkah baiknya kamu belajar tentang bagaimana cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan terhadap suami.

1. Percaya Jika Dia Memang Mencintaimu

Kepercayaan adalah pondasi utama dalam suatu hubungan, baik hubungan kekasih maupun suami istri. Sudah selayaknya rasa percaya dipupuk sedemikian rupa demi kebaikan hubungan kalian. Jika rasa saling percaya sudah terbentuk, perasaan cemburu pun akan sedikit terkikis.

2. Saling Jujur

Komunikasi yang baik adalah cara ampuh dari segala masalah. Sebuah kepercayaan akan menjadi senjata makan tuan jika salah satu di antaramu ada yang tidak jujur. Jika kamu dipercaya penuh oleh pasangan, berusahalah untuk senantiasa berkata jujur. Begitu juga dengan urusan cemburu.

Jika kamu merasa cemburu dengan pasangan, alangkah baiknya utarakan perasaan cemburu terhadap pasanganmu dengan jujur. Berkatalah, “Aku cemburu karena aku takut kehilanganmu.” Itu lebih baik daripada membiarkan pikiranmu melayang tak tentu arah.

Ingat! Memendam perasaan cemburu hanya akan membakar emosi yang akan meledak seiring berjalannya waktu.

3. Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Kadang, perasaan cemburu hadir karena pikiran kita sendiri. Kita terlalu membandingkan diri kita dengan orang-orang yang berada di sekitar pasangan kita. Perasaan seperti terlalu menganggap diri sendiri lemah dan kalah dari orang lain akan menurunkan kepercayaan diri yang menghasilkan bibit-bibit cemburu.

4. Kubur Kenangan Suram

Dihianati memang sakit dan susah untuk dilupakan. Tapi sadarlah, itu hanyalah masa lalu. Kubur kenangan suram tentang penghianatan pasanganmu. Jangan biarkan masa lalu menyelimuti dan menghadirkan rasa cemburu pada hubunganmu yang sekarang.

Kenangan masa lalu ini bukan hanya berbicara tentang kenanganmu, melainkan juga masa lalu suami. Jangan terlalu mengungkit masa lalunya. Apalagi saat kamu bertemu dengan orang masa lalu pasanganmu. Sadarlah, jika masa depan lebih penting dari masa lalu.

5. Jangan Terlalu Memasuki Privasinya

 tidak mencampuri privasi adalah Cara Menghilangkan Rasa Cemburu yang Berlebihan Terhadap Suami

Cara menghilangkan rasa curiga yang berlebihan selanjutnya adalah jangan terlalu memasuki priasinya. Semua orang punya privasi masing-masih, tak terkecuali dengan pasanganmu. Memang, sebagai istri kadang tangan gatal ingin mengetahui hal-hal yang seharusnya tidak perlu diketahui. Contoh ringannya seperti mengecek ponsel dan masuk di akun sosial media pasangan. Dari hal kecil itu bisa menimbulkan kesalahpahaman yang berakibat munculnya rasa cemburu. Daripada berakhir ribut, mending jaga keinginan dan hormati privasi masing-masing.

6. Berserah Diri

Cara menghilangkan rasa cemburu dan curiga yang terakhir adalah berserah diri kepada Tuhan. Yakinlah bahwa semua ini sudah ada yang mengatur. Jika kita sudah berusaha melaksanakan semua cara di atas, maka tibalah untuk pasrah dan menyerahkan semuanya pada Sang Pencipta. Jangan lupa untuk memanjatkan doa menghilangkan rasa cemburu agar hati dan pikiranmu bisa tenang.

Itu tadi adalah beberapa cara untuk menghilangkan perasaan cemburu yang berlebihan pada pasangan. Bagaimana jika rasa cemburu tersebut hadir pada orang yang salah? Mantan, misalnya. Apa yang harus kamu lakukan?

Cara Menghilangkan Rasa Cemburu pada Mantan

Kenangan memang sulit untuk dihapuskan. Apalagi jika kenangan tersebut berasal dari orang yang pernah mengisi hari dan menjadi bagian dari hidupmu. Kamu mungkin pernah memilikinya, tapi Tuhanlah yang menentukan kelangsungan hubungan kalian.

Lantas, jika Tuhan menghendaki dia hanya sebagai masa lalu dan menyandingkannya dengan orang lain, bagaimana perasaanmu? Sakit dan cemburu itu pasti. Tapi apa kamu harus terus berlarut dalam kecemburuan itu?

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan rasa cemburu pada mantan yang mungkin bisa kamu terapkan.

1. Sadar Diri

Memang terlihat kejam, tapi itu harus. Sadarlah jika ia hanya masa lalu. Sadarlah, jika kalian kini memiliki kehidupan masing-masing yang lebih patut untuk diperjuangkan. Bangun dan tata kehidupan barumu. Tanamkan pada dirimu jika mereka memanglah berjodoh.

2. Putuskan Semua Akses Media Sosial

 memutus akses sosial media adalah Cara Menghilangkan Rasa Cemburu pada Mantan

Cara menghilangkan rasa cemburu pada mantan selanjutnya adalah putuskan semua akses media sosial. Terkesan kekanak-kanakan, sih. Tapi memang itu jalan yang terbaik. Daripada mood-mu naik turun hanya karena melihat foto mantan dan pasangannya di media sosial, apa tidak mending blokir saja? Jika perasaanmu sudah lebih baik, baru mulailah kembali hubungan kalian yang hanya sekadar teman.

3. Sibukkan Diri dengan Kegiatan


menyibukkan diri adalah Cara Menghilangkan Rasa Cemburu pada Mantan

Menyibukkan diri dengan kegiatan fisik merupakan salah satu cara menghilangkan rasa cemburu pada mantan pacar. Daripada kamu sibuk stalking sosmednya atau memikirkannya, sibukkanlah dirimu dengan hal-hal yang jauh lebih bermanfaat. Jika kamu sudah menyibukkan diri, pikiran cemburu pun akan mudah luntur seiring rasa rasa pegal yang menderamu.

4. Cari Pacar Lagi

Jika kamu sudah berusaha memutus akses media sosial serta menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan, tapi rasa cemburu masih tetap hadir, tak ada salahnya mencoba satu cara ini. Ya, cari pacar lagi. Bukankah dia sudah punya pasangan baru dan meninggalkanmu? Kenapa tidak mencoba hal yang sama? Mungkin kesibukan fisik kurang begitu menghasilkan untuk menghilangkan rasa cemburu pada mantan. Maka cobalah untuk menyibukkan pikiranmu dengan pasangan barumu. Dengan cara ini, siapa tahu jika keadaan berbalik arah dan sang mantang yang akan mulai mencemburuimu. Seru, bukan?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->