BLANTERVIO103

Teknik Menulis Best Practice Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Teknik Menulis Best Practice Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sabtu, 16 Mei 2020

Cara menulis best practice

Mengenal Best Practice

Best PracticeTeknik Menulis Best Practice Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Salah satu karya tulis yang dibuat oleh tenaga pendidik adalah best practice. Best practice adalah karya tulis yang dibuat oleh pendidik atau tenaga kependidikan berupa pengalaman -terbaik- yang bertujuan untuk kelangsungan layanan pendidikan itu sendiri.

Semua kegiatan pendidik dapat dijadikan bahan penulisan best practice, asalkan dalam kegiatan tersebut terdapat penjelasan dan cara memecahkan masalah dalam pendidikan dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran serta peningkatan mutu pendidikan. Intinya, best practice harus menjawab semua permasalahan dari rumusan masalah yang diusungnya.

Tidak harus masalah besar dan 'wah' yang diperbolehkan dalam best practice. Hal sekecil apapun, jika itu bisa dirasakan manfaatnya dan dapat menyelesaikan masalah pada kegiatan pendidikan juga bisa dijadikan karya best practice.

Teknik Menulis Best Practice

Best practice adalah sebuah karya non-fiksi. Penulisan laporan best practice harus tertulis secara rinci, sistematis dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berikut adalah struktur kepenulisan best partice yang umum dipakai oleh tenaga pendidik:

Bagian Awal Penulisan Best Practice

  • Halaman Judul
  • Lembar Persetujuan
  • Halaman Keaslian Karya
  • Kata Pengantar 
  • Daftar Isi
  • Ringkasan
  • Daftar Tabel
  • Daftar Gambar
  • Daftar Lampiran

Bagian Isi Best Practice

1, Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang tentang masalah yang sedang dihadapi, serta dampak masalah tersebut pada kegiatan kependidikan.

Setelah menentukan masalah beserta dampaknya, tulislah langkah atau cara terbaik yang dipilih untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jelaskan juga kenapa langkah tersebut adalah sebuah pilihan dalam menjawab permasalahan pokoknya. Beri beberapa pertimbangan agar penyelesaian tersebut dapat diterima.

2. Kajian Teori

Setelah menyelesaikan tahap pendahuluan dengan mencantumkan latar belakang masalah, dampak masalah, serta langkah untuk menyelesaikan masalah, maka susunlah kajian teori dari best practice -nya.

Kajian teori adalah teori yang digunakan untuk menimbang hasil dari langkah pemecahan masalah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Kajian teori ini sendiri bersisi tentang laporan hasil best partice terdahulu dengan best practice yang sedang digarap. Tujuannya adalah untuk membandingkan dan menganalisis seberapa efektif cara tersebut untuk pemecahan masalah.

3. Pembahasan

Pembahasan harus didukung oleh data-data yang ada di sekolah. Bagian pembahasan berisi ide pokok penulis dalam memecahkan masalah yang sudah berhasil ia hadapi dan terapkan.

Langkah-Langkah Pembahasan Masalah dalam Best Practice

Penulis menjelaskan cara yang ia gunakan dalam menyelesaikan masalah, menulisnya secara lengkap dan rinci pada tiap langkah-langkah yang ia terapkan.

Penulis menjelaskan tentang langkah dan fasilitas pengawas sekolah yang meliputi alat yang digunakan, waktu, beberapa tempat yang terlibat serta sekolah mana yang dibuat penerapan pengalaman terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.

Menguraikan inti best partice dengan menunjukkan bukti keaslian pekerjaan dan hasil yang dicapai dalam membuat ide dan cara pemecahan masalah.

Berilah perbandingan dari hasil penerapan best practice pada sekolah  sendiri maupun sekolah lain.  Serta jelaskan jika cara tersebut merupakan cara inovatif yang tidak seperti orang-orang lakukan sebelumnya.

Beri bukti penjelasan jika ide tersebut tidak asal-asalan dan keberhasilannya dapat bertahan lama, semakin meningkat, bahkan sekolah lain pun pelan-pelan mengikuti cara tersebut. Serta berilah keterangan bahwa langkah atau solusi yang diambil merupakan hal yang ekonis dan efesien dan didukung dengan data-data yang dapat dibuktikan kebenarannya.

4. Simpulan, Saran, Rekomendasi dan Tindak Lanjut

Untuk tahap ini, isilah uraian kesimpulan yang bisa digunakan dari best practice tersebut. Tulis simpulan, rekomendasi dan tindak lanjut yang ditujukan pada pihak terkait dengan pemecahan masalah.

Bagian Penunjang

Dalam bagian penunjang, berisi lampiran yang dipakai dalam menunjang tulisan tersebut, yang meliputi:
  • Surat keterangan diseminarkan.
  • Dokumentasi kegiatan.
  • Contoh instrumen yang sudah diisi.
  • Alat yang digunakan.
  • Hasil kerja berikut bukti nyata perubahan berkat adanya best practice.

Best practice tidak melulu hanya ditulis menjadi sebuah laporan. Karya tulis ini juga dipresentasikan, diseminarkan dan bisa juga menjadi terbit buku. Tentu saja hal ini bertujuan agar best practice dapat memberikan manfaa pada banyak tenaga kependidikan. Semakin banyak yang membaca, termotivasi dan terinspirasi, semakin besar dan meluas pula potensi kemajuan tenaga kependidikan di negeri ini.

Manfaat lain dari best practice adalah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan dan mengasah inovasi sertavkreatifitas tenaga pendidik. Dengan adanya best practice, kemampuan menulis para tenaga pendidik pun bisa semakin terasah.

Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751