BLANTERVIO103

Pentingnya Belajar PUEBI dan KBBI Bagi Penulis

Pentingnya Belajar PUEBI dan KBBI Bagi Penulis
Minggu, 10 Mei 2020
Penting Belajar PUEBI dan KBBI
Penting Belajar PUEBI dan KBBI

PUEBI dan KBBIPentingnya Belajar PUEBI dan KBBI Bagi Penulis. Seberapa penting, kah, belajar PUEBI dan KBBI bagi penulis? Di dunia ini, semua butuh aturan, tak terkecuali dengan dunia kepenulisan. Semua peraturan dibuat untuk dipatuhi, bukan dilanggar.

Dalam dunia kepenulisan, baik karya fiksi maupun non-fiksi, terdapat aturan-aturan yang harus diterapkan. Aturan-aturan tersebut dikemas dalam dua bentuk, yaitu PUEBI dan KBBI.

Jika kamu ingin menjadi penulis hebat, perbaiki dulu tulisanmu dengan belajar dan menerapkan PUEBI dan KBBI. Seberapa pun cemerlang ide karanganmu, kalau cara penyajiannya berantakan, mustahil karyamu akan laku dan diterima di pasaran. Ibaratnya, tidak akan ada orang yang bersedia memakan pizza di tumpukan tempat sampah, selezat apapun pizza itu.

Jangan andalkan editor. Editor pun akan memilih karya mana yang berhak di-edit-nya. Berlajarlah untuk mengedit karyamu sendiri. Modal pertamamu cukup pelajari dulu PUEBI dan KBBI.

Apa Itu PUEBI? Apa itu PUEBI

PUEBI adalah kependekan dari “Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia”. PUEBI ini berisi peraturan-peraturan dan bagaimana cara menulis yang benar. Jika dulu kamu mengenal EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), maka PUEBI ada pengganti/penyempurnaan dari EYD.

Hal Apa Saja Yang Diatur Dalam PUEBI?

Perubahan EYD ke PUEBI bukan berarti mengubah keseluruhan dari EYD. Berikut adalah sebagian hal yang diatur dalam PUEBI:
  • Penulisan huruf kapital
  • Penulisan huruf tebal
  • Penulisan huruf miring
  • Penambahan huruf vokal
  • Gabungan huruf konsonan
  • Penulisan beberapa partikel
  • Penggunaan bilangan
  • Penulisan tanda baca
  • Penggunaan elipsis

Dengan mengetahui aturan PUEBI, diharap semua penulis semakin mematuhi dan memakai aturan ini pada karya-karyanya. Termasuk kamu. Jangan lupa juga untuk menerapkan KBBI pada setiap kata yang kamu tulis.

Apa Itu KBBI?

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah kamus resmi bahasal Indonesia yang  telah diterbitkan oleh balai pustaka. Jika PUEBI digunakan untuk mengetahui aturan menulis sehingga menjadi satu kalimat yang benar, lain halnya dengan KBBI. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berfokus pada kata yang akan kamu pilih.

Apa itu KBBI
KBBI merupakan kamus bahasa Indonesia terlengkap dan akurat yang menjadi acuan tertinggi dalam penentuan bahasa Indonesia yang baku. Baku tidaknya sebuah kata lah yang diatur dalam KBBI.

Kamu bisa melihat baku tidaknya kata dasar pada kata yang kamu pilih. Juga melihat bagaimana perubahan-perubahan kata dasar tersebut setelah mendapat beberapa imbuhan. Tes dan uji coba kata pilihanmu pada KBBI sebelum menerapkannya pada karyamu.
Baca Juga : Cara Penulisan DI yang Benar
Sekarang, zaman serba canggih. Tidak perlu lagi kamu membawa buku fisik PUEBI dan KBBI. PUEBI dan KBBI bisa kamu pasang langsung di gawaimu. Puluhan -bahkan ratusan- artikel mengenai PUEBI dapat kamu temukan di internet. Bahkan aplikasinya pun sudah ada, begitu juga KBBI. Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi KBBI V di ponselmu. Mudah, bukan?

PUEBI daringKBBI daring

Setelah tahu fungsi PUEBI dan KBBI, mulai sekarang terapkanlah itu pada karyamu. Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pun dengan penulis.  Jika kesalahan bisa diminimalisir, kenapa harus terus mengulang kesalahan yang sama banyak? Shalys Chan
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751