Skip to main content

Pengertian Buzzer dan Apakah Anda Tergolong Buzzer Medsos?

Pengertian buzzer

Pengertian BuzzerPengertian Buzzer dan Apakah Anda Tergolong Buzzer Medsos? Pernah mendengar kata 'buzzer' atau 'buzzer medsos'? Saya yakin pasti anda pernah mendengarnya. Meski tak lagi sehangat dan setenar dulu, tentunya istilah buzzer ini masih tetap digunakan di beberapa media sosial. Atau tidak menutup kemungkinan, Anda sendiri adalah buzzer. Bagi yang masih asing dengan istilah buzzer, mari kita cari tahu pada artikel ini.

Pengertian Buzzer

Buzzer, jika diartikan secara bahasa berarti 'bel' atau 'lonceng'. Sebuah bel selalu dimiliki oleh lembaga tertentu dan akan berbunyi jika sudah waktunya berbunyi. Begitupun buzzer di media sosial. Dari pengertian buzzer secara bahasa, istilah buzzer pun berkembang dan diterapkan menjadi sebuah kosakata baru di media sosial.

Istilah buzzer digunakan pada akun  dalam media sosial yang mempromosikan atau mengidolakan tokoh, isu, kandidat, atau produk tertentu. Tujuannya tentu agar orang tertarik dan ikut mengidolakan dan memilih tokoh atau produk tersebut.


Cara kerja buzzer adalah mengumpulkan sebanyak-banyaknya follower media sosial dan membagikan atau memviralkan produk, tokoh, atau isu tersebut. Dengan melihat cara kerja yang seperti itu, otomatis para buzzer selalu online agar promosinya cepat tersebar dan masyarakat langsung bisa yakin dan memberi tanggapan atas apa yang mereka viralkan.

Apakah Buzzer Dapat Bayaran?

Pada dasarnya, buzzer melakukan ini semua murni karena hati nurani dan atas kecintaan pribadi. Mereka tidak menuntut bayaran atas apa yang mereka kerjakan. Namun, jika perkerjaannya itu bisa menghasilkan income yang lumayan, kenapa tidak?

Seperti halnya kita yang menggandrungi sebuah judul drama korea, Tiap hari kita update tentang drama tersebut, mulai dari jalan ceritanya, watak dari tokohnya, sampai kehidupan pribadi dari masing-masing tokoh. Kita tidak mendapat bayaran untuk hal itu.

Jika suatu saat ada pihak yang merasa diuntungkan dan mulai menyewa jasa buzzer seperti ini, pastilah kita mendapat bayaran dari mereka. Dan pada saat inilah para buzzer mulai memikiran tentang jaringannya. Inilah yang disebut buzzer profesional.

Apa Pengertian Buzzer Profesional

Buzzer profesional menjadikan kegiatannya sebagai sebuah pekerjaan, entah pekerjaan utama, atau hanya sebagai sampingan. Buzzer profesional memiliki jaringan yang luas, kerjanya pun terorganisir. Ada bagian pencari info, pembuat konten, juga penebar konten. Buzzer harus melek isu, tidak kudet, dan selalu up to date. Pengelolaan konten pun harus dibuat semenarik mungkin agar dapat lebih meyakinkan masyarakat.

Jaringan buzzer profesional tentu memiliki sistem kerja yang profesional juga. Untuk menyebarkan target, mereka benar-benar mengatur lalu lintas penyebaran  dan mempunyai tool-tool serta boot yang digunakan.

Apakah Buzzer Meguntungkan Target?

Tentu saja. Banyaknya buzzer yang bekerja dengan sepenuh hati mendorong para tokoh, atau brand besar untuk menjalin kerja sama di antara mereka. Jaringan buzzer mendapat keuntungan secara finansial dan kepuasan atas hobi yang dimiliki. Sedangkan seorang tokoh, atau pemilik produk juga diuntungkan karena mereka menjadi lebih terkenal, dan produknya bisa laku di pasaran.


Perlu diingat, tidak selamanya buzzer menguntungkan yang dibela. Membela mati-matian seorang tokoh tanpa tahu tekniknya juga membuat masyarakat semakin jengah dibuatnya. Terlalu melebih-lebihkan sang tokoh pasti malah membuat muak pembaca. Hal ini juga berlaku sama pada sebuah produk. Jika konten promosi jelek dan tidak beraturan, mustahil pembeli akan datang.

Apakah Anda Tergolong Buzzer Medsos?

Dari penjabaran tentang buzzer di atas, pastinyaAnda sudah memahami tentang pengertian buzzer, cara kerja buzzer, target serta manfaat buzzer. Dari pengertian tadi, Anda pun cukup tahu mengenali diri, apakah Anda tergolong buzzer medsos atau bukan.

Jika Anda terlalu mengidolakan dan posting topik tertentu dengan maksud agar hal tersebut diyakini dan diikuti banyak orang, bisa jadi Anda memang seorang buzzer.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->