BLANTERVIO103

Panduan Menulis Proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan

Panduan Menulis Proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan
Rabu, 20 Mei 2020
Cara Menulis Proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan

Proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan - Panduan Menulis Proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan. Seperti yang kita tahu, seseorang memberikan sesuatu pada orang lain haruslah dengan pertimbangan yang matang. Seorang pemberi juga berpikir, apakah pemberiannya tepat sasaran atau tidak. Begitupun dengan beasiswa studi.

Sudah selayaknya pihak pemberi beasiswa unggulan menginginkan penerima beasiswa yang benar-benar serius dengan studinya. Pemberi beasiswa pasti tidak ingin beasiswa unggulan yang mereka beri terkesan sia-sia dengan memberikannya pada orang yang tidak tepat. Kurangnya rencana studi menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak pemberi beasiswa unggulan. Dari hal tersebut, pemberi beasiswa dapat melihat ketidaksiapan calon penerima beasiswa unggulan.

Oleh karena itu, agar pihak pemberi beasiswa yakin dan percaya untuk memberikan beasiswa pada kita, ada hal-hal yang perlu disiapkan dalam menulis proposal rencana studi beasiswa unggulan. Persiapan tersebut antara lain adalah beberapa kematangan dari isi proposal rencana studi beasiswa unggulan dan format penulisan proposal itu sendiri.

Hal-Hal yang Harus Disiapkan dalam Menulis Proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan

Agar lebih mudah mengerjakan proposal rencana studi beasiswa unggulan, ada baiknya rencanakan dengan matang isi proposal berikut ini:
  • Alasan pemilihan jurusan.
  • Latar belakang dan motivasi dalam memilih kampus dan jurusan.
  • Perencanaan rencana studi
  • Perencanaan mata kuliah persemester.
  • Perencanaan anggaran biaya studi.
  • Perencanaan pasca studi.
  • Perencanaan kegiatan selain di kampus.
  • Hal yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan.
  • Harapan dari beasiswa ungulan.

Jadikan hal-hal di atas sebagai outline dalam penulisan proposal. Setelah menyiapkan hal-hal tersebut, periksa kembali apakah kira-kira sudah sesuai dengan selera pihak pemberi beasiswa atau belum.  Jika sudah, tahap selanjutnya adalah membuat proposal pencana studi beasiswa mandiri.

Bagaimana struktur penulisan proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan?

Tidak jauh beda dengan poin-poin yang sudah dijelaskan di atas. Kalau kamu benar-benar mengisinya, berarti tinggal memasukkan isian tersebut dalam struktur penulisan proposal rencana studi beasiswa unggulan.

Sebelum membuat struktur proposal, perhatikan dulu format proposalnya. Proposal rencana studi beasiswa unggulan ditulis menggunakan kertas A4 sebanyak 3-5 halaman, dengan font Times New Roman. Untuk font size pilih 12 dengan spasi 1,5.

Berikut adalah struktur dan panduan menulis proposal rencana studi beasiswaa unggulan:

1. Pendahuluan

Pada pendahuluan, isilah kalimat layaknya pendahuluan-pendahuluan dalam laporan proposal lainnya, seperti, alasanmu menginginkan dan mengajukan beasiswa ini. Tentunya isi dalam 'Pendahuluan'  juga harus sinkron dengan proposal rencana studi beasiswa unggulan yang sedang kamu kerjakan.

Pendahuluan juga berisi tentang pernyataan jika penulisan proposal adalah sebagai salah satu syarat pengajuan rencana studi beasiswa unggulan yang patut untuk dipertimbangkan.

2. Latar belakang pengajuan beasiswa

Jelaskan gambaran luas tentang seluk beluk jujuran yang kamu ambil. Ungkapkan juga apa latar belakang memilih kampus serta jurusan tersebut. Serta tambahkan beberapa potensi yang bisa diambil dalam jurusan yang kamu pilih.

3. Rencana studi

Dalam rencana studi, isilah beberapa rencana yang akan dilakukan selama menempuh pendidikan. Tulislah juga rencana pengambilan SKS yang diambil pada tiap semesternya. Beri alasan yang mendasar tentang mengapa melanjutkan studi pada jurusan yang akan dipilih.

4. Rencana anggaran biaya

Untuk rencana anggaran biaya selama masa studi, terbagi menjadi dua. Yaitu, rencana anggaran biaya untuk studi itu sendiri, dan rencana anggaran biaya hidup pada waktu menempuh studi. Masing-masing dari rencana anggaran biaya tersebut dijelaskan secara terstruktur dalam sebuah tabel.

5. Rencana Pasca Studi

Dalam menu rencana pasca studi, isilah rencanamu setelah menempuh studi. Seperti, rencana akan melanjutkan studi di mana, kerja di mana, rencana mau melakukan kegiatan apa, atau rencana bisnis termasuk rencana mendirikan sebuah lapangan usaha.

6. Penutup

Tulislah harapan tentang seberapa besar keinginanmu agar diterima menjadi peserta beasiswa unggulan. Cantumkan juga kalimat penutup serta ucapan terima kasih pada pihak pemberi beasiswa unggulan.

Itu tadi adalah panduan menulis rencana studi beasiswa unggulan yang dapat kamu pelajari. Pada dasarnya, struktur proposal tidaklah harus sama persis seperti itu. Namun, secara garis besar, langkah-langkah di ataslah yang digunakan oleh para pendaftar beasiswa unggulan.

Semoga dengan artikel ini, dapat membantu memudahkanmu dalam menulis proposal rencana beasiswa unggulan. Apabila ada kritik dan saran, langsung saja di kolom komentar.
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751