Skip to main content

Mengenal Genre Dalam Novel

 Macam-macam genre novel

Mengenal Genre yang Paling Populer Dalam Novel

Genre NovelMengenal Genre Dalam Novel. Bagi pecinta karya fiksi, terutama novel, seharusnya tidak asing lagi dengan kata ‘genre’. Setiap pembaca pasti memiliki genre favorit tersendiri dalam hobi bacaannya. Mengetahui genre yang kamu mau tentunya dapat membantumu mempermudah mencari novel yang sedang kamu cari.

Begitupun dengan penulis novel. Seorang penulis juga harus paham betul dengan genre novel yang akan mereka kerjakan. Biasanya, penulis hanya mampu membuat satu genre saja. Sebenarnya bukan tidak mampu, tapi lebih ke mengasah kematangan genre yang sedang dipelajari.

Lalu, apa itu genre dalam novel?

Dalam KBBI, kata genre diartikan dengan jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya. Dengan demikian, kesimpulan dari pengertian genre adalah jenis yang dipakai dalam rujukan karya tulis. Jenis atau tipe tersebut memiliki ciri yang menjadi pembeda antara tipe novel satu dengan yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa macam genre novel berikut ini.

Macam-Macam Genre Novel 

Romance

Sesuai namanya, isi genre romance tidak jauh-jauh dari romantisme. Romance adalah genre yang mengangkat topik percintaan dengan bahasa yang sedikit mendayu-dayu.

Pengertian genre romance
Pengertian genre romance

Novel bergenre romance biasanya berisi tentang sebuah pertemuan dua orang insan. Dibumbui dengan beberapa masalah yang membuat keduanya berpisah sebagai konfliknya.

Penyesalan adalah antiklimaksnya dengan ending sesuai dengan outline penulis. Bisa berupa happy ending dengan cara memaafkan si tersangka, atau sad ending dengan memisahkan mereka.

Fantasi

Genre fantasi mengisahkan tentang sebuah cerita yang penuh imajinatif dan mungkin sama sekali tidak ada di kehidupan nyata.

pengertian genre fantasi
pengertian genre fantasi

Pengarang bisa dengan bebas memasukkan karakter, tokoh dan jalan cerita apapun di genre ini. Rasanya, tidak ada batasan dalam genre fantasi, bahkan dalam hal yang tidak mungkin sekalipun.
Orang bisa terbang, bayi bisa berbicara, manusia laba-laba, dan berbagai hal tidak mungkin lainnya adalah sebuah ciri dari genre fantasi.

Horor

Tentunya kamu tahu film horor, kan? Film yang dikemas dengan begitu menakutkan sepaket dengan setan-setannya. Ya, itulah genre film horor.

pengertian genre horor
pengertian genre horor 

Tak jauh beda dengan genre horor dalam novel. Genre novel horror dirancang dengan outline sedemikian rupa untuk membuat kesan menakutkan bagi para pembaca.

Konflik dalam nover bergenre horor bisa berupa sebuah kutukan, karma, tindak kejahatan yang korbannya meninggal dan menjadi hantu. Ada lagi yang tak kalah menarik, genre novel horor bisa juga dengan menonjolkan setting tempat yang angker dan penuh makhluk tak kasat mata.

Misteri

Genre novel misteri merupakan suatu genre yang bercerita tentang suatu misteri yang berupa pengumpulan fakta dari sebuah kejahatan atau masalah.

pengertian genre misteri
pengertian genre misteri

Menurutku, genre yang paling membutuhkan konsentrasi penuh adalah genre misteri. Kenapa? Karena pada genre misteri, bagian awal dan akhir cerita selalu terkait dan penuh misteri. Kamu akan kesulitan memahami genre novel misteri jika cara bacamu loncat-loncat antar bab.

Apakah genre misteri sama dengan horor? Jawabannya adalah ‘tidak’. Horor menitik beratkan pada sebuah kejadian yang menyeramkan dan menakutkan. Sedangkan misteri, lebih condong pada pencarian suatu barang atau pemecahan suatu kejadian yang masih belum terungkap.

Thriller

Dalam genre thriller, suasana yang menakutkan dan menegangkan adalah hidangan utamanya. Lalu, apa bedanya dengan horor dan misteri?

pengertian genre thriller
pengertian genre thriller

Pada genre ini, hampir semua jalan cerita berfokus pada masalah hidup dan mati. Pembaca diajak ikut serta dalam cerita, menyaksikan bagaimana mencekamnya cerita ini. Pembaca dihidangkan dengan sajian cerita tentang bagaimana sang tokoh utama dapat bertahan hidup dalam situasi teror yang mencekam.

Komedi atau Humor

Novel bergenre komedi atau humor adalah novel yang mengisahkan tentang sesuatu hal yang lucu. Novel yang sukses dengan genre komedi  ditandai dengan terpancingnya pembaca untuk tertawa, dan sangat terhibur dengan bacaan tersebut.

pengertian genre humor
pengertian genre humor

Gaya bahasa dalam genre komedi cenderung bersifat ringan dan lebih santai. Jarang ada beberapa diksi atau kalimat yang susah dimengerti bagi para pembaca. Karena tujuan awal novel ini adalah untuk menghibur pembaca tanpa harus membebaninya dengan kata-kata yang begitu rumit.

Itu tadi adalah beberapa genre novel yang biasa dipakai para penulis cerita fiksi. Genre novel sendiri jumlahnya tidak pakem. Jika kamu menemui genre lain seperti fiksi umum, teenfict, historial fiction, religi, itu semua adalah menyempurnaan dari genre-genre di atas.

Yang jelas, genre adalah pengelompokan jenis dari isi novel itu sendiri. Apakah tema dan genre itu sama? Tidak. Genre tidak sama dengan tema. Untuk perbedaan genre dan tema serta macam-macam tema novel, kita kupas pada artikel selanjutnya.

Semoga kalian sabar menanti. shalyschan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->