BLANTERVIO103

Manfaat Menulis dengan Tangan

Manfaat Menulis dengan Tangan
Sabtu, 09 Mei 2020
Beberapa Manfaat Menulis dengan Tangan

Manfaat Menulis dengan Tangan. Di zaman modern ini, rasanya menulis dengan tangan sudah ditinggalkan oleh sebagian besar orang. Menulis dengan tangan memang terkesan ribet. Apalagi saat ini semua orang sudah mempunyai ponsel sendiri-sendiri  untuk kebutuhan mencatat.

Memang, cara ini cukup mudah, praktis dan hemat waktu jika dibandingkan dengan menulis dengan tangan. Kamu tidak perlu repot untuk membawa buku dan pena ke mana-mana hanya untuk menulis sebuat catatan. Namun, jika mengetahui apa saja manfaat menulis dengan tangan, rasanya kamu akan berpaling meninggalkan gadget-mu dan rajin kembali menulis di kertas.

Apa saja manfaat menulis dengan tangan?

Berikut adalah beberapa manfaat menulis dengan tangan yang akan kamu dapatkan, di antaranya:

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat Menulis Tangan Untuk Meningkatkan daya ingat

Salah satu manfaat menulis dengan tangan adalah meningkatkan daya ingat. Pernakah kamu berpikir, mengapa anak usia sekolah jauh lebih tajam ingatannya dibanding orang dewasa? Ini karena mereka jauh lebih rajin menulis dengan tangan dibanding kita yang lebih memilih gadget sebagai media pengingat.

Seiring bertambahnya usia, tentu manusia akan mengalami penurunan daya ingat. Oleh karenanya, sebelum itu terjadi, kenapa kita tidak memanfaatkan menulis dengan tangan untuk mempertahankan ingatan kita?

Menenangkan Pikiran

Sebagai manusia biasa, tentu kita pernah mengalami rasa sedih, cemas, ataupun stress. Ada yang bilang, menulis adalah sebuah terapi otak dan media penyembuhan alami. Tentunya dalam hal ini, cara yang ampuh dan efektif adalah menulis dengan tangan.

Manfaat Menulis Tangan Untuk Menenangkan Pikiran

Jika kamu sudah tahu, manfaat menulis dengan tangan adalah menenangkan pikiran, maka ambil buku serta penamu, dan mulailah menulis. Utarakan semua kegelisahan serta masalahmu melalui sebuah tulisan. Daripada mencurahkan kegelisahan dengan temanmu yang justru akan membawa masalah baru, kenapa tidak kamu utarakan dengan cara menulis dengan tangan saja? Rahasiamu akan tetap terjaga dan pastinya pikiranmu pun akan lebih tenang.

Merangsang Kreatifitas

Manfaat menulis dengan tangan selanjutnya adalah merangsang kreatifitas. Menulis dengan tangan tentu lebih membutuhkan tenaga dan kreatifitas dibanding mengetik. Jika dalam menulis pada lembar kerja pengolahan kata, kamu disuguhi beberapa font pada aplikasinya, maka tidak berlaku pada menulis dengan tangan.

Manfaat Menulis Tangan Untuk Merangsang Kreatifitas

Itulah mengapa, hasil tulisan tangan memiliki font yang berbeda  antara penulis satu dengan yang lain. Dan inilah yang menyebabkan adanya penilaian antara tulisan jelek dan tulisan bagus. Bukan pada isi tulisannya, melainkan pada kreatifitas atau bentuk tulisan itu sendiri.

Jika ingin meningkatkan kreatifitas, cobalah menulis dengan tangan. Ukirlah tulisanmu seindah mungkin, dan tambahkan beberapa hiasan untuk memperindah tampilan tulisanmu.

Membantu Cepat Tidur

Pada keterangan di atas dijelaskan, menulis dengan tangan dapat mengurangi kecemasan dan menenangkan pikiran. Hal ini tentu saja akan berhubungan langsung dengan masalah istirahat tidurmu. Pikiran yang tenang pasti akan membuat seseorang yang susah tidur menjadi lebih mudah untuk tidur.

Jika kamu sekarang sedang memiliki masalah susah tidur, cobalah untuk menulis dengan tangan. Di samping dapat menenangkan pikiran, kelelahan akibat menulis pun akan membuatmu lebih mudah untuk memejamkan mata.

Tulislah jadwal kegiatanmu untuk besok ataupun kegiatan yang sudah kamu lalui hari ini sebelum tidur. Hal itu akan membantumu tertidur lebih cepat daripada dengan cara menghitung domba.
😊😊😊
Itulah tadi beberapa manfaat menulis dengan tangan. Dengan menulis tangan, kamu bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, menenangkan pikiran, merangsang kreatifitas, serta terhindar dari masalah susah tidur.

Sebenarnya, yang dijabarkan di atas hanyalah sebagian besarnya saja. Dan tentu banyak manfaat lain yang dapat kamu peroleh dari menulis dengan tangan, salah satunya adalah mendatangkan kepuasan batin tersendiri.

Setelah mengetahui manfaat menulis dengan tangan, tentunya kamu tidak lagi berpikir dua kali untuk melakukannya, kan? Hanya bermodal kertas dan bolpoin saja, kamu sudah bisa merasakan beberapa manfaat positif di atas. Jadi, tunggu apa lagi? Marilah kembali kita gerakkan menulis dengan tangan.
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751