BLANTERVIO103

Cara Penulisan Kutipan yang Benar dan Lengkap Berikut Contohnya

Cara Penulisan Kutipan yang Benar dan Lengkap Berikut Contohnya
Rabu, 27 Mei 2020
Cara Penulisan Kutipan yang Benar dan Lengkap Berikut Contohnya

Pengertian Kutipan

Penulisan Kutipan -  Cara Penulisan Kutipan yang Benar dan Lengkap Berikut Contohnya. Kutipan adalah sebuah karya tulis yang diadopsi dari pendapat seseorang, baik itu berupa perkataan, ataupun sebuah tulisan. Fungsi kutipan sendiri adalah untuk memperkuat gagasan pada suatu karya tulis. Kutipan juga bisa digunakan sebagai bukti penunjang atau uraian dalam sebuah pendapat.

Sebuah kutipan harus benar-benar dipertanggungjawabkan kebenarannya, baik dari isi, maupun sumbernya. Meski sebuah kutipan diperbolehkan, tapi pikirkanlah dulu manfaat kutipan tersebut. Apakah kutipan itu memang penting dan dibutuhkan atau tidak. Jangan terlalu sering mencantumkan sebuah kutipan, jika tanpa kutipan, karya tersebut masih sempurna dan tetap kuat.

Macam-Macam Kutipan

Berikut adalah beberapa macam kutipan, antara lain:

1. Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah mengutip tulisan orang secara utuh, tanpa mengubah tulisan orang tersebut. Kutipan langsung digunakan jika penulis menganggap semua pendapat yang yang dikutipnya memang perlu untuk dicantumkan.

Cara Penulisan Kutipan Langsung

Untuk kutipan langsung sendiri terbagi menjadi 2, yaitu kutipan langsung singkat (Kurang dari 4 baris) dan kutipan langsung panjang (lebih dari 4 baris).

Cara penulisan kutipan langsung pendek/singkat, cukup dikelilingi tanda kutip. Setelah itu ikuti dengan penulis (sumber) kutipan. Isi kutipan dan sumbernya tetap pada paragraf yang sama.

Cara Penulisan Kutipan Langsung

Berbeda dengan kutipan langsung pendek. Cara penulisan kutipan langsung panjang, penulisan isi kutipan dan sumbernya tidak dapat ditulis dalam satu paragraf (harus ganti paragraf).

Contoh kutipan langsung tentang pendidikan:

"Tidak hanya untuk anak Sekolah Dasar saja, pendidikan akhlak harus tetap diajarkan dan diterapkan pada semua jenjang pendidikan" (Alina Putri, 2011:59).

2. Kutipan Tidak Langsung

Jika kutipan langsung adalah kutipan yang diambil secara utuh tanpa perubahan, berbeda dengan kutipan tidak langsung. Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang bersumber dari orang lain, tapi ditulis atau disalin dengan gaya bahasa sendiri.

Cara Penulisan Kutipan Tidak Langsung
Untuk cara penulisan tidak langsung, tidak perlu memakai tanda petik ("...."). Setelah kutipan, langsung tulis sumber kutipan.

Contoh:

Untuk mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi tomat, baiknya masaklah terlebih dahulu tomat sebelum dimakan (Mariska, 2010:15).

Fungsi kutipan

Setelah mengetahui pengertian dan macam-macam kutipan berikut cara penulisannya, saatnya kita mengetahui fungsi kutipan. Fungsi kutipan diantaranya adalah:

1. Menghindari Prakter Plagiarisme

Seperti yang kita tahu, cara penulisan kutipan wajib mencantumkan sumber dari kutipan. Jika kita menulis kutipan dari perkataan orang, kita wajib menuliskan juga nama orang yang kita ambil pendapatnya untuk kita kutip. Begitu juga dengan tulisan. Jika kita mengambil sebuah pendapat dari tulisan orang, wajib bagi kita mencantumkan sumber (nama, titimangsa, media) dari yang dikutip.

fungsi kutipan adalah menghindari praktek plagiarisme

Hal ini tentu saja secara tidak langsung kita menghindari dari praktek plagiarisme. Karena kita jelas mencantumkan sumber dari apa yang kita kutip. Sekalipun itu merupakan sebuah kutipan tidak langsung.

2. Membantu Memahami Isi Tulisan

Terkadang pembaca dibuat bingung dalam memahami sebuah tulisan seseorang karena bahasa yang tidak sesuai selera pembaca. Entah itu karena tulisan yang terlalu rumit, atau memang kemampuan pembaca dalam meresapi bacaan yang sedikit lambat. Dengan adanya kutipan yang bersumber dari orang lain, memungkinkan pembaca memahami tentang ide tulisan tersebut.

Cara Menulis Kutipan dari Internet

Menulis kutipan bisa dari mana saja, termasuk juga dari internet. Cara menulis kutipan dari internet pun cukup mudah. Sama halnya dengan cara menulis kutipan langsung ataupun tidak langsung. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut:

Cara Menulis Kutipan dari Internet

1. Cara Menulis Kutipan Langsung Dari Internet

Cara 1: Sebutkan terlebih dahulu kutipan langsung. Isi kutipan tetap dalam tanda petik. Setelah itu, tulis nama penulis, tahun publikasi, alamat situs internet, kemudian tanggal di mana situs tersebut diakses.

Contoh:

“Untuk mendapatkan program beasiswa ungulan, peserta haruslah menyusun terlebih dahulu proposal rencana studi beasiswa unggulan dengan sebaik mungkin.” (Shalys Chan, 2020, https://www.shalyschan.com/2020/05/menulis-proposal-rencana-studi-beasiswa-unggulan.htm, 20 Mei 2020).

Cara 2: Sebutkan nama penulis dan alamat situsnya. Pisah dengan tanda koma. Setelah itu, baru tulis kutipan yang akan ditulis dan pastikan kutipan berada dalam tanda kutip.

Contoh:

Menurut Shalys Chan dalam situsnya https://www.shalyschan.com/2020/05/menulis-proposal-rencana-studi-beasiswa-unggulan.html, “Untuk mendapatkan program beasiswa ungulan, peserta haruslah menyusun terlebih dahulu proposal rencana studi beasiswa unggulan dengan sebaik mungkin.”

2. Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung dari Internet

Sama seperti menulis kutipan tidak langsung lainnya, cara menulis kutipan tidak langsung dari internet juga seperti itu. 

Adapun cara penulisan kutipan tidak langsung dari internet adalah dengan menuliskan nama penulis dan sumber kutipan terlebih dahulu. Kemudian tulislah kutipan dengan gaya bahasamu sendiri. 

Contoh:

Menurut Shalys Chan dalam situsnya https://www.shalyschan.com/2020/05/teknik-menulis-best-practice-bagi.html menyatakan bahwa untuk menulis best practice tidak harus diambil pada sebuah pengalaman yang terkesan sangat besar.

Cara Menulis Kutipan yang Diambil dari Skripsi Orang Lain

Ada kalanya penulis skripsi mencari sebuah kutipan yang tidak langsung dari sumber pertamanya. Entah itu karena mahalnya buku, atau mulai langkanya buku yang ditulis oleh sumber pertama. Jika itu terjadi, menulis kutipan yang diambil dari skripsi orang lain adalah jalan keluarnya.

Tentang cara menulis kutipan yang diambil dari skripsi orang lain tidaklah sulit. Caranya, cantumkan sumber pertamanya yang berupa nama pengarang dan tahun cetak. Selanjutnya tulis sumber kedua dan tahun cetak. Sumber ke dua ini adalah skripsi orang lain yang akan diambil. Setelah itu, barulah ketik isi kutipannya.

Contoh:

Shalys Chan (2010) dalam Indra Kusuma (2013) menyatakan mengkonsumsi banyak nasi dapat membuat tubuh semakin melar. Rasa kantuk pun rasanya sulit untuk dikendalikan.

Contoh Kutipan Wawancara dalam Skripsi

Menulis sebuah skripsi tentulah membutuhkan sumber yang dijadikat penguat dalam skripsi. Tidak hanya dari sebuah buku, sumber data tersebut juga pasti diperoleh hasil hasil sebuah wawancara.

Beriku adalah contoh kutipan wawancara dalam skripsi:

Thomas Zainuddin (2010) mengemukakan bahwa penelitian tempe dengan kacang kedelai lebih cepat terfermentasi daripada membuat tempe dari kacang polong.

Cara Menulis Kutipan dari Film

Ternyata, kutipan tidak hanya bersumber dari media tulis (cetak/elektronik) dan hasil dari wawancara langsung dari sumbernya. Sebuah film pun bisa dijadikan sebagai sumber kutipan dalam karya tulismu.

Bagaimana langkah menulis kutipan dari film?

Sebenarnya ada banyak format untuk penulisan kutipan dari film. Yang perlu diingat, film bukan merupakan suatu sumber akurat yang dapat dijadikan penunjang karya ilmiahmu. Penulisan kutipan dalam film biasanya hanya untuk pemanis saja, bukan digunakan sebagai data tambahan ataupun bahan acuan.

Cara menulis kutipan dari film pun tak jauh beda dengan cara penulisan kutipan dari sumber yang lain. Terlebih kutipan jenis ini bukan merupakan kutipan penting. Jadi tidak terlalu terikat dengan aturan kepenulisan.

Kamu bisa langsung menulis isi kutipan, tentunya tetap dalam tanda kutip. Isi kutipan tetap dalam tanda petik. Setelah itu, tulis nama aktor yang mengucapkan. Cukup simpel kan?

Contoh:

"Kau telah mengambilnya dariku. Kupastikan, suatu saat ada orang lain yang akan mengambilnya dari tanganmu." Lyla Chan.

Bagaimana dengan tahun dirilisnya film serta judul film itu sendiri? Kembali lagi pada keterangan cara menulis kutipan dari film di atas, kutipan ini tidak bisa disebut resmi. Cuma bisa kamu gunakan sebagai pemanis atau hiasan pada tulisan essai dan sejenisnya. Bukan untuk karya sejenis skripsi atau yang lainnya.

Intinya, tergantung keperluan saja. Jika memang penting untuk mencantumkan judul film serta waktu terbitnya, maka cantumkan. Jika memang hanya perlu kata-katanya, cukup gunakan isi kutipan beserta pemain yang mengucapkan kutipan tersebut.

Cara Penulisan Kutipan 'dkk'

Kutipan dkk adalah sebuah kutipan yang mengacu pada lebih dari dua penulis. Dkk sendiri adalah kependekan dari 'dan kawan-kawan'.

Untuk cara penulisan kutipan dkk, tulislah nama belakang penulis pertama dan bubuhkan penulisan dkk di belakangnya. Setelah itu, akhiri dengan tahun terbit.

Contoh Cara Penulisan Kutipan dkk:

Tidak ada diet yang manjur jika tidak disertai niat dan kemauan keras dari diri kita sendiri. (Fauzia, dkk. 1999).

Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Kutupan dan daftar pustaka tidak bisa dipisahkan pada dunia penulisan karya non-fiksi. Sama dengan kutipan, daftar pustaka juga berfungsi sebagai penghindar plagiat dalam sebuah karya. Tidak mau, kan, karyamu dicap sebagai plagiat hanya karena tidak mencantumkan sumber aslinya?

Jika kutipan identik dengan subuah ucapan atau pendapat, lain dengan daftar pustaka. Daftar pustaka lebih ditekankan pada sumbernya, sedangkan isi bisa kamu olah sendiri sesuai gaya bahasamu. Hanya saja, untuk mencantumkan sumber referensi pada karyamu adalah hal yang wajib.

Bagaimana Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar?

Penulisan daftar pustaka pun ada aturannya. Tetap fokus dan perhatikan urutan serta tanda baca yang sebagai pemisahnya. Berikut adalah cara penulisan daftar pustaka yang benar:

1. Penulisan Daftar Pustaka Dari Buku

Nama Penulis
Yang harus ditulis pertama dalam penulisan daftar pustaka yang benar adalah nama penulis. Untuk nama penulis, awali dengan nama belakangnya dulu, baru kemudian disusul dengan nama depan. Jika terdapat gelar, baik gelar depan maupun belakang, gelar tersebut tidak usah ditulis.

Tahun Penerbitan
Tulis tahun penerbitan pertama pada buku yang kamu jadikan referensi setelah nama pengarang. Ingat! Penerbitan pertama, bukan cetakan ke dua, ke tiga dan seterusnya.

Judul Buku
Penulisan judul buku menduduki urutan ke tiga. Tulis lengkap judul buku dengan cetak miring.

Nama Kota dan Penerbit
Urutan dalam cara penulisan daftar pustaka yang terakhir adalah nama kota dan penerbitnya. Tulis nama kota terlebih dahulu, diikuti dengan tanda titik dua (:), kemudian baru nama penerbit.

Perlu diiingat: Setiap urutan dipisahkan dengan tanda titik (.).

Contoh Penulisan Daftar Pustaka yang Benar dari Buku

Data buku
Judul Buku : Diet Sehat Tanpa Siksaan
Nama Penulis : Shalys Chan
Nama Penerbit : Bintang Terang
Kota Penerbit : Lamongan
Tahun Terbit : 2010

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Data Tersebut:
Chan, Shalys. 2010. Diet Sehat Tanpa Siksaan. Lamongan: Bintang Terang.

2. Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Nama Penulis
Sama seperti penulisan daftar pustaka dari buku, nama penulis dalam daftar pustaka dari internet juga ditulis dengan mendahulukan nama belakang baru nama depan.

Tahun Penayangan
Tahun penayangan adalah tahun publikasi artiket tersebut

Judul Artikel
Judul ditulis menggunakan huruf miring dan diapit dengan tanda kutip ("...").

URL Web/Blog
Cantumkan alamat URL lengap dengan menyalin langsung URL pada artikel yang kamu jadikan sumber referensi.

Waktu Pengambilan
Untuk waktu pengambilan adalah jam dan tanggal di mana kamu membuka URL artikel tersebut.

Catatan:
Tanda titik (.) digunakan untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan.
Tanda koma (,) digunakan sebagai pemisah antara judul artikel dengan URL, dan antara URL dengan waktu pengambilan artikel.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Judul Artikel :
Penulis : Shalys Chan
Waktu Penayangan : 23 Mei 2020
Waktu Pengambilan : 26 Mei 2020
URL :

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Data Tersebut:
Chan, Shalys.2020. "Pengertian Buzzer dan Apakan Anda Tergolong Buzzer Medsos?", https://www.shalyschan.com/2020/05/pengertian-buzzer.html, diakses pada 26 Mei 2020 pukul 11.00.

Itulah tadi cara penulisan artikel yang benar dan lengkap berikut contohnya dan ditambah dengan cara penulisan daftar pustaka yang benar. Untuk contohnya, adalah hanya sekedar contoh penulisan. Tidak ada dalam buku fisik ataupun benar-benar sumber dari perkataan narasumber.

Artikel ini bisa kamu jadikan acuan dalam menulis kutipan dan daftar pustaka pada karya ilmiahmu. Jangan lupa pula cari sumber referensi lain sebagai bandingannya agar hasilnya lebih maksimal.
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751