BLANTERVIO103

Cara Penulisan Kata Insya Allah yang Benar

Cara Penulisan Kata Insya Allah yang Benar
Selasa, 26 Mei 2020
Cara Penulisan Kata Insya Allah yang Benar

Penulisan InsyaallahCara Penulisan Kata Insya Allah yang Benar. Bagi warganet Indonesia, sepertinya tidak afdhol jika hidup tenang tanpa sebuah perdebatan. Perdebatan sudah menjadi makanan gurih di kalangan kita, seperti mempeributkan masalah cara penulisan Insha Allah, Insya Allah, atau Insya Allah.

Lafal إن شاء الله  jika diartikan dalam bahasa Indonesia mempunyai arti "jika Allah menghendaki". Terlepas dari tidak mungkinnya semua orang menggunakan huruf arab, alternatif yang paling baik adalah mengubah huruf-huruf tersebut menjadi huruf ejaaan abjad Indonesia.

"Bagaimana cara menulis Isya Allah yang benar?", "Yang benar itu Insya Allah atau Insha Allah, sih?"

Pertanyaan sejenis itu sering sekali bermunculan di sosial media. Tak urung membuat beberapa kalangan ikut terpancing untuk menjawab dengan berbagai pendapat yang mereka usung. Sehingga perdebatan dengan topik cara penulisan Insya Allah, Insya Allah atau Insya Allah yang benar pun terjadi.

Bagaimana Cara Menulis Insha Allah, Insya Allah, atau Insyaallah?

Kira-kira, mana yang paling benar di antara tiga kalimat tersebut? Tidak perlu lagi berdebat, karena perdebatan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Untuk masalah cara penulisan Insya Allah, Insha Allah, atau Insya Allah, mari kita bahas satu persatu di sini.

Seperti yang sudah disinggung di atas, perbedan  penulisan tiga kalimat ini adalah karena pemindahan kalimat dari bahasa arab ke bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengatur panduan resmi tentang menulisan Insya Allah ini.

Huruf Syin dalam bahasa Arab, ketika ditulis menjadi ejaan Indonesia berubah menjadi Sy. Jika merujuk pada ejaan huruf Indonesia, sudah tentu yang benar dalam penulisan ini adalah memakai huruf Sy (Insya Allah).

Salahkah Jika Menggunakan Insha Allah?

Jika menggunakan Insha Allah maka bukan ejaan Indonesia yang dipakai, melainkan ejaan Inggris, India atau negara-negara lain yang memakainya. Tapi tetap sama dalam segi arti.

Bagaimana dengan Insyaallah?

Penulisan Insyaallah, dengan menggabungkan kedua kata ini pun tidaklah menjadi sebuah masalah besar, sama halnya dengan lafal subhaanllah, dan lainnya. Malahan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan Insyaallah inilah yang dianggap sebagai kata baku.

Cara penulisan kata Insya Allah yang benar adalah Insyaallah
Insyaallah dalam KBBI

Masalahnya, penulisan Insyaallah dengan inisial Allah yang ditulis dengan huruf kecil inilah yang menjadi kurang leganya penulisan ini untuk digunakan. Padahal sebenarnya tidak menjadi masalah, karena memang kalimatnya disampung (satu kalimat), berbeda jika menggunakan dua kalimat (Insya Allah).

Tapi Ada yang Bilang Jika kalimat Insyaallah Artinya "Menciptakan Allah", Bagaimana Ini?

Dalam bahasa arab, antara إنشاء (menciptakan) إن شاء (jika menghendaki) jelaslah berbeda. Jika digabungkan dengan lafal Allah, Insya' yang berarti menciptakan berubah menjadi Insyaullah. Dan Insya' yang berarti jika menghendaki berubah menjadi Insyaallah.

Jadi, kesimpulannya adalah pakailah Insya Allah jika kamu menggunakan ejaan Indonesia. Jika memakai Insha Allah pun tidak ada yang menyalahkan, berarti kamu bukan memakai ejaan Indonesia. Ini hanya faktor transliterasi saja.

Namun, jika ingin menulis Insya Allah dengan memakai ejaan bahasa Indonesia baku sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka pakailah Insyaalah.

Demikian coretan tentang cara penulisan Insya Allah, Insha Allah, atau Insyaalah yang benar. Tidak ada yang benar dan salah di sini, karena ketiga kalimat itu jika diartikan dalam bahasa Indonesia tetaplah mempunyai arti yang sama, 'jika Allah menghendaki'.

Tergantung masing-masing orang ingin menulis yang mana. Tidaklah seharusnya hal sekecil ini dijadikan bahan perdebatan tiada henti,  yang hasilnya malah memecah belah ummat Islam sendiri. Waallahu a'lam.
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751