Skip to main content

Cara Menulis Latar Belakang Pada Skripsi

Cara Menulis Latar Belakang Pada Skripsi

Menulis Latar Belakang SkripsiCara Menulis Latar Belakang Pada Skripsi. Membuat latar belakang masalah sangatlah penting dalam sebuah karya ilmiah, terlebih pada skripsi. Oleh karena itu, penulisan latar belakang haruslah ditulis dengan serius dan didukung oleh data-data yang kuat. Dengan begitu, skripsimu pun akan menjadi karya yang tak terbantahkan dan dianggap kompeten.

Dewasa ini, banyak sekali contoh-contoh latar belakakang pada skripsi yang bertebaran di internet. Hal ini tentu saja sangat membantu para mahasiswa dalam menyusun latar belakang pada skripsinya. Mereka tidak perlu susah-susah untuk mengarang latar belakang skripsi yang akan dibuatnya dengan susunak kata-kata mereka sendiri. Hanya bermodal kuota internet dan sedikit merubah rumusan masalah, semua sudah bisa tertangani.

Yang menjadi masalah, apakah itu merupakan cara yang benar dan efektif? Jika berbicara masalah waktu dan kemudahan, tentu hal ini sangat efektif. Namun, cara seperti ini juga banyak minusnya, dan tentu tidak sepenuhnya bisa dibenarkan. Cara-cara ini justru dapat membuat rasa ketergantungan sendiri. Kemampuan kreatifitasmu akan terpangkas jika selalu mengandalkan cara seperti ini.

Agar kreatifitas semakin terasah, dan kemampuanmu dalam mengolah kata semakin tajam, ada baiknya tulislah latar belakang pada skripsi dengan gaya bahasamu sendiri. Carilah lebih banyak informasi mengenai cara menulis latar belakang pada skripsi daripada mencari contoh-contoh skripnya dan menirunya.

Cara menulis latar belakang pada skripsi haruslah tersusun atau terstruktur layaknya menulis latar belakang pada karya-karya ilmiah lainnya. Berikut adalah susunan langkah-langkah menulis latar belakang pada skripsi yang sering dipakai beberapa mahasiswa.

Langkah-Langkah Menulis Latar Belakang Pada Skripsi:

Menjelaskan Pokok Bahasan Secara Umum

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menulis latar belakang pada skripsi adalah menjelaskan topik yang kamu angkat secara umum. Usahan tetap pada jalur topiknya, pokok pembahasan sangan sampai terlalu luas dan meebar ke mana-mana.

Gunakanlah kata-kamu sendiri. Olah kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang enak dibaca dan mudah dimengerti. Kalaupun kamu menggunakan sumber lain sebagai referensi, tetap olah isinya dengan gaya bahasamu sendiri.

Mengidentifikasi Masalah

Cara menulis latar belakang pada skripsi yang ke dua adalah mengidentifikasi masalah. Carilah beberapa masalah dari topik yang sedang kamu buat. Kuasai penuh masalah-masalah dengan cara riset dan observasi langsung pada obyek masalah. Kamu bisa melakukan penelitian langsung, interview, atau membagikan kuisioner pada obyek penelitan untuk mendapat data-data yang konkrit.

Setelah menemukan beberapa masalah, kerucutkanlah masalah tersebut dan fokuslah pada satu masalah terbesar. Gali terus masalah inti yang sudah kamu pilih dan kembangkan sehingga layak diterima untuk diangkat dalam skripsimu.

Mengatasi Masalah

Jika sudah memiliki satu masalah, tibalah saatnya untuk mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikan beberapa solusi dalam mengatasi masalah dan jelaskan pentingnya pemecahan masalah dari beberapa solusi tersebut.

Berikanlah penjabaran yang cukup panjang dan tetap terarah, tentunya dengan gaya bahasamu sendiri. Namun, jika merasa kesulitan, cukup terangkan secara ringkas poin-poin pemecahan masalah tersebut. Sertakan juga data-data valid yang dapat diterima untuk menunjang pemecahan masalah.

Mencari Perbandingan Pemecahan Masalah

Carilah pemecahan masalah yang sudah diterapkan oleh peneliti sebelumnya pada masalah yang sama. Bandingkan dan Pertimbangkan solusi-solusi tersebut dan solusi hasil penemuanmu sendiri. Ambillah beberapa solusi permasalahan mereka dan rumuskan sendiri kerangka pemecahan masalahnya.

Siapkan dukungan tambahan untuk memperkuat penelitian skripsimu, tentunya dengan teori para ahli. Beri mereka keleluasaan dalam mencari penyelesaian masalah. Pakailah teori mereka jika memang cukup realistis. Tapi jangan memaksakan untuk mengambil pemecahan masalah mereka jika dirasa kurang relevan.

Membuat Judul yang Tepat

Hal terakhir dalam menulis latar belakang pada skripsi adalah merumuskan judul penelitian. Berikanlah alasan-alasan mengapa kamu lebih memilih judul tersebut berdasarkan pokok bahasan, masalah, dan penyelesaian masalah. Setelah itu, tutup dengan harapan-harapan dalam pemilihan judul tersebut.

Itu tadi adalah cara-cara menulis latar belakang pada skripsi yang cukup sederhana dan mudah dipahami. Dengan artikel ini, diharapkan kamu mampu menulis latar belakang pada skripsi sesuai dengan gaya bahasamu sendiri. Shalys Chan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->