Skip to main content

3 Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad Untuk Pemula

Cara Menggunakan Wattpad

Menggunakan Wattpad3 Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad Untuk Pemula.  Seperti yang pernah dijelaskan pada bab sebelumnya (Baca: 5 Aplikasi Ini Bisa Menjadikanmu Seorang Penulis), Wattpad adalah salah satu platform kepenulisan yang terbilang sangat banyak penggunanya. 

Tentu saja hal ini dikarenakan jika Wattpad merupakan aplikasi gratis yang bisa diakses siapa saja. Kabar gembiranya, saat ini Wattpad sudah bisa melayani jual koin untuk penulis Indonesia. Namun, untuk urusan ini, aku juga belum seberapa paham bagaimana prosedurnya.

Jika kamu memang seorang pemula, fokuslah pada pengenalan cara menggunakan aplikasi Wattpad dan aturan kepenulisannya. Jangan dulu melirik fee atau income yang akan kamu dapatkan di aplikasi tersebut. Jika sudah mengenal aplikasi dan meningkatkan kualitas tulisan, pundi-pundi rupiah otomatis akan mengikutimu.

Untuk memahami semua itu, berikut adalah 3 Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad Untuk Pemula yang bisa kamu pelajari. Namun, sebelum menerapkan ke tiga cara ini, pastikan dulu kamu sudah mempunyai akun Wattpad, baik itu pada aplikasi atau website-nya.

Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula

  • Untuk cara menulis di Wattpad, buka aplikasi dan login dulu pada akun Wattpad-mu.
  • Pilih menu 'Tulis' (Icon bergambar pensil), kemudian beralih ke menu 'Buat cerita Baru'.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad

    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad
  • Pilih 'Tambahkan sampul' untuk memasang cover pada ceritamu. Isi juga 'Judul Cerita' sesuai judul yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Pada 'Deskripsi Cerita', tulislah blurb semenarik mungkin, agar pembaca mau mampir pada ceritamu. Setelah memilih 3 menu tadi, pilih menu 'Berikutnya'.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad
  • Isikan 'Beri Judul Bagian Ceritamu' dengan judul cerita pada tiap babnya. Kamu bisa langsung mulai menulis cerita pada bagian 'Ketuk di sini untuk mulai menulis'.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad
  • Simpan cerita tadi dengan klik tombol titik tiga pada pojok kanan atas layar dan pilih 'Simpan'. Setelah itu tekan back pada layar ponselmu.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad

    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad
  • Pada halaman kerja ini, kamu bisa mengkoreksi lagi isi dari yang sudah ditulis tadi dan menambahkan kolom yang belum terisi, seperti 'Tag' dan 'Genre Cerita'.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad
  • Tekan menu 'Tag'. Sesuai deskripsinya, 'Tag' digunakan untuk menambah tagar sehinggga dapat membantu pembaca menemukan ceritamu. Isilah sesuai tagar yang kamu inginkan. Tidak usah mengetik tanda pagar. Tagar otomatis keluar saat kamu menuliskan tagar bertama. Pisahkan tiap tagar dengan satu spasi dan tulislah tag berikutnya yang juga langsung tanpa menambah tanda pagar (#). Setelah itu klik 'Simpan'.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad
  • Masuk ke menu 'Genre Cerita'. Pilihlah genre cerita sesuai dengan ceritamu lewat tagar yang kamu sertakan. Setelah itu pilih 'Simpan'.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad
  • Pada menu 'DAFTAR ISI' adalah daftar isi tiap bab pada ceritamu. Pilih 'TAMBAHKAN BAGIAN BARU' untuk menambah bab baru novelmu. Tampilannya sama persis dengan point 3 di atas tadi.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad
  • Untuk mempublikasikan, klik bab yang ingin kamu publikasikan. Pada contoh ini kita pilih bab 1.
  • Koreksi terlebih dahulu isi ceritamu. Jika menurutmu sudah benar, klik 'PUBLIKASIKAN' dan ceritamu otomatis terpublikasi.
    Cara Membuat Cerita di Wattpad Bagi Pemula
    Cara menulis di Wattpad

    Wow, mudah sekali, kan, cara menggunakan aplikasi wattpad? Tunggu apa lagi? Buat dan publikasikan ceritmu sekarang.

Cara Membaca Cerita Wattpad

Cara menggunakan aplikasi Wattpad untuk pemula sangat mudah sekali, begitu juga dengan cara membaca cerita di wattpad.

  • Untuk menemukan cerita yang kamu inginkan, cukup cari di menu pencarian. Masuk pada beranda Wattpa-mu. Pilih 'Cari dan jelajahi'.
    Cara Membaca Cerita Wattpad
  • Ketik judul cerita atau profil yang ingin kamu cari, kemudian telusuri. Bukan hanya judul cerita, kamu juga bisa memanfaatkan penelusuran ini untuk mencari penulis kesayanganmu.
    Cara Membaca Cerita Wattpad
  • Di sini, ada 4 menu; CERITA, PROFIL, DAFTAR BACAAN, dan TAG. Cerita, yaitu penelusuran berdasarkan judul cerita. Seluruh judul pada kata dasar dalam penelusuranmu akan terpampang di sini. Profil, yaitu hasil penelusuran nama akun sesuai dengan yang kamu ketik tadi. Daftar Bacaan, yaitu menampilkan setiap daftar bacaan yang dibuat dan disimpan oleh pengguna wattpad. Tag, adalah menampilkan cerita berdasarkan tagar yang dibuat penulis di setiap tagar ceritanya.
    Cara Membaca Cerita Wattpad
  • Kembali ke point sebelumnya, pada menu 'Jelajahi Topik' adalah penelusuran berdasarkan genre cerita yang sudah dipilih penulis.
    Cara Membaca Cerita Wattpad

  • Klik cerita yang sudah kamu pilih untuk dibaca, kemudian pilih menu 'Baca'. Usap layar dari kanan ke kiri untuk berganti ke halaman selanjutnya.
  •  
    Cara Membaca Cerita Wattpad
  • Perhatikan menu bagian bawah. 'Beri suara' untuk mendukung penulis dalam ceritanya dengan memberi vote pada cerita yang sedang kamu baca. 'Komentar', tentu untuk mengomentari cerita tersebut. 'Bagikan', jika kamu ingin membagikan cerita tersebut pada akun media sosialmu.
    Cara Membaca Cerita Wattpad
  • Titik tiga pada bagian pojok kanan atas adalah daftar semua bab pada cerita tersebut. Kamu bisa melangkahi bacaan tanpa harus membaca bab secara berurutan.
    Cara Membaca Cerita Wattpad

    Cara Membaca Cerita Wattpad
  • Pada menu +, adalah untuk menambahkan cerita tersebut pada daftar bacaanmu. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kehilangan cerita tersebut. Menambahkan cerita pada daftar bacaan juga berfungsi untuk mendapatkan notifikasi setiap si penulis update cerita.
    Cara Membaca Cerita Wattpad

Cara Mempromosika Cerita Baru di Wattpad

Langkah terakhir dalam cara menggunakan aplikasi wattpad adalah bagaimana cara mempromosikan cerita baru di Wattpad. Jika ceritamu adalah cerita yang baru di-update, sudah barang tentu akan sangat lama para pembaca untuk mampir di ceritamu. 

Apalagi jika kamu pun tergolong pemula di Wattpad. Lain lagi ceritanya jika kamu sudah mempunyai banyak follower dan sangat famous di dunia Wattpad, pembaca pun akan datang dengan sendirinya.

Lalu, bagaimana cara mempromosikan cerita baru di Wattpad?


Pastikan cara mempromosikan cerita baru di Wattpad adalah dengan cara yang baik dan sopan. Maksudnya, jangan seenaknya promosi di wall pengguna Wattpad lain. Tetap gunakan etika di sana.

Cari akun dengan jumlah follower yang lumayan banyak. Kenapa? Karena akun lain yang mampir di akun tersebut juga akan membaca post promosimu. Diharapkan mereka juga akan tertarik dengan cerita barumu. Baca dulu profil akunnya, jika ada note tentang larangan promo di sana, ya jangan promo di profil tersebut, atau kamu akan dicap sebagai orang yang tidak bisa membaca.

Pilihlah akun dengan jumlah follower yang sedikit, usahakan juga akun tersebut murni sebagai reader (tidak mempunyai karya yang terpublikasi). Kenapa demikian? Karena sudah tentu pemilik akun tersebut ada orang yang haus bacaan. Kemungkinan dia membaca ceritamu juga sangat besar. 

Kamu bisa memanfaatkan akun ini dengan cara menulis promosimu di profilnya, ataupun juga dengan jalur direct messenger.

Promosikan juga ceritamu di media sosial yang kamu miliki, terutama pada grup-grup Wattpad seperti di Facebook. Tetap ingat peraturan yang dibuat admin grup. Mungkin ada format atau hari-hari tertentu untuk bisa promosi di sana.

Tiap selesai update, buat pengumuman dengan menyertakan link dan pasang pada story Whatsapp serta Facebookmu. Hal ini tentu saja agar semua orang yang membaca mengetahui jika kamu punya cerita menarik di Wattpad. Tidak menutup kemungkinan mereka yang membaca akan mengklik tautan dan membaca ceritamu.

Buatlah Author Note di setiap bagian akhir cerita. Ingatkan selalu pembaca untuk mengklik 'vote' agar setiap follower pada pembacamu yang klik 'vote' mendapat notifikasi jika akun tersebut telah memberi dukungan 'vote' padamu. Diharapkan followernya readersmu juga bisa tertarik dan ikut membaca ceritamu. 

Tapi ingat, gunakan dengan bahasa yang sopan dan santai. Bukan dengan bahasa mengemis ataupun mengancam. Contoh bahasa mengancam : "Jika vote kurang dari 500, Author tidak akan update cerita ini." Itu sama sekali tidak diperbolehkan.

Selain 'Vote', berilah juga kata basa basi pada untuk meminta tolong reader agar men-share ceritamu. Contohnya, "Jangan lupa share cerita ini ke temanmu, ...."

Bagaimana? Sudah paham, kan, cara mempromosikan cerita baru di akun Wattpad? Lakukan saja dengan sabar cara-cara tersebut. Mengenai pembaca, pasti akan datang dengan sendirinya.

Itulah tadi 3 Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad Untuk Pemula. Mulai dari cara membuat cerita di Wattpad bagi pemula, cara membaca cerita Wattpad, dan cara mempromosikan cerita baru di Wattpat. Tutorial disajikan dengan sangat jelas berikut gambarnya. Namun, jika masih kesulitan jangan segan untuk bertanya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat, dan selamat berkarya di Wattpad.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->