BLANTERVIO103

Cara Menanak Nasi Tanpa Rice Cooker

Cara Menanak Nasi Tanpa Rice Cooker
Rabu, 13 Mei 2020
Menanak nasi manual

Cara Menanak Nasi Tradisional Tanpa Rice Cooker

Cara Menanak Nasi Tanpa Rice Cooker. Di zaman serba canggih seperti ini, rasanya menanak nasi tidaklah menjadi suatu hal yang sulit. Adanya rice cooker membuat semua orang bisa menanak nasi sendiri. Tinggal mencuci beras, memasukkan dalam rice cooker dan menambahkan air. Kemudian memencet tombol power dan tinggal menunggu nasi matang.

Namun, tidak semua bisa diukur dengan cara seperti itu. Kejadian tak terduga tidak bisa kita prediksi sebelumnya. Contohnya saja saat listrik mati dan kita belum sempat menanak nasi dengan rice cooker. Mau tidak mau kamu harus menanak nasi di kompor secara manual.

Memang, cara menanak nasi tanpa rice cooker terlihat susah dan ribet. Itu karena kamu belum sepenuhnya mengetahui caranya. Jika sudah tahu, mungkin kamu akan ketagihan dengan cara menanak nasi tradisional ini.

Mau belajar cara menanak nasi di kompor? Berikut adalah beberapa cara menanak nasi manual dengan kompor.

1. Menanak Nasi Manual dengan Metode Kukus

Cara menanak nasi tradisional yang pertama adalah dengan cara mengukus. Ada juga yang menyebutnya dengan metode aron. Arti aron sendiri adalah 'setengah matang'.

Menanak nasi dengan dikukus

Berikut adalah langkah langkah menanak nasi tanpa rice cooker dengan cara mengukus:
  • Cuci bersih beras dengan air mengalir. Ulangi sampai air cucian beras terlihat bening.
  • Masak beras pada panci biasa dengan api sedang. Tunggu sampai nasi aron dan air terserap habis (jangan sampai gosong).
  • Siapkan dandang (panci pengukus), pindah rebusan beras tadi ke dalam dandang. Jangan lupa untuk mengisi air pada panci pengukus.
  • Tunggu sampai nasi matang sempurna.

2. Menanak Nasi Manual dengan Metode Siram

Cara memasak nasi dengan disiram bisa lebih simpel dari cara memasak nasi sebelumnya. Kita hanya perlu menyiram beras yang ada dalam kukusan. Berikut langkah selengkapnya:
  • Cuci bersih beras dengan beberapa kali cucian.
  • Siapkan panci pengukus dan masaklah beras langsung pada dandang (panci pengukus).
  • Sambil menunggu beras sedikit menggumpal (aron), rebuslah air pada panci yang berbeda. Tunggu hingga mendidih.
  • Setelah beras berubah menggumpal (setengah matang), siramlah beras menggunakan air mendidih tadi.
  • Tunggu dan periksa beras hingga benar-benar matang.

3. Menanak Nasi Manual dengan Direbus

Untuk cara memasak nasi dengan kompor selanjutnya adalah dengan merebus beras. Cara ini terbilang cukup praktis, namun risiko kegagalan juga lumayan tinggi.

Menanak Nasi Manual dengan Merebus

Ini adalah cara menanak nasi menggunakan panci biasa (liwet) tanpa mengukusnya. Berikut adalah cara-caranya:
  • Cucui beras sampai bersih.
  • Masaklah nasi langsung di panci liwet dengan api sedang.
  • Masak terus sambil sesekali mengaduk-aduk nasi sampai airnya habis terserap.
  • Aduk terus sampai matang.

Biasanya orang banyak gagal pada cara ini. Kurang matang adalah salah satu contoh kegagalannya. Atau, kadang kebanyakan air dan nasi malah menjadi bubur. Jadi, bagi kamu para pemula, tidak disarankan mencoba menanak nasi tradisional dengan cara terakhir ini.
Baca Juga : Membuat Sale Makanan Pisang Khas Pacitan
Ada yang berpendapat, menanak nasi dengan kompor tanpa rice cooker dapat mempengaruhi rasa dan aroma nasi. Rasa nasi akan menjadi lebih enak dan aromanya bisa keluar maksimal dibanding menanak nasi dengan rice cooker.

Memasak nasi tradisional juga ternyata bisa menjaga tekstur nasi tetap padat dan punel. Ketahanan pun bisa lebih lama daripada menanak nasi hanya menggunakan rice cooker.

Setelah tahu kelebihan dan cara menanak nasi manual dengan kompor tanpa rice cooker, pastinya kamu ingin mencobanya, kan? Lumayan bisa menambah kemampuan memasakmu.  Dan satu lagi, tagihan listrikmu tentu akan sedikit berkurang.

Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751