Skip to main content

5 Aplikasi Ini Bisa Menjadikanmu Seorang Penulis


5 Aplikasi Ini Bisa Menjadikanmu Seorang Penulis

Aplikasi Kepenulisan5 Aplikasi Ini Bisa Menjadikanmu Seorang Penulis. Menjadi seorang penulis memang gampang-gampang susah. Gampang bagi yang memang suka menulis, dan susah bagi yang hanya ingin menjadi seorang penulis tanpa mau belajar dengan tekun. Meski cuma menulis, bukan berarti kita bisa dengan bebas memindahkan isi kepala kita pada sebuah tulisan.

Selain PUEBI dan KBBI, gaya bahasa dan kepenulisan juga harus diasah agar semakin indah dan tidak terlihat kaku. Tulisan orang yang biasa menulis dengan orang yang jarang menulis tentu sangat berbeda.

Jika dulu kamu belajar menulis dan hasilnya hanya bisa kamu baca sendiri, lain halnya dengan sekarang. Tulisanmu bisa dibaca dan dikoreksi banyak orang dengan mudah. Bagaimana caranya? Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan sebagai media belajar menulis. Tentunya juga, aplikasi ini bisa menjadikanmu seorang penulis.

Apa saja aplikasi tersebut? Baca terus tulisan di bawah ini:

Aplikasi yang Bisa Menjadikanmu Sebagai Seorang Penulis

Wattpad

Aplikasi pertama yang bisa menjadikanmu sebagai penulis adalah Wattpad. Kamu bisa bebas belajar menulis di sana. Banyak sekali orang yang menggunakan wattpad sebagai ajang belajar menulis. Namun, tak jarang juga terdapat penulis profesioal dan terhun di Wattpad.

Wattpad Adalah Aplikasi yang Bisa Menjadikanmu Seorang Penulis

Wattpad sangat digemari oleh para remaja. Hal ini dikarenakan aplikasi kepenulisan ini masih gratis, alias tidak berbayar, sehingga siapapun bisa menjangkaunya. Semua orang bisa menulis dan membaca di Wattpad tanpa dipungut biaya.

Jika gratis, lantas penulis dapat apa?

Anggap saja aplikasi kepenulisan ini adalah sebagai sarana belajar menulis gratis. Jangan anggap sebagai media mencari uang. Ingat! yang mendominasi Wattpad adalah kalangan remaja, yaitu mereka yang memang ingin belajar menulis dan karyanya bisa dibaca banyak orang.
Penting dibaca :

Jika kamu terus belajar, ceritamu bisa mengalir natural, dan naskahmu banyak diminati pembaca, kamu bisa menerbitkan sendiri novelmu. Tak sedikit juga para editor dan pihak penerbit yang berkecimpung di dunia Wattpad. Mereka mencari naskah yang banyak vote dan view untuk dilamar di penerbitan mereka. Tak menutup kemungkinan, karyamu juga akan menjadi pilihan mereka.

Lalu, adakah platform kepenulisan atau aplikasi menulis novel datau uang? Jelas ada. Simak terus tulisan di bawah ini.


Aplikasi Menulis Novel dapat Uang

1. Aplikasi Menulis Dapat Uang : Storial

Sama halnya dengan wattpad, Storial juga merupakan aplikasi yang bisa menjadikanmu seorang penulis. Namun, ada sedikit perbedaan di sini. Jika Wattpad hanya sebagai media belajar, Storial adalah tempatmu menerapkan hasil belajar. 

Kenapa? Karena Storial ini merupakan salah satu aplikasi menulis novel dapat uang.

Penulisan di storial memang agak berat, karena melalui seleksi terlebih dahulu. Ada peran seorang editor di sini. Storial memberlakukan sistem kontrak. Untuk menulis di Storial, setidaknya kamu harus punya 3 bab pertama dan sinopsis untuk disetorkan dan dievaluasi. Editor akan membimbing mengarahkan karyamu untuk diterbitkan di aplikasi menulis ini.

Aplikasi Menulis Dapat Uang : Storial
Aplikasi Menulis Dapat Uang : Storial

Storial menerapkan sistem royalti bagi para penulisnya. Penulis diberi hak untuk mengunci ceritanya. Jika ingin membaca cerita lebih lanjut, pembaca harus membeli koin terlebih dahulu. Dan dari koin inilah pada penulis Storial mendapatkan penghasilannya.

Ingin membaca novel berkualitas? Storial adalah salah satu tempatnya.

2. Joylada Merupakan Aplikasi Menulis Dapat Uang 

Lain Wattpad, lain Storial, lain pula Joylada. Tapi tetap ada kesamaan antara ketiganya. Di aplikasi menulis novel dapat uang ini, kamu bisa membuat cerita bebas layaknya di Wattpad. Pengguna Joylada juga kebanyakan para remaja penyuka teenfict dan KPop. Cerita ringan masa-masa remaja laku keras di sana.

Joylada Merupakan Aplikasi Menulis Dapat Uang
Joylada Merupakan Aplikasi Menulis Dapat Uang

Apa keunggulan joylada dibanding wattpad?

Di joylada kamu dapat mendapat penghasilan menulismu seperti di storial, tanpa harus berhadapan lansung dengan ketatnya editor. Enak, kan? Bisa nulis bebas di wattpad, tapi bisa juga dapat penghasilan seperti di storial. Namun, urusan kurasi, tetap tidak bisa mengalahkan Storial.

Joylada Adalah Aplikasi yang Bisa Menjadikanmu Seorang Penulis
Joylada Merupakan Aplikasi Menulis Dapat Uang

Perbedaan menonjol dari aplikasi Joylada dibanding aplikasi kepenulisan lainnya adalah terdapat fitur tatap muka layaknya chat. Bagi kamu yang minat bacanya kurang, dan selalu bingung dengan deretan huruf yang panjang, Joylada adalah pilihan terbaik untukmu. Tanpa perlu membaca narasi yang panjang, kamu tetap bisa menikmati cerita dengan hanya tampilan dialog seperti chatting.

3. Aplikasi Menulis Dapat Uang Bisa Menggunakan KBM App

Masih dengan aplikasi menulis novel dapat uang. KBM adalah kepanjangan dari Komunitas Bisa Menulis. Aplikasi ini diadopsi dari grup KBM di facebook dengan pengelola Asma Nadia dan Isa Alamsyah. KBM App tergolong aplikasi baru.
Aplikasi Menulis Dapat Uang Bisa Menggunakan KBM App
Aplikasi Menulis Dapat Uang Bisa Menggunakan KBM App

Pada aplikasi ini, kamu bisa membaca dan menulis dengan bebas. Cerita pun bisa dikunci seperti aplikasi storial. Bedanya, KBM App tidak ada sistem kontrak. Jadi, kamu bebas memposting ceritamu pada platform lain yang sama-sama tidak memberlakukan sistem kontrak.

4. Dreame juga Termasuk Aplikasi Menulis Dapat Uang 

Aplikasi Storial, Joylada, dan KBM App adalah aplikasi lokal yang dikelola oleh anak Indonesia. Sedangkan Dreame adalah aplikasi kepenulisan yang berpusat di Singapura dan sudah mendunia.

Dreame Adalah Aplikasi yang Bisa Menjadikanmu Seorang Penulis
Aplikasi Menulis Dapat Uang Bisa Menggunakan KBM App

Apakah menulis di Dreame dapat bayaran?

Ya, jika tulisanmu sudah dikontrak (sign story) oleh Dreame. Karena aplikasi luar negeri, pembagian income pun memakai sistem dollar amerika. Untuk dapat sign story, kamu harus berhubungan langsung dengan editor dreame dan tidak bisa asal menulis kemudian mendapat sign story.

Ada beberapa pilihan paket menulis di Dreame, di antaranya adalah naskah complete dan on going. Ke dua paket ini memiliki perbedaan dalam pembagian income. Income pada complete story berdasarkan jumlah view di platform kepenulisan lain. Sedangkan untuk on going, berdasarkan ketepatan update setiap harinya dan beberapa bonus yang diterapkan Dreame untuk ongoing.

Jika kamu punya cerita dengan banyak viewer di aplikasi kepenulisan lain, ada baiknya kamu ikut complete story. Namun, jika sekiranya kamu sanggup update setiap harinya, on going adalah pilihan terbaik.

5. Cwitan Merupakan Aplikasi Menulis Novel dapat Uang Terbaru

Ada lagi, nih, aplikasi menulis novel dapat uang, namanya Cwitan App. Kalau kamu tidak kenal aplikasi ini, ya wajar, karena memang aplikasi Cwitan App ini tergolong baru. 

Cwitan Merupakan Aplikasi Menulis Novel dapat Uang 


Di Cwitan, kamu tidak hanya bisa menulis novel, tapi juga Quote dan komik. Nah, bagi kamu yang suka nulis-nulis Quote, bisa banget mengandalkan Cwitan ini. 

Bagaimana Cara Menggunakan Cwitan Sebagai Aplikasi Menulis Novel Dapat Uang?

Syaratnya mudah. Tulislah novel, quote atau komik di alikasi Cwitan dan publikasikan. Setelah itu, daftarlah menjadi Creator Cwitan. Nah, kalau sudah resmi jadi Cwitan creator, baru kamu bisa mendapat uang dari aplikasi ini.


Demikian tadi beberapa aplikasi yang bisa menjadikanmu seorang penulis juga aplikasi menulis novel dapat uang yang patut kamu coba. Masing-masing aplikasi ada kelebihan dan kekurangannya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ke lima tampilan aplikasi tersebut sangat mudah digunakan, tinggal bagaimana pilihanmu saja. Kamu pilih yang mana? Shalyschan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->