BLANTERVIO103

Trik Mudah Menjahit Kelim Lengkung Dijamin Anti Melintir

Trik Mudah Menjahit Kelim Lengkung Dijamin Anti Melintir
Jumat, 03 April 2020

Trik Mudah Menjahit Kelim Lengkung

Trik Mudah Menjahit Kelim Lengkung

Kelim Lengkung. Menjahit kelim, apalagi dengan bidang lengkung memang sangat sulit sekali. Risiko melintir dan kurang rapi bisa membuat stress sendiri untuk para penjahit. Kadang, menjahitnya sudah dihati-hati, tapi pas selesai, eeeh ternyata hasilnya tetap melengkung. Sungguh sangat menyebalkan.

Kelim lengkung ini biasa digunakan untuk mengelim bagian lengkung, misalnya menjahit bagian bawah atasan mukena atau bergo. Mengelim rok dengan model rok setengah lingkaran atau lingkar penuh juga memakai cara kelim lengkung.

Sebenarnya ada sepatu jahit khusus untuk menjahit kelim. Sepatu ini juga sangat membantu untuk menyelesaikan jahit kelim lengkung. Namun, cara menggunakan sepatu ini tidaklah mudah. Perlu latihan penuh untuk menaklukkan sepatu kelim.

Trik Mudah Menjahit Kelim Lengkung

Kadang, pada saat awal memakai sepatu kelim berjalan dengan lancar. Tapi saat di di tengah jalan, tiba-tiba mengalami masalah. Kain yang sudah terlilit pada sepatu kelim tiba-tiba lepas. Sehingga harus mengulang jahitan mulai awal. Hmmm … benar-benar menguji kesabaran.

Tapi tenang saja. Buat kamu yang belum memiliki sepatu kelim, atau belum bisa menaklukkan sepatu kelim, jangan sedih dulu. Ada cara efektif bagi pemula yang bisa dipraktekkan untuk menjahit kelim anti mlintir tanpa sepatu kelim. Mau tahu? Baca terus tulisan ini.

Cara Menjahit Kelim Lengkung Anti Melintir Tanpa Sepatu Kelim

  1. Siapkan bahan yang akan dikelim
  2. Mulailah melipat bahan dengan lebar kurang dari 0,5 cm. tidak usah diukur, cukup dikira-kira saja. pokonya kecil, jangan lebar-lebar.
  3. Selesaikan menjahit kelim pada semua bahan.
  4. Rapikan kampuh keliman. Jika ada yang lebarnya tidak sama, maka samakan dengan menggunting tiras yang terlihat lebih lebar.
  5. Lipat kembali hasil keliman pertama pas pada tepi kain.
  6. Jahit lipatan tersebut sampai habis dan bertemu pada jahitan awal.
  7. Setrika bahan yang sudah di kelim untuk mematikan jahitan.

Dengan cara seperti ini, bagian bawah bergo dan rok lingkarmu tidak akan terlihat melintir. Caranya cukup mudah, kan? Hanya dengan menjahit kelim dua kali dengan kampuh yang kecil hasilnya sudah manis dilihat. Jahitan akan terlihat rapi dengan keliman kecil seperti kita memakai sepatu kelim. Shalys Chan

Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751