BLANTERVIO103

Tips Mengatasi Masakan yang Keasinan

Tips Mengatasi Masakan yang Keasinan
Kamis, 16 April 2020

Masakan Keasinan? Begini Cara Menyelamatkannya!

Tips Mengatasi Masakan Keasinan
Tips Mengatasi Masakan Keasinan

Tips Mengatasi Masakan Keasinan. Garam adalah bahan yang paling pokok dalam dunia permasakan. Tidak ada bahan lain yang bisa menggantikan garam. Bahan ini wajib ada di dapur kita. Tanpa garam, masakan yang sudah kita masak pasti akan terasa tawar dan hambar.

Garam menghadirkan rasa asin. Rasa asin inilah yang dibutuhkan dalam mengolah rasa masakan. Takaran garam yang digunakan pun harus diperhitungkan sesuai selera lidahmu.

Tips Masakan Keasinan
Tips Masakan Keasinan

Apa jadinya jika kamu tak sengaja menambahkan terlalu banyak garam? Masakanmu pasti akan terasa sangat asin dan tidak nikmat untuk disantap.

Jika sudah terjadi, kamu tidak perlu panik dan buru-buru membuang masakanmu. Kamu bisa memperbaikinya dengan beberapa trik berikut ini.

Cara Mengatasi Masakan Yang Keasinan

1. Masakanmu Keasinan? Tinggal Tambahkan Air

Tambahkan Air
Tambahkan Air

Menambahkan air dalam masakan yang keasinan adalah cara yang palim umum dilakukan. Tentu saja cara ini hanya untuk masakan yang berkuah saja. ccontohnya seperti soto, rawo, sop, dan lain-lain.

2. Ceburi Kentang untuk Masakan Keasinan

Menambah air ternyata tidak terlalu bagus untuk mengatasi keasinan. Bumbu dan rempah dalam masakan sudah tercampur pada kuah. Tentu saja, menambah air akan membuat bumbu-bumbu tersebut kehilangan kekuatan aroma dan rasa.

Ceburi Kentang
Ceburi Kentang

Solusi lain untuk masalahmu adalah cukup ceburi kuah dengan irisan kentang. Kupas kentang, iris menjadi dua atau tiga bagian (atau sesuai seleramu). Setelah itu cuci dan masukkan irisan kentang pada masakan yang keasinan.

Jika permukaan kentang sudah terlihat terlihat sedikit transparan, angkatlah kentang tersebut. Kentang yang terlihat transparan menandakan bahwa kentang sudah menyerap garam pada masakanmu.

3. Tambahkan Sedikit Gula

Selain kentang, bahan lain untuk mengatasi keasinan adalah gula. Beri sedikit taburan gula pada kuahmu, dan aduk hingga larut. Jika masih keasinan, beri sedikit gula lagi. Tes rasa hingga masakanmu kembali normal.

Tambahkan Sedikit Gula
Tambahkan Sedikit Gula

Memberi gula pada masakan harus sedikit demi sedikit. Menambahkan gula terlalu banyak justru akan menghancurkan masakanmu. Terbebas dari rasa asin, tapi terperangkap pada rasa manis. Ingat, ini masakan. Bukan oralit.

4. Menambahkan Bahan Pokok Masakan

Seperti yang kita tahu, meanmbahkan air atau kentang adalah cara mengatasi keasinan pada masakan berkuah. Bagaimana jika masakanmu bukan masakan berkuah? Nasi goreng atau tumis sayur misalnya.

Jangan khawatir. Kamu bisa menetralisir tingkat keasinan dengan menambahkan bahan pokok masakan. Maksudnya di sini adalah menambah sedikit porsi masakan.

Sebagai contoh, jika kamu memasak tumis sayur keasinan. Selama worter dan sayur lainnya masih ada, tumis sayurmu masih bisa diselamatkan. tembahkan lagi saja sayurnya. Contoh lain adalah ketika kamu memasak nasi goreng dan keasinan. Cukup tambahkan lagi sedikit nasi dan nasi gorengmu akan terselamatkan.

Bagaimana? Tidak lagi bingung, kan, dengan masalah keasinan pada masakan yang kamu hadapi? Terapkan cara di atas dan masalahmu akan teratasi.

Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751