BLANTERVIO103

Perbedaan Ketumbar dan Merica

Perbedaan Ketumbar dan Merica
Minggu, 12 April 2020

perbedaan ketumbar dan merica
Ketumbar dan Merica Perbedaan

Perbedaan Ketumbar dan Merica. Mengetahui dan mengenal bumbu-bumbu dapur sangatlah penting untuk kamu yang sedang belajar memasak. Salah dalam memasukkan bumbu dapur akan menyebabkan masakanmu berantakan, bahkan bisa mengancam kesehatan perutmu.
 

Cara Membedakan Ketumbar dan Merica

Ada beberapa bumbu dapur yang penampakannya memang mirip. Ketumbar dan merica contohnya. Kedua bumbu dapur ini memiliki penampilan yang sama-sama bulat kecil. Jika tidak jeli, mungkin kamu akan salah dalam menggunakannya.

Jangan sampai saat membuat bumbu ayam goreng yang seharusnya memakai ketumbar malah tertukan dengan merica. Bukan ayam goreng enak yang bakal kamu dapatkan. Melainkan ayam goreng pedas khas merica.

Perbedaan Antara Ketumbar dan Merica

Sebelum kejadian salah membedakan ketumbar dan merica terjadi, mari simak tulisan berikut ini:

Warna Ketumbar dan Merica

Cara membedakan ketumbar dan merica yang pertama adalah dari segi warnanya. Warna ketumbar cenderung coklat. Sedangkan merica sedikit lebih bersih dari ketumbar.

Perbedaan Ketumbar dan Merica
Ketumbar Butir

Perbedaan Ketumbar dan Merica
Merica Butir

Bukan hanya itu, ternyata warna merica butir tidak hanya putih saja, lho. Selain warna putih, merica juga ada yang berwarna hitam dan merah.

Ketumbar dan Merica Perbedaan dari Segi Ukuran

Jika belum yakin dengan membedakan ketumbar dan merica dari segi warna, lihatlah ukurannya. Untuk ukuran normal, ketumbar lebih kecil dari merica. Bentuk merica terliat lebih terisi, sedang ketumbar terlihat kopong dan tidak kokoh.

Bentuk Merica dan Ketumbar Beserta Teksturnya

Tekstur ketumbar sedikit lebih kasar dari merica atau lada. Ketumbar memiliki garis-garis di permukaannya yang terlihat seperti keriput. Bentuk ketumbar juga sedikit mengerucut di satu sisi.
 
Untuk merica butir, teksturnya lebih halus dan tanpa guratan garis pada permukaan. Bentuk merica pun bulat sempurna. Tidak ada bagian yang meruncing di salah satu sisinya.

Perbedaan ketumbar dan merica butir dari segi tekstur yang sudah dihaluskan pun sangat kentara. ketumbar butir yang pemukaannya lebih bertekstur jika dihaluskan teksturnya akan lebih halus dibanding dengan merica bubuk

Perbedaan Ketumbar dan Merica dilihat dari Rasa dan Aroma

Membedakan ketumbar dan merica dari segi rasa dan aroma tentu saja harus sedikit melukainya. Rasa dan aroma kedua bumbu ini jelaslah berbeda. Rasa ketumbar sedikit lebih pahit dan hambar. 

Berbeda dengan merica yang mempunyai sensasi rasa pedas menyengat. Rasa pada merica sensasi pedas dan hangatnya sangat kuat. 

Untuk aroma, perbedaan ketumbar dengan merica adalah dengan mencoba gerus kedua bahan ini dan hiruplah. Sama halnya dengan perbedaan lada dan merica dari segi rasa, merica lebih pedas dari ketumbar.

Begitu pun dengan perbedaan merica dan ketumbar dari segi aroma. Merica jika dhirup memiliki aroma yang lebih menyengat dari ketumbar.

Keawetan Antara Ketumbar dan Merica

Untuk point ini sepertinya bukan untuk cara membedakan ketumbar dan merica. Lebih tepatnya perbedaan antara keduanya.

Selain bentuk, ukuran tekstur, dan aroma, ternyata ketahanan atau keawetan dari kedua bahan ini juga berbeda. Merica terbukti lebih tahan lama dari ketumbar. Hal ini dikarenakan merica sudah mengalami proses penjemuran terlebih dulu.

Baca juga :


Jika ingin ketumbar lebih awet, sangrailah terlebih dahulu biji ketumbar sebelum disimpan pada plastik atau toples kedap udara.
 

Fungsi Ketumbar dan Merica

Ketumbar dan merica perbedaan yang lain adalah dari segi fungsinya. Memang benar, kedua bumbu dapur ini sama-sama digunakan untuk memasak. Namun, fungsi ketumbar dan merica ternyata berbeda.
 
Fungsi ketumbar biasanya digunakan hanya untuk bumbu saja. Seperti bumbu untuk menggoreng ikan, bumbu sate sebelum dibakar, dan lain-lain. 

Sedangkan fungsi merica adalah kebanyakan sebagai bahan yang ditambahkan dalam masakan itu sendiri. Seperti saat kita membuat sup, soto, dan sebagainya. Semua masakan tersebut membutuhkan sentuhan merica untuk menghasilkan rasa pedas gurih guna memunculkan aroma khas masakan.

Pohon Ketumbar dan Merica

Setelah mengetahui perbedaan ketumbar dengan merica dari segi bentuk, warna, maupun cara membedakan membedakan ketumbar dan merica dari segi rasa, marilah kita tengok tentang pohon ketumbar dan merica.

Pohon ketumbar dan merica tentulah berbeda. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan pohon ketumbar dan merica, lihat saja gambar di bawah ini: 

Pohon Ketumbar dan Merica
Pohon Ketumbar


Pohonn Ketumbar dan Merica
Pohon merica

Dari gambar di atas sangat jelas sekali perbedaan pohon ketumbar dan merica. Untuk pohon ketumbar, bentuknya seperti pohon seledri. Sedangkan pohon merica, terlihat seperti pohon sirih. 

Nah, itu tadi adalah tulisan mengenai perbedaan ketumbar dan merica yang harus kamu tahu. Keduanya sama-sama memiliki bentuk bulat, namun tetap saja berbeda. Karena sudah tahu perbedaannya, mulai sekarang jangan bingung lagi, ya.

Jika masih bingung, beli saja ketumbar atau merica bubuk kemasan yang sudah ada labelnya. Tuang dalam toples dan tandai toples tersebut sesuai namanya.

Perbedaan Ketumbar dan Merica
Gambar Ketumbar Bubuk

Perbedaan Ketumbar dan Merica
Gambar Merica Bubuk
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751