Skip to main content

Manfaat Baking Powder Selain untuk Membuat Kue

Manfaat Baking Powder Yang Wajib Kamu Ketahui 

 Manfaat Baking Powder

Manfaat Baking Powder. Nama baking powder sudah tidak asing lagi dalam dunia per-baking-an. Bahan tambahan makanan ini biasa digunakan sebagai pelembut dan bahan pengembang kue.

Tahukan kamu jika baking powder tidak hanya bermanfaat untuk melembutkan dan mengembangkan kue? Ternyata, selain dua hal tadi, baking powder juga dapat digunakan dalam untuk beberapa hal.

Berikut adalah manfaat baking powder yang dapat kamu praktekkan di dapur dan rumahmu.


1. Baking Powder untuk Membersihkan Sayur dan Buah

Biasanya, untuk mencuci sayur dan buah, kita hanya perlu mencucinya dengan air mengalir. Namun, jika masih khawatir terhadap kebersihan sayur dan buahmu, kamu bisa gunakan baking powder untuk membersihkannya.

Membersihkan Sayur dan Buah
Membersihkan Sayur dan Buah

Gosokkan baking powder pada sayur dan buah saat mencucinya. Setelah itu, siram dengan air bersih. Bisa juga dengan mencampurkan baking powder dengan air yang digunakan untuk mencuci.

Dengan begini kamu tidak perlu khawatir lagi akan kotoran atau pertisida yang menempel pada buah dan sayur.

Baca Juga: Aneka Resep Kolak Enak

2. Menghilangkan Bau di Tangan dengan Baking Powder

Kegiatan dapur pasti tidak akan terbebas dari bau. Bau amis ikan, bawang putih dan bawang merah contohnya. Setelah kalian memegangnya bahan-bahan berbau menyengat tersebut, tentu tanganmu juga ikut berbau.

Menghilangkan Bau di Tangan
Menghilangkan Bau di Tangan

Solusinya, ambillah sedikit baking soda. Gosokkan kedua tanganmu, tambahkan sabun, kemudian bilas hingga bersih. Bersihkan juga talenan dan pisau dapur dengan baking powder, agar bau tidak tertinggal di sana.

3. Menyegarkan Botol Minuman pakai Baking Powder

Botol minuman memiliki bentuk mengerucut pada atasnya (mulut botol). Tentunya hal ini mengakibatkan dasar botol tidak tergapai saat kamu mencucinya.

Botol yang selalu digunakan dan tidak sempurna cara mencucinya, tentu saja akan membuat botol berbau apek. Dan itu akan membuat air minummu kehilangan kesegarannya.

Menyegarkan Botol Minuman
Menyegarkan Botol Minuman

Untuk mengatasinya, masukkan baking powder dan isi dengan air. Tutuplah botol tersebut, lalu kocok sampai terlihat berbuih. Buanglah air larutan baking powder tersebut dan bilas dengan air bersih.
Dengan cara ini, botol minumanmu akan kembali segar dan tidak apek lagi.

4. Gunakan Baking Powder untuk Atasi Lantai Licinmu

Lantai dapurmu licin karena percikan minyak goreng? Kamu sudah mengepelnya beberapa kali namun masih juga licin? Jangan putus asa. Baking powder mampu mengatasinya.

Solusi Lantai Licinmu
Solusi Lantai Licinmu

Campurkan baking powder pada larutan pembersih lantaimu. Tambahkan juga sedikit sabun pencuci piring. Aduk hingga larut. Gunakan larutan ini untuk mengepel lantai dapur. Lantai dapurmu akan terasa kesat bebas licin karena minyak.

5. Memerangi Bau Tidak Sedap Pada Kulkas

Meski beberapa kali kamu membersihkan kulkas, bau tidak sedap akan muncul juga. Tentu saja, karena semua bahan makanan dan minuman tersimpan di sana. Belum lagi jika ada bekas tumpahan minuman yang mengering karena tidak langsung dibersihkan.

Untuk Menghilangkannya, cobalah gunakan baking powder. Caranya, bersihkan kulkas dengan mengeluarkan semua isinya. Pastikan juga jika kamu sudah mencabut aliran listriknya.

Ambil spons basah dan taburi baking powder. Gunakan ini untuk membersihkan seluruh rak, laci dan pinggiran kulkas. Bilaslah dengan cara membersihkannya lagi dengan spons basah tanpa baking powder.

Memerangi Bau Tidak Sedap Pada Kulkas
Memerangi Bau Tidak Sedap Pada Kulkas

Isi juga semangkok kecil baking powder dan letakkan di dalam kulkas seharian penuh. Jangan lupa untuk menutup pintuya. Setelah itu baru gunakan kulkasmu sebagaimana biasanya.

Melihat dari banyaknya manfaat baking powder, jangan tunda lagi untuk membelinya. Apalagi harganya juga bisa dibilang murah meriah. Karena, berkat serbuk putih ini, semua masalah dapurmu akan dapat teratasi dengan baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->