BLANTERVIO103

Cara Menyimpan Bumbu Dapur

Cara Menyimpan Bumbu Dapur
Minggu, 19 April 2020

Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Rapi dan Awet

Cara Menyimpan Bumbu Dapur

Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Rapi, Awet dan Tahan Lama-- Hal yang harus diperhatikan dalam memasak selain resep masakan adalah cara menyimpan bumbu dapur. Jika penyimpanannya benar, bumbu dapur akan bertahan lebih lama dan tetap terjaga kualitasnya.

Kebanyakan bumbu dapur adalah bahan-bahan alami yang tentu saja mudah membusuk. Salah cara penyimpanan dapat menyebabkan proses pembusukan tersebut menjadi lebih cepat.

Memang, ada beberapa bumbu dapur yang tidak mudah membusuk, rempah-rempah contohnya. Meskipun begitu, jangan lantas menyimpan rempah-rempah dengan sembarangan. Salah penyimpanan rempah-rempah bisa membuatnya kehilangan bau, rasa, dan aroma khas rempah-rempah.

Itu artinya, beda jenis bumbu, beda juga cara penyimpanannya. Kamu harus mengetahui cara menyimpan bumbu-bumbu tersebut agar kualitas bumbu dapurmu selalu tergaja.

Berikut adalah jenis dan cara menyimpan bumbu yang baik, yang dapat kamu terapkan di rumah:

Sayur dan Buah

Untuk sayur dan buah, sebaiknya simpanlah di tempat yang sejuk. Hindari menyimpan sayur dan buah pada tempat yang terkena sinar matahari langsung dan api kompor. Katakanlah cabe atau tomat. Mereka akan lebih mudah membusuk jika terkena sinar matahari dan ruang yang panas.

Daun-Daunan

Daun-daunan juga termasuk dalam bumbu dapur. Contohnya seperti bawang daun, daun salam dan daun jeruk.

Simpanlah bumbu daun-daunan ini pada tempat kering dan terbuka. Namun juga jangan disimpan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung ataupun di dekat kompor.

Rempah-Rempah 

Simpanlah rempah-rempah pada tempat yang kering. Tempat yang lembab dapat menyebabkan rempah-rempahmu mudah berjamur.

Namun, jangan pula menyimpan rempah-rempah di tempat yang suhu udaranya panas. Tetap hindari sinar matahari dan panas api kompor. Udara yang terlalu panas mengaikbatkan rempah rempah cepat mengering dan kehilangan aroma.

Bumbu Kecil dan Serbuk

Bumbu kecil yang dimaksud di sini adalah bumbu berukuran kecil, seperti ketumbar dan merica. Sedangkan bumbu serbuk seperti gula dan garam.

Cara menyimpan bumbu tersebut adalah simpan secara terpisah pada wadah yang tertutup rapat. Jika tidak rapat bumbu kecil tersebut akan kehilangan aroma.

Untuk gula dan garam, jika wadah tidak rapat akan membuatnya mudah mencair. Serangga pun akan dengan mudah memasukinya.

Bumbu Halus

Maksud bumbu halus adalah bumbu yang sudah diracik dan dihaluskan. Membuat bumbu halus terlebih dahulu, tentu saja akan menyingkat waktu memasakmu. Buatlah bumbu halus lebih banyak agar tidak perlu repot membuatnya kembali jika ingin memasak.

Bumbu Halus
Bumbu Halus

Supaya awet dan tidak mudah basi, simpanlah pada wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Masukkan ke dalam kulkas untuk lebih tahan lama.

Jangan lupa juga untuk melabeli tiap wadah sesuai jenis bumbunya, seperti bumbu balado, rawon, bumbu dadar jagung, bumbu gulai, dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak tertukar bumbu saat akan memakainya.

Bawang-Bawangan

Bawang-Bawangan
Bawang-Bawangan

Bawang-bawangan tergolong bumbu yang cepat sekali membusuk. Sebelum menyimpan bawang, alangkah baiknya jika kita menjemurnya dulu. Penjemuran digunakan agar bawang benar-benar dalam keadaan kering dan tidak lembab.

Setelah dijemur, simpanlah bawang pada tempat terbuka. Letakkan bawang di wadah bak kecil yang berlubang sekelilingnya tanpa perlu ditutup.

Bumbu Bubuk

Merica, ketumbar atau yang lain yang telah dibubukkan adalah masuk kategori bumbu bubuk. Untuk menyimpan bumbu bubuk, sama dengan menyimpan bumbu halus. Cukup gunakan wadah tertutup kedap air dan kedap udara agar tetap tahan lama.

Dengan menerapkan cara-cara menyimpan bumbu di atas, dapat menjadikan bumbumu tetap awet dan terjaga kualitasnya. Dan tentunya saja, masakanmu pun juga akan menjadi lebih enak dan nikmat.
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751