BLANTERVIO103

Cara Menggoreng Ikan Tanpa Meletus

Cara Menggoreng Ikan Tanpa Meletus
Rabu, 15 April 2020
Cara Menggoreng Ikan Tanpa Meletus

Cara Menggoreng Ikan Tanpa Meletus--Sering kali, orang dibuat horor dengan kegiatan menggoreng ikan. Letupan minyak panas akan mengenai tanganmu dan pasti akan terasa perih serta tak jarang akan menjadi luka terbuka. Bagi kamu yang baru memasak, setelah mengalami kejadian tadi, mungkin akan trauma dan takut untuk menggoreng ikan.

Bagaimana Cara Menggoreng Ikan Tanpa Meletus?

Jangan patah semangat. KataKita kali ini akan mengupas tuntas bagaimana cara menggoreng ikan tanpa meletus. Bagaimana caranya? Simak terus tulisan ini.

Tips Menggoreng Ikan Tanpa Meletus 

1. Pastikan Wajan Bersih Dari Air

Air pada wajan selalu menjadi penyebab meletupnya minyak saat menggoreng ikan. Sebab itu, pastikan wajanmu bebas air saat menggoreng.

Bersihkan air pada wajan dengan mengusapnya menggunakan kain sampai kering. Untuk memastikan wajan benar-benar kering, letakkan wajan di atas kompor yang menyala tanpa diberi minyak dulu. Biarkan sisa air hilang sendiri, baru tambahkan minyak untuk memulai menggoreng.

2. Taburi Tepung Terigu Pada Minyak

Sebelum menggoreng ikan, campurkan sedikit tepung terigu pada minyak. Tepung terigu ternyata bisa menyerap air yang masih tercampur dengan minyak. Menambahkan tepung terigu pada saat menggoreng, tentu saja akan menyelamatkanmu dari letupan minyak panas.

3. Jangan Terlalu Sering Membolak-balik Ikan

Kadang, karena takut gosong, kita sering membolak-balik ikan, padahal belum waktunya dibalik. Ikan yang belum matang sepenuhnya jelas masih mengandung air. Jika kamu balik, tentu saja minyak akan meletup.

Membalik ikan sebelum matang ternyata juga dapat membuat kulit ikan menempel di wajan. Akibatnya ikan akan jelek tampilannya dan wajan menjadi lengket.

Baliklah ikan pada saat mencapai kematangan mendekati sempurna. Cirinya, ikan akan mudah dibalik tanpa kamu paksa.

4. Kecilkan Api

Api yang besar akan membuat minyak semakin panas. Sedangkan, minyak yang terlalu panas dan bercampur ikan basah akan lebih mudah untuk meletus.

Solusinya, kecilkan api. Goreng ikanmu dengan panas minyak dan besar api yang sedang. Api yang terlalu besar juga akan membuat ikan gorengmu menjadi cepat gosong di bagian luar. Sedangkan bagian dalamnya kadang masih mentah.

5. Bumbui Ikan Dengan Tepung Kering

Seperti yang dijelaskan tadi, tepung dapat menyerap air. Jika kamu tidak suka menaburi tepung langsung pada minyak, gunakanlah cara ini.

Bumbui tepung dengan bahan basah, kemudian baru taburi tepung kering pada permukaan ikan. Di samping minyak tidak akan meletup, ikanmu juga akan semakin renyah.

Apa Saja Bumbu Ikan Goreng?

Untuk kamu yang masih pemula, mungkin menggoreng ikan hanya dengan mengandalkan bumbu garam dan vetsin saja tidak masalah. Tapi bumbu-bumbu tersebut tidak akan menyelamatkanmu dari bau amis ikan. Gurihnya ikan pun tidak akan begitu terasa karena tidak ada bumbunya.

Apa Saja Bumbu Ikan Goreng?
Apa Saja Bumbu Ikan Goreng?

Berikut adalah bumbu ikan goreng yang mudah kamu buat sendiri di rumah:
  • Jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 siung bawang putih. Pilih yang besar.
  • Sejumput ketumbar.
  • 2 cm kunyit.

Cara Membuat Bumbu Ikan Goreng

  • Peras jeruk nipis. Lumurkan pada ikan untuk menghilangkan bau amis dan lendir yang masih tersisa.
  • Haluskan (uleg) bawang putih, ketumbar dan kunyit. 
  • Tambahkan garam dan lanjutkan menguleg sampai halus.
  • Beri sedikit air untuk mengencerkan.
  • Angkat ikan yang sudah dilumuri jeruk nipis dan balurkan pada bumbu yang sudah kamu haluskan.
  • Diamkan sekitar 2 menit agar bumbu meresap sempurna.
Cara Membuat Bumbu Ikan Goreng
Cara Membuat Bumbu Ikan Goreng

Setelah tahu cara menggoreng ikan agar tidak meletus, masih takutkan menggoreng ikan sendiri? Jangan lupa juga menggunakan bumbu ikan gorengnya, agar ikanmu lebih gurih dan mantap.

Praktekkan cara-cara di atas dan bagi hasilnya di kolom komentar. 

Artikel terkait:
Cara Menikmati Bandeng Bebas Duri
Solusi memasak bagi pemula
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751