BLANTERVIO103

Cara Memilih Wortel yang Berkualitas

Cara Memilih Wortel yang Berkualitas
Jumat, 10 April 2020

Tips Pintar Memilih dan Menyimpan Wortel dengan Benar

Cara Memilih Wortel yang Berkualitas


Memilih Wortel - Tips Pintar Memilih dan Menyimpan Wortel dengan Benar.
Wortel adalah jenis sayuran yang kaya akan serat dan vitamin A. Selain untuk kesehatan mata, sayur lonjong berwarna orange ini juga bagus sekali untukmu yang sedang menjalani program diet.

Memilih wortel berkualitas baik tentu saja dapat membantumu mendapatkan manfaat nutrisi yang baik pula. Untuk itu, penting sekali mengetahui bagaimana cara memilih wortel yang baik dan berkualitas.

KataKita kali ini akan mencoba berbagi tips memilih wortel yang baik dan berkualitas tinggi. Yang pasti akan kamu butuhkan nantinya.

Warna

Pilih wortel dengan warna orange yang cerah, berkulit halus dan tidak bercabang. Jangan memilih wortel dengan tampilan retak kulitnya.

Cara Memilih Wortel yang Berkualitas
Wortel yang berwarna cerah dan halus memiliki manfaat yang bagus juga untuk tubuhmu. Sedangkan wortel yang berkulit retak, biasaya adalah wortel yang sudah layu atau kadang sudah tua. Tentu saja wortel ini kurang bagus untukmu.

Ukuran

Untuk ukuran, sebaiknya pilih wortel ukuran sedang dengan ujung yang lancip dan pangkal yang tidak terlalu lebar. Wortel yang berukuran sedang tentu saja akan lebih mudah untuk dimasak.

Sedangkan wortel yang berukuran besar cenderung keras. Sehingga wortel susah untuk diiris dan lebih lama dalam proses pemasakan.

Jika ingin mendapatkan wortel dengan rasa yang manis, pilihlah wortel dengan ukuran kecil dan ramping (wortel muda).

Akar dan Daun

Jika memungkinkan, pilihlah wortel yang masih ada daun yang menempel di pangkalnya. Tentu saja, wortel berdaun menandakan jiwa wortel tersebut masih segar.

Cara Memilih Wortel yang Berkualitas

Perhatikan akar wortel. Pilih wortel dengan akar yang berwarna terang, halus dan kuat. Wortel dengan ciri demikian menandakan wortel masih dalam keadaan segar dan baik.

Setelah kamu tahu cara memilih wortel yang baik, yang harus kamu perhatikan sekarang adalah cara menyimpan wortel.  Cara penyimpanan tentu saja sangat mempengaruhi kualitas wortel.

Cara Menyimpan Wortel Agar Tetap Segar

Potong Daunnya

Daun wortel ternyata dapat menyerap kandungan air pada wortel. Wortel yang dibiarkan terlalu lama berdaun akan mudah kering dan kisut.

Oleh karena itu, potonglah pangkal wortel yang berdaun agar daun tersebut tidak tumbuh lagi.

Rendam dalam air dingin

Sebelum direndam, pastikan wortel sudah dalam keadaan bersih. Jika ada bagian wortel yang membusuk, bersihkan terlebih dahulu bagian tersebut.

Merendam wortel dengan air dingin dapat menjadikan wortel tetap renyah dan mempertahankan warna cerah wortel.

Bungkus Wortel

Bungkus wortel ke dalam kantong plastik untuk menjaga wortel agar tidak gampang layu dan mengering. Lubangi plastik tersebut. Ini bertujuan untuk menjaga wortel agar tidak cepat membusuk karena uap air yang terperangkap dalam plastik.

Bisa juga membungkus wortel dengan menggunakan kertas koran. Kertas koran dapat menyerap air dan menjaga kelembaban wortel.

Jika kertas sudah terlihat basah, gantilah dengan kertas yang baru,

Masukkan wortel ke dalam kulkas

Di dalam kulkas, jauhkan wortel dari buah pir dan apel. Buah ini akan menjadikan rasa alami wortelmu menghilang dan berubah menjadi sedikit pahit.

Itulah tadi tips-tips memilih wortel yang berkualitas baik. Setelah mempraktekkan cara di atas, kamu akan mendapatkan wortel segar dengan kualitas yang tinggi. Mengetahui cara menyimpan wortel pun dapat menjadikan wortelmu awet segar taha lama.
Share This Article :
ShalysChan

Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

TAMBAHKAN KOMENTAR

5506747827841092751