BLANTERVIO103

Cara Membuat Tas Serut Sederhana

Cara Membuat Tas Serut Sederhana
Jumat, 03 April 2020

Cara Membuat Tas Serut Untuk Mukena Tanpa Rets

Cara Membuat Tas Serut Sederhana

Tas Serut. Hallo … bagaimana dengan tutorian cara membuat mukenanya? Sudah dipratekkan? Jika ada masalah atau kurang paham, bisa langsung bertanya di kolom komentar, ya.

Jika membuat mukena sudah berhasil kamu taklukkan, sekarang ayo belajar cara membuat tas mukena. Mukenamu akan terlihat cantik dengan tas yang cantik juga.

Ada banyak tas mukena yang beredar di pasaran. Mulai dari model sederhana tanpa kombinasi, tas mukena serut, tas mukena tote bag, tas mukena dengan berbagai hiasan renda dan manik-manik serta banyak lagi yang lainnya.
Untuk percobaan pertama, kita mencoba membuat tas mukena sederhana tanpa rets dulu. Untuk kamu yang masih kesulitan dalam memasang rets pada tas atau dompet, mungkin tutorial ini bisa kamu praktekkan.

Membuat Tas Mukena Serut 1

Membuat Tas Mukena Serut
Membuat Tas Mukena Serut

Untuk tas mukena serut pertama ini kita tidak usah membuat tali sebagai pegangan. Cara membawanya cukup dengan menjinjing tali serutnya.

Pola Tas Mukena

 
Pola Tas Mukena
Pola Tas Mukena

Ukuran pada pola tersebut tidak paten, ya. Besar kecil tas kamu bisa tentukan sendiri. Jangan lupa juga membuat pola tersebut sebanyak 2 bagian.

Cara Menjahit Tas Mukena

  • Gunting kain sesuai pola. Buat masing-masing dua bagian (2x) pada pola tersebut.
  • Satukan badan tas dengan bahan keliman. Tekuk sekitan 0.5 cm pada bahan keliman tanpa dijahit.

    Cara Menjahit Tas Mukena
    Cara Menjahit Tas Mukena


  • Tekuk bahan keliman ke dalam pas pada garis jahitan. Kemudian jahit.
  • Buat tempat tali.
    Cara Menjahit Tas Mukena
    Cara Menjahit Tas Mukena



  • Tempelkan bahan tempat tali pada bagian badan tas. Lakukan semua cara di atas pada kedua bagian tas (Depan Belakang).  Kemudian Jahit keliling tas (menyisakan bagian atas).
  • Cara Menjahit Tas Mukena
    Cara Menjahit Tas Mukena


  • Masukkan tali pada tempat tali dengan bantuan peniti. Masuknya full melingkar sampai ujung tali saling bertemu.
  • Lakukan kembali pada tali yang satunya.
  • Serut ke dua tali tas mukena.
  • Sebenarnya, cara untuk membuat tempat tali juga bisa dipasang pada bagian dalam tas. Cuma, cara seperti ini lebih susah untuk memasukkan talinya.

    Begitu juga dengan bahan keliman atas pada tas. Kamu bisa membuat tas ini tanpa membuat bahan untuk keliman tas. Cukup lebihkan bagian atas badan tas kita-kira 5 cm dan langsung bisa dikelim lebar ke belakang.

    Membuat Tas Mukena Serut 2

    Untuk model ke dua ini, kita menggunakan tali sebagai alat pegangan (tas serut jinjing). Pola dan cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat tas mukena yang pertama tadi. Bedanya,kita hanya perlu menambah tali sebagai pegangannya.

    Cara Membuat Tas Serut Sederhana Membuat Tas Mukena Serut 2
    Model lain tas serut sederhana

    Pola tali pegangannya pun sama dengan membuat tali kepala pada mukena. Hanya saja kamu tidak perlu memasukkan karet elastis di dalamnya.
    Baca Juga:

    Untuk cara memasangnya, masukkan ujung tali pegangan saat kamu membuat tempat tali serut.Atau buat model tali tas sesuai model yang kamu inginkan.

    Jika tas sudah jadi, kamu bisa menambah hiasan dengan tempelan renda, beberapa kancing sebagai pemanis, ataupun hiasan pita dari perca katun jepang.

    Untuk model tas mukena yang lain, tunggu saja di artiket berikutnya. Jangan lupa untuk komentar dan share-nya. Shalys Chan

    Share This Article :
    ShalysChan

    Penulis Novel Dan Pencinta Kucing #KaumRebahan

    TAMBAHKAN KOMENTAR

    5506747827841092751