Skip to main content

Solusi Memasak Bagi Pemula

Tips dan Trik Seputar Masakan Bagi Pemula

Tips dan Trik Seputar Masakan Bagi Pemula
Tips dan Trik Seputar Masakan

Hallo, ibu-ibu, kakak, adek dan semuanya. Pada artikel kali ini kita akan mengupas tuntas semua hal yang berbau masakan, khususnya bagi kamu yang baru belajar memasak.

Karena makan itu penting, maka memasak juga penting. Jangankan bagi perempuan, chef-chef profesional juga ternyata banyak yang laki-laki, lho. Apalagi bagi kaum hawa seperti kita. Apa jadinya jika kita, makhluk perempuan tidak bisa memasak? Mau makan apa anak dan suami kita?

“Lho? Kan ada Mbak Asistem Rumah Tangga?”

Yakin, nih, mau menyerahkan semua pekerjaan rumah pada ART? Termasuk memasak? Memang, memasak bisa kita serahkan pada ART. Namun, pujian seperti “Masakan Mama enak.”, “Enak sekali masakan istriku.” tidak akan kamu dapatkan jika urusan memasak kamu serahkan pada ART. Nggak nyesel, kamu?

“Tapi kan aku orang sibuk. Nggak sempat untuk memasak.”

Nggak usah alasan! Semua masalah bisa diatasi jika mau berusaha untuk mengatasinya. Mau tahu caranya agar di waktu sibukmu masih bisa menyempatkan diri untuk memasak? Pantengin terus artikel ini.

Langkah Memasak Cepat Sangat Cocok Untuk Orang Sibuk

Langkah Memasak Cepat Sangat Cocok Untuk Orang Sibuk

Ada sebagian orang yang suka lama-lama menghabiskan waktunya di dapur. Tapi ada juga sebagian yang tidak cukup memiliki waktu hanya untuk berkutat di dapur.

Bagi kamu yang memiliki kegiatan super padat, tentunya kamu harus berpikir bagaimana bisa mengatur waktu antara pekerjaan dan dapur.  Kamu bisa mencoba mempraktekkan langkah memasak cepat agar di waktu sibukmu masih sempat untuk memasak.

1. Merencanakan Menu Masakan

Merencanakan menu yang akan kita masak adalah hal yang sangat penting yang harus kamu kerjakan. Jangan sampai waktumu terbuang percuma hanya gara-gara terlalu lama memikirkan menu apa yang akan kamu masak.

Setidaknya sudah ada modal rencana untuk menu yang akan kamu masak. Buatlah list menu yang akan kamu masak setiap hari. Selanjutnya, tinggal menyiapkan beberapa kebutuhan bahan untuk merealisasikan rencana masakmu.

Dengan cara ini, memasakmu akan lebih cepat dan tidak bingung lagi. Sehingga kamu bisa memaksimalkan waktu untuk hal lain.

2. Menyiapkan Bahan dan Bumbu Masakan

Jangan menyepelehkan hal ini. Menyiapkan bahan dan bumbu masakan juga akan membantumu dalam meringkas waktu memasak. Bawang merah, bawang putih, lada, merica, kemiri, kunyit dan beberapa rempah lainnya merupakan bumbu dasar memasak. Lengkapilah bumbu-bumbu tersebut di dapurmu.

Belilah bahan makanan jauh hari sebelumnya. Sebelum membeli, tetap sesuaikan jumlah bumbu dasar dengan masakan yang sering kamu buat. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir bahan terbuang gara-gara busuk karena lama tidak terpakai.

Setelah menyiapkan bahan dan bumbu masakan, jangan lupa untuk menyimpannya dengan benar. Bumbu dan bahan masakan yang disimpan dengan benar, pasti akan terjaga keawetannya. Untuk cara menyimpan bumbu dapur dengan benar, klik di sini.

3. Membagi Waktu Memasak

Setelah kamu menjatuhkan pilihanmu tentang menu masak, langkah selanjutnya adalah action memasak. Untuk mempersingkat waktu, bagilah kegiatan memasakmu tidak pada satu waktu.

Jika kamu merencanakan untuk memasak sayur, alangkah baiknya kamu memotong sayur pada malam hari dan memasukkannya ke dalam kulkas. Begitupun dengan lauknya.

Kamu bisa memotong daging terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas. Jika ingin memakai, tinggal mengeluarkan dan mencairkannya. Cepat, kan?

4. Sesuaikan Porsi Masakan

Memasak daging 250 gram pasti lebih cepat matang daripada daging 1 Kg. ini juga berlaku untuk masakanmu. Maka dari itu, untuk memasak agar lebih cepat, sesuaikan anggota jumlah orang yang akan makan dengan porsi yang akan kamu masak.

Biasanya orang lebih suka masak dalam jumlah banyak agar masakan bisa disimpan dan dihangatkan kembali. Tidak masalah jika kamu mempunyai waktu luang untuk memasak.

Namun, jika waktumu terbatas, lebih baik tidak memasak dalam jumlah banyak. Karena itu akan memperlambat proses kematangan.

Jadi, untuk lebih cepat memasak, lebih baik memasaklah dengan porsi kecil atau untuk sekali dua kali makan.  Bukankah ini juga membuat makananmu selalu fresh?

Begitu pula dengan menanak nasi. Jika setiap hari kamu memakan dan memasak nasi, seharusnya sudah tahu berapa takaran yang pas untuk keluargamu dalam seharinya. Memasak nasi dalam jumlah banyak, selain membuat acara masakmu lebih lama juga tentunya akan menjadikan nasi terbuang percuma. Sayang, kan?

Ingin tahu cara menanak nasi tanpa rice cooker? Klik di sini.

5. Pilih Masakan yang Simpel

Jika kamu sedang sibuk dan tidak sempat memasak menu ‘aneh’, lebh baik pilih menu masakan yang simpel. Memasak menu makanan yang simpel akan sangat membantumu dalam mempercepat memasak.

Jika memasak soto itu ribet dan lama, kenapa kamu tidak memilih menu simpel dan sederhana saja? sayur sop misalnya.

Memasak menu jenis sayuran memang terbilang cukup simpel, cepat dan mudah. Namun, ada yang harus diperhatikan di sini. Banyak orang yang tidak tahu teknik memasak sayur. Mereka gagal untuk mendapatkan kematangan yang sempurna pada sayur.

Sayur akan lebih lembek dan tidak ada sensasi krunchy. Ini tentu akan menyebabkan kandungan nutrisi sayur akan berkurang. Sayang sekali jika sayur yang kaya akan gizi itu harus hilang gizinya hanya karena salah memasak.

Lantas, bagaimana cara memasak sayur yang benar? Silakan simak tulisan ini.

Cara Memasak Sayur Agar Vitaminnya Tidak Hilang

Cara Memasak Sayur Agar Vitaminnya Tidak Hilang
Cara memasak sayur
 
Sayur adalah sumber serat dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Untuk menikmati sayur, kamu bisa memakannya langsung sebagai lalapan ataupun dengan memasaknya dulu. Untuk lalapan, kamu tinggal mencucinya dan memastikan jika sayur tersebut sudah benar-benar bersih.

Namun, bagaimana jika kamu memilih untuk menyantap sayur dengan memasaknya terlebih dahulu?
Memasak sayur tidak boleh sembarangan, lho. Kandungan vitamin akan rusak jika kamu memasak sayur dengan cara yang salah.

Berikut ini adalah beberapa tips memasak sayur agar tetap bervitamin meski sudah kamu masak:

Tahap Pencucian

Sebelum memasak, cuci terlebih dahulu sayuran. Cucilah sayur dengan air yang mengalir dan bukan direndam. Mencuci sayur dengan air mengalir berguna untuk menhilangkan sisa debu, bakteri, kuman maupun pestisida yang masih menempel di sayuran. Sedangkan merendamya dapat merusak kandungan vitamin pada sayur.

Tahap Pemotongan

Ternyata cara memotong sayur pun tidak boleh asal. Potonglah sayur dalam ukuran besar-besar, jangan terlalu kecil. Memotong sayur dalam ukuran kecil akan mengurangi nutrisi sayur saat dimasak.

Bagaimana jika kamu memerlukan sayur dengan ukuran kecil? Masaklah dahulu sayur dalam keadaan utuh, kemudian setelah matang, iris sayur kecil-kecil sesuai ukuran yang kamu butuhkan.

Tahap Memasak

Saat kamu memasak sayur, perhatikanlah waktu, suhu dan jumlah air saat memasak. Lamanya waktu memasak, suhu yang terlalu tinggi dan jumlah air yang banyak juga dapat membuat nutrisi hilang dalam jumlah banyak juga.

Untuk memasak, kamu juga dapat memilih metode memasak yang sesuai dengan rancangan masakanmu:

Metode Memasak Sayur

Mengukus

Mengukus adalah cara yang paling baik untuk memasak sayuran. Mengukus juga terbukti bisa mempertahankan nutrisi daripada dengan cara memasak lainnya. Sedangkan sayur yang cocok untuk dikukus adalah wortel, kembang kol, brokoli, bayam dan sayur daun hijau lainnya.

Merebus

Merebus adalah cara yang paling umum dilakukan untuk memasak sayur. Karena cara ini adalah cara termudah dan paling cepat dilakukan. Sebaiknya masukkan sayur pada saat air sudah mendidih.
Hal ini berjutuan agar kamu tidak terlalu kehilangan banyak vitamin pada sayuran. Alangkah baiknya juga kamu mengkonsumsi air rebusan sayur tersebut, seperti pada sop.

Menumis

Jika pilihan masakanmu adalah menumis sayur, maka tumislah sayur hanya dengan sedikit minyak. Jika memungkinkan, gunakan minyak zaitun atau minyak kanola untuk memasaknya. Di samping menjadikan sayur terasa lebih gurih, menumis ternyata juga padat mempertahankan vitamin dan gizi lain pada sayuran.

Memanggang

Kamu dapat memanggang sayur di atas kompor atau dengan menggunakan oven. Sebelum dipanggang, olesi terlebih dahulu sayur dengan minyak. Panggang sayur hanya sampai warna berubah dan tekstur menjadi renyah. Sayur yang cocok dipanggang adalah, kentang, wortel, labu, dan sayur berukuran besar lainnya.

Itu tadi adalah cara-caranya. Tentunya tidak ada masalah lagi, kan?

“Tapi aku nggak bisa memasak, Mbak. Kan masih pemula.”

Haduuuh, sampai lupa. Di artikel ini kamu juga bisa belajar cara memasak dengan resep sederhana juga. Ikutin terus, yuk.

Cara Belajar Memasak untuk Pemula


Cara Belajar Memasak untuk Pemula

Memasak adalah hal yang sangat mengasyikkan. Kita bisa besas bereksperimen di dapur dan menghasilkan ‘karya’ baru. Akan tetapi, bagi kamu yang tergolong pemula, pasti ada banyak hal yang harus kamu pelajari.

Di sini, aku akan mencoba memberi beberapa tips dan cara memasak bagi kamu yang masih pemula. Diharapkan tips-tips ini dapat memberi manfaat buatmu dan memudahkanmu dalam urusan dapur.

1. Ketahui Bumbu-Bumbu Dasar

Tentu, sebelum kamu memulai untuk memasak, terlebih dahulu kamu harus mengetahui bumbu-bumbu dasar. Tentunya membedakan mana bawang merah dan bawang putih tidak akan sulit untukmu.

Mungkin kamu harus sedikit belajar untuk mengenal perbedaan antara lada dan ketumbar, lengkuas dan jahe, serta temu kunci dan kencur.

2. Cek Gas Elpiji

Mengecek gas elpiji juga sangat penting buatmu yang memasak menggunakan elpiji. Jika memungkinkan, catat tanggal berapa kamu membelinya serta berapa hari pula gas tersebut habis.

Cara ini berguna agar kamu bisa mengira-ngira persediaan gas. Tentunya tidak mau, kan, jika memasakmu tentunda gara-gara kehabisan gas saat memasak berlangsung?

Selain mengecek ketersediaan, cek juga apakah ada kebocoran gas atau bau gas yang cukup menyengat. Jangan karena terlalu semangat belajar, kamu sampai lupa dengan keamanan di dapur.

3. Hati-Hati Dalam Memasak

Keamanan adalah nomor satu, hal ini juga berlaku untuk urusan masak memasak. Jangan pernah tinggalkan kompor dalam keadaan menyala. Itu akan sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kebakaran.

Jika ingin memindahkan panci atau wajan panas, pastikan alat yang yang kamu gunakan cukup aman. Angkat pelan-pelan dengan dua tangan dan jangan banyak bergerak.

Jika kamu sedang menggoreng, alangkah baiknya kamu menutup wajan. Hal ini bisa melindungimu dari percikan minyak panas yang akan membuat tangan dan wajahmu sakit. Ini juga bisa melindungi lantai dapurmu agar tetap bersih da tidak licin. Dapur yang bersih bisa membuatmu semangat dalam memasak.

Baca juga: Cara menggoreng ikan agar tidak meletus.

4. Cicipi Masakanmu

Ingat! Kamu adalah pemula dalam memasak. Usahakan cicipi dulu masakanmu setiap menambahkan gula atau garam di dalamnya. Keasinan bisa kamu siasati dengan menambahkan air atau menceburkan irisan kentang.

Namun, hal itu tetap mempengaruhi rasa masakan. Masakan akan lebih enak jika takaran garam dan bumbunya pas dan seimbang.

Ingin tahu cara mengatasi masalah keasinan pada masakan? Klik di sini untuk penjelasan lengkapnya.

5. Mencari dan Memilih Resep yang Mudah

Seorang pemula dalam memasak sangat tidak dianjurkan membuat resep sendiri. Daripada gagal dan terbuang, lebih baik kamu mencari resep untuk masakanmu. Sepertinya untuk mencari resep di era yang serba digital ini tidaklah sulit. Manfaatkan aplikasi khusus resep masakan atau bisa juga langsung mencari resep masakan pada mesin pencari di internet.

Selain itu, untuk mencari resep kamu juga bisa bertanya langsung padaa ibu atau temanmu. Tentunya pengalaman langsung seperti ini akan sangat baik daripada dengan mempraktekkan resep di internet.
Sebagai pemula, kamu juga harus mempertimbangkan dan memilih resep masakan yang mudah terlebih dahulu. Daripada langsung belajar memasak rawon, lebih baik belajar dulu memasak sederhana, seperti aneka tumis sayuran.

Berbicara tentang memilih resep sederhana, aku juga ada resep masakan yang mungkin bisa kamu pelajari bagi pemula sepertimu. Mudah banget resepnya. Apa sajakah itu?

Resep Masakan Sederhana Cocok Untuk Pemula

Berikut adalah beberapa resep masakan sederhana yang patut kamu coba untuk belajar memasak:

Sayur Bening

Masakan ini tergolong mudah sekali untuk dipraktikkan. Bahannya pun tidak terlalu rumit. Soal rasa, jangan tanyakan lagi. Sayur bening rasanya sangat segar, tidak eneg dan cocok untuk segala suasana.


Sayur Bening
Resep memasak sayur bening

Bahan
  • 1 ikat sayur bayam
  • Sayur pendukung; kacang panjang, daun katuk, daun kelor, gambas atau labu.
  • 1 buah jagung manis.
  • 1 butir tomat
  • 2 siung bawang merah
  • 2 cm temu kunci
  • 2 mata asam jawa
  • Sedikit gula dan garam

Cara memasak:

  • Cuci bersih semua sayur dan bahan lain.
  • Kupas dan iris semua bahan
  • Masaklah air
  • Masukkan irisan bawang, jagung manis, asam jawa, tomat dan temu kunci.
  • Pastikan jagung sudah dalam keadaan matang.
  • Masukkan sayurnya. Dahulukan sayur yang tertekstur keras.
  • Tambahkan gula dan garam.
  • Tes rasa.
  • Sajikan.

Biasanya, teman lauk untuk sayur bening adalah cukup dengan dadar jagung yang ditambah sedikit udang. Kamu bisa masak sayur bening sekaligus dadar jagung dalam satu waktu. Tidak hanya itu, bahan yang sama, yaitu jagung, juga dapat kamu beli pada waktu yang sama. Benar-benar hemat waktu, kan?

Untuk resep dadar jagung enak, kamu bisa melihatnya di sini.

Tumis Sayur

Sebelum memasak sayur, pastikan sayur yang akan kamu masak adalah sayur yang masih segar. Sayur segar, ditandai dengan fisik sayur yang masih tegak berdiri. Jika sayur terkesan mleyot dan lunglai, bisa dipastikan itu bukan sayur yang segar.
  Tumis Sayur

Bahan
  • Sayuran (wortel, sawi, kangkung, kentang, tauge, kacang panjang, jamur, dll).
  • Sedikit udang untuk campuran.
  • 3 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • Cabe merah sesuai selera.
  • Daun bawang.
  • 1 buah tomat.
  • Gula dan garam.
  • Sedikit air.
  • Sedikit minyak.

Cara Memasak
  • Cuci bersih semua bahan.
  • Iris sayur, bawang, daun bawang, tomat dan cabe.
  • Kupas udang.
  • Panaskan minyak
  • Tumis bawang, cabe dan tomat.
  • Masukkan sayur.
  • Tambahkan sedikit air.
  • Masukkan udang.
  • Aduk hingga merata.
  • Tambahkan gula dan garam.
  • Tes rasa.
  • Sajikan.
Penting dibaca!!! Cara Memilih Worter yang bagus dan Berkualitas.


Ayam Goreng Sederhana


Ayam Goreng Sederhana

Bahan
  • 500 gram Ayam potong.
  • 3 siung bawang putih.
  • 3 cm kunyit.
  • Sedikit ketumbar.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya.

Cara memasak:
  • Potong ayam dengan ukuran sesuai selera.
  • Cuci semua bahan.
  • Haluskan bawang putih, ketumbar dan kunyit.
  • Masak air.
  • Masukkan bumbu halus dan ayam.
  • Tunggu kira-kira 15 menit.
  • Panaskan minyak.
  • Goreng ungkepan ayam hingga matang.
  • Angkat dan tiriskan
  • Sajikan.

Ayam goreng biasanya lebih nikmat disajikan dengan sambal. Berikut resep sambal yang harus kamu coba.

Resep Sambal Ayam Goreng

Bahan
  • 6 Siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • Cabe rawit sesuai selera.
  • 3 cabe abe merah besar .
  • 3 Biji kemiri.
  • 2 buah tomat ukuran besar.
  • Gula, garam dan penyedap rasa secukupnya.

Cara Membuat:
  • Iris semua bahan.
  • Goreng kemiri dengan sedikit minyak.
  • Masukkan bawang putih.
  • Masukkan bawang merah.
  • Tambahkan tomat.
  • Masukkan cabe.
  • Goreng semua jadi satu wajan.
  • Uleg semua bahan yang sudah tumis.
  • Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa.
  • Sajikan.

Nah, dari sini tentunya kamu sudah bisa membayangkan mau masak apa untuk besok. Setidaknya sudah sedikit pintar dalam memasak. Tapi itu saja tidak cukup. Kamu juga harus mengetahui trik-trik dalam memasak dan ilmu perdapuran lainnya. Berikut adalah tips-tips nya.

Tips dan Trik Dapur untuk Kamu yang Baru Belajar Memasak

Banyak sekali teknik memasak yang sulit dikuasai. Bagi pemula, jika tidak tahu trik-triknya pasti akan sangat ribet dan menjadi malas untuk memasak.

Apa saja tips-tipsnya? Disimak, yuk!

1. Cara mudah menghilangkan bekas noda kopi dan teh pada gelas

Kamu pecinta kopi atau teh? Kalau iya, mungkin pernah, nih, mengalami kejadian seperti ini.  Gelasmu rata-rata tidak cemerlang lagi gara-gara noda kopi dan teh. Bagian bawah dan dinding gelas bagian dalam yang awalnya berwarna putih berubah menjadi kuning kecoklatan. Dan sayangnya noda seperti ini tidak bisa hilang hanya dengan mencucinya pakai sabun.

Cara mudah menghilangkan bekas noda kopi dan teh pada gelas

Sebenarnya hal ini terjadi karena kopi atau teh yang kamu seduh terlalu lama ada di gelasmu. Bisa jadi karena kamu lupa untuk mencucinya setelah kopi atau tehmu habis. Tapi jangan khawatir, masalah ini bukan masalah besar dan masih bisa diatasi. Kamu bisa mencoba cara di bawah ini untuk menjadikan gelasku kembali putih cemerlang kembali. Yuk, disimak!

Air panas
Rendam atau rebus gelas yang terdapat noda kopi atau teh dengan air panas. Beri sedikit soda kue pada air panas tadi. Setelah beberapa menit, angkat gelas dan cuci seperti biasa kamu mencuci gelasmu.

Memakai Baking Soda
Cara menghilangkan noda kopi atau teh selanjutnya yaitu dengan menggunakan baking soda. Ambillah 1 sdm baking soda, gosoklah pada gelas dengan sedikit air. Kerahkan sedikit tenagamu agar noda lebih cepat hilang. Kemudian bilas sampai bersih.

Mau tahu manfaat lain baking soda? Klik di sini.

Jeruk Nipis dan Garam
Jeruk nipis dan garam ternyata juga bisa menghilangkan noda di gelasmu, lho.  Caranya sama dengan memakai baking soda tadi. Peras jeruk nipis dan beri taburan garam. Lalu gosokkan pada gelas, kemudian bilas sampai bersih.

Itu tadi cara mudah menghilangkan noda teh atau kopi yang membandel. Bagaimana?  Mudah, kan?

2. Tips Mengasah Pisau  Agar Kembali Tajam

Tips Mengasah Pisau  Agar Kembali Tajam

Pisau tumpul dapat menjadi hal yang paling menjengkelkan tersendiri bagi kamu yang lagi bekerja di dapur. Karena pisau tumpul, aktifitas memotong pun akan sulit dan memerlukan waktu yang lama.

Sayur, lauk atau buah pun bentuknya jadi tidak cantik akibat pisau tumpul. Kalau sudah begini biasanya aku akan menggosokkan pisau pada batu asah atau pecahan beling agar tajam kembali.

Namun, mengasah pisau juga ada tekniknya tersendiri. Jadi, kamu tidak boleh asal menggesek dan menggosoknya saja. Lalu bagaimana caranya,  simak baik-baik tips di bawah ini.

  • Basahi batu asah menggunakan air. Air ini tujuannya untuk melumasi permukaan batu, agar mudah untuk mengasah.
  • Jangan terlalu memiringkan pisau. Cukup dengan 10-20 derajat kemiringan saja.
  • Asah pisau secara searah. Jangan mengasah pisau dengan menggosoknya bolak-balik (maju mundur). Hal itu malah dapat membuat pisaumu menjadi tumpul.
  • Asah dengan 5-7 kali gosokan saja.
  • Bersihkan dengan air pada pisau yang sudah diasah. Bekas asahan yang menempel pada pisau jika tidak dibersihkan akan membuat bakteri menempel di pisaumu.
  • Keringkan pisau dengan menggunakan lap kain.

3. Memotong Bawang Merah Agar Tidak Pedih di Mata

  Memotong Bawang Merah Agar Tidak Pedih di Mata

Terkadang, mengupas dan memotong bawang adalah hal yang paling malas untuk dikerjakan. Terlebih jika kita memerlukan banyak irisan bawang, untuk hajatan misalya. Mata perih sering kali menjadi alasan orang malas untuk mengiris bawang merah.

Tenang saja. Ada solusinya, kok. Taruh saja garam di samping talenan. Bisa juga dengan membasahi pisau dan bawang merahnya. Bagaimana? Berniat untuk mencoba?

4. Agar Telur Gampang Dikupas


Agar Telur Gampang Dikupas

Siapa, nih, yang suka kesel pas ngupas telur tapi hasilnya tidak rapi? Kadang, putih telur ikut keangkat saat cangkang telur dikupas. Alhasil, kupasan telur pun menjadi jelek dan tidak sempurna.
Baca Juga:

Tidak usah risau. Angkat saja telur yang baru matang, kemudian tuangkan air es pada telur tersebut. Kupas dan buktikan jika telurmu akan bulat sempurna. Bisa juga dengan membeli telur yang sudah 3-4 hari keluar dari perut ayam, alias bukan telur baru.

5. Menghilangkan Pahit pada Pare dan Daun Pepaya

  Menghilangkan Pahit pada Pare dan Daun Pepaya


Aku benci pare dan daun pepaya karena pahit. Tapi itu dulu, sebelum aku tahu cara menghilangkan rasa pahit pada pare dan pepaya.

Mau tahu juga caranya? Gampang, kok. Masukkan saja daun jambu biji saat memasak. Daun jambu biji akan membantumu meneralisir rasa pahit pada pare dan daun pepaya.

Kamu juga bisa menggunakan daram untuk mengilangkan rasa pahit pada pare dan daun pepaya. Caranya juga cukup mudah. Tinggal berikan garam pada pare atau daun pepaya, kemudian meremas-remasnya. Setelah itu cuci bersih. Beres.

Itu tadi adalah beberapa tips memasak dan hal-hal perdapuran lainnya. Semoga dengan artikel ini, kamu bisa lebih rajin dalam memasak. Mau tahu tips-tips lain seputar dapur? Tunggu, ya, pada artikel selanjutnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->